Translate 2 ur Languages

Minggu, 27 Februari 2011

KAB.TUBAN-Soal Segel Tercecer, Tim Hukum Hudanoor Lapor Ke Panwas


Tercecernya sejumlah segel resmi Pemilukada Tuban milik KPU di wilayah Merakurak tak ada yang bersedia bertanggungjawab. Bahkan, Ketua KPUK Tuban Soemito Karmani bungkam saat dikonfirmasi masalah itu dan saling lempar kepada Pokja Logistik Heru Prapto. “Kalau soal itu tanya saja pada Pak Heru bagian logistik,” terang Soemito Karmani.

Sayangnya, Heru Prapto yang dimaksud juga tidak mengetahuinya dan minta bertanya langsung pada PPK Merakurak yang bertanggungjawab masalah itu. “Itu PPK-nya minta dipiting,” jawab Heru sambil memperagakan memiting seseorang.

Bungkamnya pihak KPUK Tuban tidak hanya masalah tercecernya segel saja. Bahkan, saat ditanya berapa sesungguhnya surat suara dan segel yang dicetak juga tidak bersedia memberikan jawaban. Lagi-lagi Ketua KPUK Sumito Karmani meminta bertanya bagian Logistika yang mengetahuinya.

Sementara itu, Heru Prapto anggota KPUK bagian logistik mengaku tidak hapal jumlah surat suara maupun segel KPUK. “Wah saya tidak hapal jumlahnya, coba tanya bagian gudang saja,” ungkap Heru usai rapat pleno perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di gedung Juang, Selasa (22/2).

Bungkamnya KPU soal jumlah segel maupun surat suara pada publik juga sangat disayangkan Kuasa Hukum pasangan HUDANOOR, Abu Bakar Matdoan SH. Bahkan, tercecernya segel KPU di Merakurak bukan masalah yang ringan dan perlu mendapatkan penanganan serius.

“Kami juga sudah tanya jumlah segel yang dicetak KPUK, tapi, masih belum dijawab. Mestinya KPUK jangan menutupi masalah itu,” terang Abu Bakar usai melaporkan masalah segel itu di kantor Panwas Pemilukada Tuban.

Dikatakan, jangan sampai KPUK sengaja mencetak surat suara maupun segel berlebihan untuk digunakan penggelembungan suara pasangan tertentu dan segel itu sebagai pengganti, sehingga segel di kotak suara tetap baik seakan tidak pernah diganti. “Kalau segel dengan mudah didapatkan, kemungkinan kecurangan pada pemilihan nanti pasti akan terjadi,” tegas Abu Bakar.

Ditambahkan, pihaknya juga akan konsultasi ke Polres terkait masalah itu. Sebab, menurut perkiraannya ada masalah pidana dengan tercecernya segel resmi KPUK di wilayah Merakurak itu. “Kalau memang dugaan saya benar ada tindak pidana, kami akan langsung melaporkannya,” paparnya.

Sejumlah segel resmi Pemilukada milik KPUK Tuban, lanjut Abu Bakar, beredar di kalangan masayarakat luas. Bahkan sejumlah segel itu di temukan menempel pada becak yang biasa mangkal di sekitar pasar Merakurak.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun menyebutkan, sediktnya 20 segel milik KPUK yang menjadi rahasia negara itu di temukan tersebar dan dibawa oleh anak sekolah.

Tercecernya segel itu dilaporkan sejumlah warga pada tim pemenangan pasangan cabup-cawabup HUDANOOR. “Setelah informasi itu masuk, kita langsung terjun ke lapangan untuk mencari kebenarannya. Ternyata kita temukan banyak segel yang ada di masyarakat. Ini kan barang rahasia negara yang diperuntukkan hal yang khusus, mengapa justru tercecer kemana-mana,” ungkap Abu Bakar di kantor Panwas Pemilukada Tuban.

Informasinya, tersebarnya segel Pemilukada itu, melalui sejumlah siswa yang magang di kantor PPK Kecamatan Merakurak. Awalnya anak-anak yang mangang itu, oleh PPK disuruh untuk menata segel tersebut dan setiap bendel dengan jumlah tertentu. Karena ada kelebihan segel itu, oleh anak-anak dibawa pulang. “Ini kan bentuk kelalaian petugas yang bertanggung jawab. Bahkan, segel itu ada yang ditempel di tas sekolah dan baju seragam mereka,” tutur Abu Bakar.

KAB.TUBAN-H-7, Jumlah DPT Bertambah Lagi 605 Suara


Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dalam pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Tuban 2011 mengalami pembengkakan sebanyak 605 suara. Jumlah DPT yang ditetapkan sebelumnya 907.936 bertambah menjadi 908.541 suara.

Hal ini tertuang dari hasil Rapat Pleno KPU Tuban dalam rangka Perbaikan dan Perubahan DPT Pemilukada Tuban 2011 di Gedung Juang, Jl Pramuka, Tuban, Selasa (22/2/2011). Dalam acara yang digelar KPU ini, hadir pula Muspida Tuban, Panwas, Tim sukses masing-masing calon dan 20 PPK dari seluruh kecamatan.

Tambahan jumlah suara ini berasal dari semua kecamatan yang ada. Di setiap kecamatan, semua ada tambahan, tapi jumlahnya juga variatif.

“Ada tambahan DPT sebanyak 605 suara. Rinciannya, 401 suara tambahan tertera dalam DPS (Daftar Pemilih Sementara) dan 104 sisanya tidak masuk di DPS,” kata Yayuk Dwi S, anggota KPU Tuban usai acara.

104 suara yang tidak masuk dalam DPS itu disepakati bersama oleh para peserta pleno yang hadir untuk tetap bisa masuk dalam DPT. “Meski tidak masuk DPS, tambahan 104 itu sudah kita sepakati bersama bisa dimasukkan DPT,” sambungnya.

Terkait adanya tambahan suara ini, KPU belum bisa memutuskan apakah akan dicetakan surat suara lagi atau diambilkan dari kartu cadangan. “Kami harus melakukan koordinasi terlebih dulu untuk memutuskan itu. Jadi, belum bisa kita pastikan sekarang,” tambahnya.

Selain tambahan suara, ada juga warga yang sudah masuk dalam DPT namun dipastikan tidak bisa ikut dalam Pemilukada 1 Maret. Seperti yang meninggal dunia, pindah dan sebagainya. Namun, KPU menetapkan tidak ada pengurangan jumlah DPT. Hanya saja, nama orang-orang tersebut dicoret dan dipastikan tidak menerima surat panggilan.

KAB.TUBAN-Ingkar Janji, SEHAT Siap Mundur


Pasangan cabup-cawabup Setiadjit-Bambang Suhariyanto (SEHAT) jika terpilih sebagai bupati dan wakil bupati Tuban 2011-2016 dan ingkar atas janji-janjinya siap mundur dari jabatannya. “Jika saya terpilih menjadi bupati dan wakil bupati dan tidak bisa melaksanakan janji kami, pada tahun kedua siap mundur dari jabatan kami,” tegas Setiadjit dalam kampanye putaran terakhir di lapangan cros Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Senin (21/2).

Penegasan itu disampaikan atas pertanyaan salah seorang pendukungnya terkait dengan program Rp 100 juta setiap dusun. Sebab, apa yang akan dilakukan bupati dan wakil bupati itu harus mendapatkan persetujuan DPRD. “Saya yakin program Rp 100 juta/dusun itu bakal disetujui DPRD. Sebab, program itu masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),”tandas mantan Bakorwil Bojonegoro itu.

Meski percaya DPRD bakal meneyetujui program Rp 100 juta/dusun, namun, Setiadjit mengajak semua pendukungnya untuk bersama-sama mendesak DPRD agar meloloskan rencana tersebut. “Nanti, kami akan bersama-sama rakyat mendesak DPRD agar program itu diloloskan,” tutur Setiadjit didamping Bambang Suhariyanto.

Ditambahkan, seluruh janji kampanyenya bakal dilakukan secara total mulai tahun kedua pemerintahannya. Sebab, pada tahun pertama dipastikan hanya akan menjalankan program produk pemerintahan sebelumnya. “Kalau tahun pertama kami tidak ikut membuat program dan anggaran. Pada tahun kedua itu lah kami bisa all out melaksanakan program-program yang telah kami sampaikan pada rakyat saat kampanye,” tambahnya.


Selain itu, dalam pemerintahannya nanti pihaknya akan membuat pendopo Krida Manunggal yang selama ini tertutup bagi rakyat akan dibuka. Bahkan, selepas salat Jumat, pendapa akan dijadikan tempat pertemuan antara Bupati, wakil bupati, pejabat dan rakyat tanpa pandang bulu. “Pokoknya, semuanya bisa masuk ke pendapa, tidak peduli, yang pakai sepatu maupun yang pakai sandal jepit tidak ada perbedaan, karena Tuban itu untuk kita semua, bukan hanya untuk pejabat maupun kroni-kroninya,” papar Setiadjit dengan nada santun.

Menurutnya, dalam pertemuan Jumat itu, persoalan rakyat bisa disampaikan kepada seluruh pejabat. Sehingga, persoalan yang muncul bisa segera mendapatkan penanganan. Pihaknya berharap dengan adanya penyelesaian yang cepat atas segala persoalan yang muncul justru akan meringankan beban pemerintahannya. “Masalah itu jangan dibiarkan menumpuk, harus segera mendapatkan penyelesaian. Karena akan meringankan pemerintahan dan tugas para pejabat dalam memberikan pelayanan kepada rakyat,” tandasnya.


Ribuan pendukung dan simpatisan pasangan ini memadati tempat kampanye terakhir SEHAT. Warga Tuban berharap agar pasangan cabup-cawabup ini benar-benar mampu memenangkan perhelatan lima tahunan di Tuban. “Kami berharap SEHAT bisa menang. Karena hanya pasangan SEHAT yang mampu memajukan Tuban ke depan,” terang Najib salah seorang warga asal Jenu.

Selain dipenuhi pendukungnya, kampanye putaran terakhir pasangan cabup-cawabup SEHAT itu juga dihadiri Bupati Bojonegoro Suyoto, petinggi PKNU Tuban, PAN, Demokrat, PKS dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

KAB.TUBAN-Haeny Relawati RW, Semula Diragukan, Tapi Justru Raih Prestasi Terbaik





Hampir bisa dipastikan tidak ada seorangpun penduduk Kabupaten Tuban yang tidak mengenal sosok Dra Hj Haeny Relawati Rini Widiastuti, M.Si. Bukan hanya sebagai Bupati, tetapi lebih dari itu, ia dipandang sebagai pelopor kebangkitan perempuan.

Sepanjang sejarah, hanya Haeny Relawati, perempuan di Jawa Timur yang pertama kali memberanikan diri maju menjadi Pemimpin Pemerintahan, dan ternyata berhasil.

Bukan saja berhasil mendapat kepercayaan rakyat lewat pemungutan suara, tetapi berhasil memoles kabupaten yang dijuluki Bumi Ronggolawe ini menjadi sebuah kabupaten yang disegani. Terbukti, Tuban selalu menjadi daerah tujuan studi banding pejabat-pejabat pemerintahan dari Kabupaten-kabupaten lain. Hal tersebut tentu tidak akan terjadi apabila Kabupaten Tuban tidak memiliki sesuatu yang dipandang lebih oleh kabupaten lain.

Selama Pemerintahan Haeny, kabupaten ini terbukti mampu meraih bermacam prestasi dan penghargaan, baik dari Gubernur Jawa Timur maupun Presiden RI. Sederet prestasi membanggakan itu misalnya, Tuban berhasil meraih penghargaan infrastruktur terbaik kategori kota kecil tingkat nasional.

Penghargaan Best Investment Award juga berhasil diraih lantaran Tuban dinilai paling baik dalam pemanfaatan tenaga kerja lokal. Dalam bidang pertanian, Tuban berhasil mempertahankan prestasi sebagai Kabupaten
Dengan Ketahanan Pangan Terbaik setelah berhasil meningkatkan produksi pangan sehingga mampu melampoi target nasional.

Tuban yang menyimpan keyakaan mineral berlimpah ini sudah pasti sangat
berpotensi untuk menjadi kota dengan tingkat kemajuan sangat pesat. Kekayaan alam berupa mineral sebagai bahan pokok industri sudah barang tentu menarik minat para investor untuk menanamkan modalnya di sini.

Jika dilihat dari sisi ekonomi makro, kehadiran investor tersebut tentu sangat menguntungkan. Memang benar. Tapi bagi Haeny, tidak semata-mata memandang dari sisi keuntungan ekonomi makro. Bagi Haeny, percuma Pendapatan Aseli Daerah (PAD) meningkat jika tidak berbanding lurus dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat riil.

Sebagai lulusan terbaik Program Pasca Sarjana (S2) Universitas Gajahmada (UGM) Yogyakarta, Haeny sangat menyadari kehadiran investor tidak hanya berdampak positif yakni dengan meningkatnya PAD. Namun juga akan membawa ekses negatif, terutama pada lingkungan. Itulah yang menjadi alasan utama mengapa selama ia memegang kendali pemerintahan alur investasi diperketat.

Salah satu contohnya adalah dengan membatasi ijin usaha pertambangan. Kebijakan ini sekilas memang sangat tidak mendukung terciptanya iklim investasi yang baik.

Namun bila dikaji lebih lanjut, kebijakan “berani” yang diambil Pemerintahan Haeny tersebut justru bertujuan untuk menyelamatkan aset daerah sekaligus menekan resiko dampak industrialisasi. Sebab bila eksploitasi terhadap sumber daya alam tidak dikontrol secara ketat dan dikendalikan sebaik mungkin, bukan kemakmuran yang bakal didapat. Sebaliknya justru bencana yang akan datang.

Bagi Haeny, peningkatan taraf hidup rakyat harus diprioritaskan ketimbang
industrialisasi. Bukan berarti Haeny anti industrialisasi. Tetapi tujuannya
adalah untuk meningkatkan posisi tawar masyarakat agar ketika ndustrialisasi benar-benar terealisasikan sepenuhnya di Bumi Ronggolawe, rakyat tetap bisa memanfaatkannya untuk meraih kesejahteraan. Bukan malah sebaliknya, rakyat terus menjadi obyek penerima dampak buruk industrialisasi.

Untuk itu, semasa dipimpin Haeny, Pemerintah Kabupaten Tuban memberanikan diri mengalokasikan 40,16 persen APBD-nya untuk pendidikan. Asumsinya, jika tingkat pendidikan masyarakat tinggi, maka posisi tawarnya terhadap industrialisasi juga tinggi. Sekolah-sekolah pun dibangun hingga ke pelosok desa, sehingga warga yang tinggal di daerah-daerah terpencil juga bisa mengenyam pendidikan. Bukan hanya tingkat SD, tetapi sampai tingkat SMP dan SMA/SMK.

Usaha itu mulai menampakkan hasil. Pada 2010 lalu, Pemerintah Kabupaten Tuban telah dinyatakan tuntas melaksanakan program pendidikan dasar 9 tahun. Saat ini Pemerintah Kabupaten Tuban masuk dalam tahapan program pendidikan 12 tahun.

Berbagai kemajuan dan prestasi yang telah diraih tersebut, berikut program-program jangka panjang yang bertujuan menciptakan kesejahteraan rakyat
dalam arti yang sebenarnya itu, tentu amat disayangkan apabila kemudian
terhenti. Apa mungkin ?

Melihat adat dan kebudayaan yang berlaku dalam kancah perpolitikan di Indonesia, sudah lumrah ganti pemimpin ganti program. Bahkan pada era Reformasi saat ini di mana Pemerintah Pusat tidak lagi banyak campur tangan terhadap Pemerintah Daerah, pentingnya keberlanjutan program pembangunan sepertinya menjadi sebuah keharusan.

Banyak contoh di daerah lain, ketika sang pemimpin tidak lagi memegang tongkat kepemimpinannya atas Pemerintahan, program-program pembangunan yang ditetapkannya semasa ia memerintah, mandeg total, bahkan dianulir dan diganti dengan program baru sesuai selera pemimpin baru.

Itikad melanjutkan program pembangunan yang belum tuntas dan menjaganya demi terwujudnya masyarakat Tuban yang sejahtera secara riil itulah yang mengusik hati Haeny untuk sekali lagi memberanikan diri maju dalam pertarungan Pemilukada 2011.

Karena terbentur aturan, ia harus menjadi Wakil, mendampingi Kristiawan, Mantan Ketua DPRD Tuban. Dengan demikian diharapkan kebijakan pembangunan Pemerintah Kabupaten Tuban ke depan tetap merupakan episode lanjutan dari program pembangunan saat ini, bukan bab yang terpisah sama sekali dari periode sebelumnya.

KAB.TUBAN-Akhirnya, Pengurus Demokrat Tuban Mundur Ramai-ramai


Setelah tertunda dua bulan, akhirnya para pengurus
DPC Partai Demokrat Tuban resmi menyatakan mundur dari partai yang dibentuk oleh SBY itu. Surat pengunduran diri yang disampaikan ke DPP Partai Demokrat Selasa siang (23/2), dikirim lewat surat Express kantor Pos Besar Tuban.

Rencana mundurnya para pengurus DPC Partai Demokrat Tuban ini memang sudah dirancang bulan Desember 2010 lalu menyusul pemecatan Ketua DPC Demokrat Tuban, Lilik Suharjanto. Namun karena kesibukan masing-masing pengurus itu, baru sekarang bisa ramai-ramai direalisasikan.

“Sementara ini ada 7 pengurus DPC Demokrat Tuban yang sudah mengajukan pengunduran diri dan dua pengurus PAC,” kata Denny Fahrian, wakil ketua Partai Demokrat Tuban di rumahnya perumahan Tasikmadu Tuban.

Tujuh pengurus tadi masing-masing, Denny Farian (Wakil ketua), Apsiah (wakil bendahara), Kartono (Bendahara), Wiyono (wakil bendahara), Ali Abdul Rahman (Wakil sekretaris Bapilu Demokrat), Suyitno (wakil sekretaris Litbang), Ninik Dayu Ningrum (wakil sek bidang pemberdayaan perempuan). Di samping itu surat pengunduran diri yang juga sudah siap dikirim ke Jakarta adalah Wakil ketua PAC Rengel, Aang Haris dan bendahara PAC Rengel Siti Misruniyatin.

Ditanya mengapa mereka mundur ramai-ramai dari partai Demokrat, Denny yang menjadi jura bicara mengatakan yang paling mendasar adalah managemen konflik yang digunakan oleh oknum partai yang membuat mereka tidak nyaman.

Contohnya ketika menentukan calon bupati Tuban di luar kader Demokrat. DPP dengan semena-mena menunjuk kader lain dan memecat ketua partai di Tuban. Pengurus Demokrat di Jatim dan Jakarta mestinya tahu bahwa Lilik Suhardjono adalah wakil bupati yang punya powewr di daerah, punya massa riil untuk menggaet suara dan juga ketua partai yang berpengaruh di Tuban.

“Kalau setingkat ketua DPC saja dipecat apalagi kami yang kecil-kecil ini pasti dilihat sebelah mata,” kata Denny yang ketika berangkat masuk Demokrat berharap punya karir politik dan punya status yang bagus di masyarakat.

Ketika mereka hendak membela ketuanya misalnya ke DPD Jatim maupun ke DPP Demokrat di Jakarta, tidak ada tempat mengadu. Dominasi oknum tertentu selalu yang menghalangi niat baik daerah, sehingga kesimpulannya kader yang di bawah tidak diperhatikan.

“Jadi kami akhirnya punya sikap lebih baik keluar saja dari Demokrat, dan sementara ini ada yang mendukung cabup Hudanoor dan Muhammad Anwar,” katanya.

KAB.TUBAN-Panwas Kesulitan Tindak Pelanggaran Kampanye Di Facebook


Jejaring sosial dunia maya facebook terbukti menjadi sarana efektif untuk kampanye para Calon Bupati-Wakil Bupati (cabub-cawabub). Lewat jejaring sosial ini, para cabub bisa berkomunikasi secara bebas dengan para pendukungnya, bahkan sekaligus bisa mengetahui berapa banyak orang yang tidak menjadi pendukungnya. Tak heran jika menjelang dilaksanakannya pemungutan suara Pemilukada Tuban 2011, 1 Maret depan, jejaring sosial dunia maya ini turut meningkat suhunya.

Menurut Muhammad Mundhir, salah seorang pemerhati IT, fenomena seperti ini seharusnya menggembirakan. Argumennya, pendewasaan demokrasi akan semakin cepat lantaran adanya jejaring sosial seperti facebook tersebut, masyarakat bisa belajar banyak tentang perkembangan dan seluk-beluk politik dan pemerintahan.
Di jejaring sosial ini masyarakat juga menjadi tidak sungkan mengeluarkan semua uneg-unegnya, baik berupa dukungan, kritikan bahkan hujatan sekalipun. “Facebook telah menjadi sarana pendidikan politik paling murah dan efektif,” komentar Mundhir kepada wartawan, Rabo (23/2).

Hanya saja, sambung Mundhir, patut disayangkan apabila kemudian media ini menjadi ajang saling hujat, saling fitnah dan saling menjelekkan, baik antar
Cabub-cawabub maupun antar pendukung masing-masing kandidat. Mundhir menengarai selama masa kampanye Pemilukada 2011, halaman facebook dipenuhi kalimat-kalimat yang seharusnya tidak pantas disampaikan di ruang publik.

Malah ia menemukan banyak hal yang mengarah pada upaya pembunuhan karakter Cabub-Cawabub, para penyelenggara Pemilukada atau pihak-pihak yang diduga terlibat dalam proses pemilukada. “ Hal ini tentu tidak seharusnya terjadi. Kita kan punya etika, punya norma-norma. Apalagi perbuatan menjelekkan nama orang lain di depan publik menurut undang-undang hukum kita termasuk tindakan yang bisa dikenai pasal pidana,” kata Mundhir.

Mundhir berharap pihak berwenang segera melakukan langkah-langkah tertentu untuk mencegah berkembangnya hujat-menghujat lewat facebook tersebut menjadi sebuah aksi saling serang secara fisik dari masing-masing pihak yang merasa bersaing.
Karena tidak menutup kemungkinan berawal dari opini yang dibangun lewat jejaring sosial ini, memunculkan ikatan-ikatan emosional antar pendukung yang berujung pada tindakan saling serang secara fisik.

Kabag Humas Polres Tuban AKP Noersento saat dikonfirmasi mengaku tidak
sepenuhnya meneliti perkembangan facebook selama masa kampanye ini. Menurutnya, apabila memang ditemukan adanya upaya untuk menyerang dengan kata-kata yang tidak menyenangkan dengan tujuan menjatuhkan martabat dan nama baik pihak lain, hal tersebut bisa dikenai sanksi pidana.

“ Ya kalau terbukti bisa saja kita pakai pasal-pasal pidana pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenangkan dalam KUHP. Tapi mekanismenya harus melalui Panwaslukada, karena ini konteksnya kan Pemilukada,” terang Noersento.

Sementara itu Ketua Panitia Pengawas Pemilukada (Panwaslukada) Tuban, M. Minan, SH, saat dihubungi wartawan, mengatakan hal senada. Tetapi ia mengaku sangat kesulitan menentukan subyek atau pelaku pelanggaran tersebut lantaran identitas pengguna facebook tidak bisa dipercaya seratus persen keasliannya.

“Bisa saja pengguna atau orang yang berkomentar itu bukan warga Tuban dan tidak ada kaitannya sama sekali dengan Pemilukada ini. Jadi ya kita mesti harus sangat hati-hati jika ada laporan yang terkait dengan situs jejaring sosial ini,” katanya.

KAB.TUBAN-Debat Pasangan Calon, Dipastikan Seru


Debat publik antar 6 pasangan calon bupati yang akan disiarkan langsung dari stasiun JTV Surabaya Sabtu 25 Pebruari 2011 sekitar pukul 20.00, akan menjadi ajang yang seru karena para kandidat banyak tahu tentang kelemahan masing-masing.

Acara debat politik ini dipastikan bukan hanya tentang langkah politik yang akan diperdebatkan tetapi juga policy pembangunan yang telah dilaksanakan oleh incumbent.

“Kami perkirakan para kandidat lainnya akan menanyakan hasil pembangunan yang telah dilaksanakan sekarang ini. Selain itu program prioritas maupun visi dan misi juga akan jadi bahan perdebatan,” kata Ketua KPUK Tuban, Soemito Karmani.

Incumbent pasti menjadi sasaran utama dalam debat ini dan ini diakui oleh Tim Sukses pasangan TANI (Kristiawan – Haeny Relawati), Djoko yang mengaku sudah mempersiapkan segala sesuatunya. “Bu Haeny soal pembangunan dan kebijakan yang sudah dilakukan hafal di luar kepala. Jadi kami tidak khawatir,” kata Djoko.

Apa saja materi yang akan dipertanyakan oleh TANI kepada kandidat lainnya nantinya? Djoko memastikan bantuan anggaran Rp 2 miliar per desa dan bantuan pembangunan per dusun Rp 100 juta pertahun akan ditanyakan apa yang menjadi latar belakangnya. “Apakah ini sudah dipertimbangkan dengan kemampuan APBD Tuban,” katanya.

Tim SEHAT sendiri menyebut debat publik ini yang ditunggu-tunggu dan nantinya akan dijelaskan secara detil apa latar belakang dan apa implikasinya.

“Sebenarnya anggaran untuk pengembangan dusun Rp 82 miliar per tahun hanya 8%-nya APBD, jadi ya logis dan ini tidak dipaksa-paksakan,” kata Setiadjit sambil menyebut kesempatan debat ini akan dia tunjukkan logika perhitungannya.

Soemito sendiri melihat debat publik ini memang jadi ajang menguji misi mereka menjelang pemilihan bupati Tuban. Sekaligus menjelaskan atau menunjukkan ke masyarakat, inilah para calon pemimpinnya untuk periode 2011-2016.

Apakah pada kesempatan ini nantinya incumbent akan ‘dikeroyok’ oleh 5 calon lainnya, Soemito menyebut mekanismenya sudah diatur dan disepakati oleh 6 kandidat. Misalnya berbicara bergantian dan pada gilirannya kandidat lainnya yang bertanya dan itu pun dibatasi waktunya.

KAB.TUBAN-HUDANOOR Layani Rakyat dengan Empat Pilar


Pasangan calon bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup) H. Fathul Huda dan Noor Nahar Hussain (HUDANOOR) jika nanti terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Tuban dalam menjalankan roda pemerintahannya bakal mengembangkan empat pilar yang bermuara pada kesejahteraan, kedamaian, mapan dalam urusan ekonomi dan sehat jasmani dan rohani.

Menurut cabup HUDANOOR, Fathul Huda, empat pilar kepemimimpinan yang bakal memberikan landasan pemerintahannya itu meliputi, pilar tasamukh, twassuth, tawazun dan i’tidal.

Tasamukh atau toleransi merupakan pilar kepemimpinan yang harus dikembangkan. Dengan tasamukh akan memunculkan kebersamaan. “Kita hidup di alam kemajemukan harus memiliki toleransi terhadap lintas agama, etnis, golongan maupun lintas partai,” tegas Fathul Huda dalam sebuah pembicaraan.

Dengan tasamukh akan memunculkan kehidupan penuh damai. Kedamaian itu merupakan sumber untuk berbuat lebih produktif. Sebab, jika hati ini tidak damai maka tidak ada keseimbangan antara otak kanan dan kiri. Akibatnya, apa pun pekerjaan yang dilakan tidak bisa maksimal hasilnya. “Ya karena, ada konflik batin itu,” tandas Fathul Huda.

Pilar kedua, yakni, tawassuth atau moderat. Dalam menjalankan roda pemerintahan nantinya, tidak akan dilakukan dengan cara-cara ekstrim dan tidak terlalu lunak. Tidak akan memaksakan kehendak apalagi memaksa bawahan dengan kekuasaannya untuk melakukan hal-hal yang tidak sesuai aturan. “Sebagai pimpinan harus menghargai bawahan, sehingga bawahan akan menghormati atasan,” tutur Fathul Huda.

Hubungan antara bawahan dan atasan merupakan hubungan keharmonisan. Ketaatan bawahan kepada atasan bukan dilandasi rasa ketakutan, tapi, kebenaran. Jika itu semua terjadi secara tidak langsung menghilangkan sekat antara atasan dan bawahan. “Atasan harus menghargai bawahan dan bawahan menghormati atasannya. Ini baru harmonis, tidak ada rasa takut tertekan dalam menjalankan tugas,” papar tokoh kelahiran Desa Talun, Kecamatan Montong itu.

Selanjutnya, pilar ketiga adalah tawazun atau koordinasi. Dalam menjalankan roda pemerintahannya akan selalu melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Budaya ‘dumeh kuasa’ tidak akan dilakukan. Sebelum mengambil keputusan, instansi lain harus diajak berbicara. Sehingga, keputusan itu bisa diterima semua pihak dan jika ada resiko merupakan resiko bersama. “Kalau ada masalah pasti semua akan memberikan saran solusinya,” tandasnya.

Prinsip keempat adalah i’tidak atau keadilan. Pemerintah atau pimpinan harus mampu memberikan rasa keadilan kepada semua orang yang mejadi tanggungjawabnya. Dengan adanya keadilan akan menumbuhkan suasana kerja yang kondusif, tidak ada monopoli. Atasan memiliki tanggungjawab sendiri, begitu juga staf masing-masing memiliki tanggungjawab sendiri. Tanggungjawab ini harus dibagi dan dijalankan dengan penuh rasa keadilan. “Kalau sudah begini tidak ada rasa iri hati, semua dilakukan dengan penuh tanggungjawab,” imbuhnya.

KAB.TUBAN-Martono, Ketua Golkar Jatim : Siapapun Yang Jadi Bupati, Harus Didukung


Partai Golkar Jawa Timur akan mendukung siapapun nanti yang akan menjadi bupati Tuban periode 2011-2016. Proses pencalonan, sosialisasi sampai pada kampanye sudah dilalui, dan kini sedang ditunggu siapa yang akan menang dalam Pemilukada 1 Maret 2011 nanti.

Hal ini ditegaskan Ketua DPD Golkar Jatim, Martono menjelang diadakannya Pemilukada yang terakhir tahun ini di Jawa Timur. “Bagi kami calon bupati Tuban yang direkomendasi DPP Golkar adalah Kristiawan dan Haeny Relawati. Dan ini harus diamankan karena ini amanat partai,” kata Martono kepada wartawan.

Martono mengakui bahwa ketika pencalonan ia tidak sependapat dengan pencalonan Haeny Relawati (Bupati Tuban sekarang ini) karena alasan politis dan penolakan dari bawah. “Saya memang menentang pencalonan Haeny karena sudah menjabat dua kali sehingga perlu kader lain yang diberi kesempatan,” katanya tegas.

Namun dalam perjalanan proses pencalonan DPP menunjuk Haeny maka ia sebagai ketua DPD Golkar Jatim harus tunduk dengan amanah itu . “Kami harus mendukung dengan keputusan tadi. Apapun, Kristiawan dan Haeny adalah kader Golkar terbaik,” tambahnya.

“Tetapi bila ternyata yang menjadi bupati adalah Fathul Huda, maka saya, Golkar akan mendukung sebagaimana kebijakan partai terhadap siapapun yang menjadi kepala daerah. Termasuk bila nanti yang jadi bupati Tuban, Setiadjit, maka kami akan mendukung juga,” katanya diplomatis.

Martono menyebut dirinya secara pribadi tidak mengenal siapa Fathul Huda dan Noor Nahar. Dirinya bertemu pasangan calon tersebut baru sekali pada acara Harlah NU di Surabaya Hotel (dulu Hyatt) beberapa hari yang lalu sehingga tidak bisa diartikan bahwa dirinya dekat apalagi sampai ada deal-deal politik.

Demikian halnya pasangan HUDANOOR juga belum kenal siapa Martono, ketua Golkar Jatim itu. “Sudahlah biar waktu yang menjawabnya dan Pemilukada di Tuban bisa berjalan lancar dan aman,” tambah mantan Ketua KNPI Jatim ini berharap

KAB.TUBAN-SEHAT Ingin Menang Tanpa Money Politic


Setiadjit, calon Bupati Tuban dari pasangan SEHAT, tetap optimis bisa memenangkan Pemilukada Tuban dalam satu kali putaran. Hal ini didasarkan surve yang dilakukan dari hasil sosialisasi terus menerus ke desa dan dusun dan menunjukkan dukungan yang meningkat.

“Kampanye dan kontrak politik ke desa dan dusun-dusun minggu ini yang terakhir ada di kecamatan Palang. Daerah ini memang kami garap paling akhir termasuk kontrak politik Rp 100 juta per dusun per tahun,” kata Setiadjit.

Bagi SEHAT, kampanye hura-hura atau pengerahan massal memang dihindari, apalagi dengan biaya yang besar. “Yang penting kampanye kami kecil tapi efektif dan dengan cara ini kami lebih mantap dalam mendulang suara riil,” kata Setiadjit yang beberapa hari lalu dikunjungi oleh salah satu tokoh NU Tuban yang menyatakan mendukung pasangan SEHAT.

Diakui di beberapa kecamatan, SEHAT hanya nomor dua atau tiga, tetapi di 13 kecamatan mereka unggul dan ini dibuktikan dengan beberapa sampling ambil acak suara pemilih dan ternyata berada di urutan pertama.

Ditanya kecamatan mana saja SEHAT leading, Setiadjit menunjuk beberapa kecamatan namun minta agar jangan disebut karena ini hasil rintisan sosialisasi yang dilakukannya setahun lebih di desa-desa binaan.

Di Widang dan Semanding, demikian halnya di kota suaranya memadai dengan perjuangan selama ini. “Mudah-mudahan kami bisa mengurangi Golput di sini dan larinya ke SEHAT,” kata mantan Pembantu Gubernur di Bojonegoro ini optimistis.

Bagaimana dengan Soko dan Rengel yang pemilihnya cukup fanatik ke pasangan lainnya, Setiadjit dalam sosialisasi bulan lalu menyebut cukup menggembirakan sambutannya terhadap calon dari Partai Demokrat, PAN, PKS, dan PKNU ini.

“Yang penting kendati kami hadir di tengah-tengah masyarakat tanpa uang atau janji-janji materi, tapi kami sudah bertekad bisa memenangkan di 16 kecamatan. “Syukur-syukur berada di nomor 2 atau 3 di 4 kecamatan lainnya itu,” tambahnya

KAB.TUBAN-Setiadjit Manfaatkan Hari Tenang Untuk Silaturrahmi Keluarga


Memasuki hari tenang, Calon Bupati Setiadjit memilih memanfaatkan waktunya untuk berkunjung ke rumah sejumlah keluarganya. Seperti di Kecamatan Meraurak, Kecamatan Kota dan sebagainya. Tak lain, tujuannya adalah bersilaturrahmi dan memohon doa restu kepada para sesepuh, tokoh masyarakat dan semua keluarga besarnya.

“Di hari tenang ini, saya sengaja bersilaturrahmi ke rumah orangtua dan sejumlah keluarga untuk bersilaturrahmi dan memohon doa restu dalam pelaksanaan Pemilukada (Pemilihan Umum Kepala Daerah) Tuban 2011,” kata Setiadjit di sela berkunjung ke salah satu keluarganya di Kelurahan Latjari, Kecamatan Kota, Tuban, Sabtu (26/2/2011) siang.

Ditanya tentang kesibukannya setelah masa kampanye berahir, bapak dua anak ini hanya menyatakan bahwa dirinya dan tim tinggal menunggu hasil dalam pencoblosan yang dilaksanakan tanggal 1 Maret nanti. “Semoga, masyarakat Tuban menggunakan hak pilihnya dan memilih calon yang sesuai dengan hati nuraninya masing-masing,” harapnya.

Pihaknya berpesan, semua masyarakat harus cerdas dalam menentukan pilihannya. Yakni, memilih calon yang berpengalaman, cerdas dan memiliki program yang jelas. Bukan memilih calon yang hanya mengumbar janji saja.

“Dan yang terpenting, jangan sampai memilih berdasarkan money politic. Kalau ada yang member, silahkan diterima saja, tapi pilihan tetap pada calon yang benar-benar berkualitas,” sambung Setiadjit.

Selain itu, pihanya juga berharap agar semua pihak bisa ikut menjaga proses Pemilukada 2011 ini supaya tertib, aman dan lancar. Termasuk kepada penyelenggara Pemilukada supaya bertindak sebagaimana ketentuan yang berlaku tanpa memihak salah satu calon, dan kepada semua lapisan masyarakat supaya bisa menjaga diri agar peristiwa memilukan 2006 silam tida sampai terulang lagi.

Terkait hasil dalam Pemilukada nanti, pihaknya sangat optimis bisa memenangkan Pemilukada 2011 dalam satu putaran. Sayangnya, tidak disebutkan berapa persen estimasi suara yang bakal diraihnya. “Selama ini, kami telah berusaha dengan maksimal. Dan kami yakin, bisa mendapat suara terbanyak dan memenangkan Pemilukada ini dalam satu putaran,” imbuh Cabup asal Desa Purworejo, Kecamatan Jenu ini

UNIQ-Rumah Hantu paling seram di Negara Jepang





Rumah hantu yang terletak di Jepang ini telah diakui oleh Guiness Book of Record sebagai rumah hantu terbesar dan paling menakutkan di dunia.

Bangunan tua ini diubah menjadi rumah hantu dalam bentuk rumah sakit. Berbeda dengan rumah hantu yang lainnya, rumah hantu ini tidak memiliki path atau direction yang sudah ditentukan. Para tamu diharuskan berjalan sendiri. Di dalam rumah hantu juga terdapat banyak pintu/jendela yang harus dibuka manual oleh para tamu. Selain penataan interior yang mengerikan, rumah hantu ini juga dipenuhi oleh para pekerja yang berdandan ngeri layaknya hantu sebenarnya.

Tamu bisa memasuki rumah hantu ini dalam kelompok yang berisikan 2 atau 3 orang. Tidak hanya terlihat nyata, rumah hantu ini juga mempunya bau menusuk untuk menggugah indera penciuman para tamu. Bangunan rumah hantu ini panjangnya 700m.

Apabila tamu tidak nyasar, diperlukan kurang lebih 50 menit untuk berhasil keluar dari bangunan. Tentunya, para pekerja juga selalu siap siaga untuk membantu tamu keluar dari bangunan.

Rumah hantu ini penuh dengan lika-liku jalanan kecil dimana para tamu biasanya tersasar. Audio juga dipasang full volume yang merupakan suara teriakan, suara langkah kaki de el el. Karena terlalu menakutkan, banyak tamu perempuan yang terluka karena jatuh / genggaman tangan yang terlalu kuat. Demikian pula tamu lelaki.

Sejarah Rumah Sakit

Rumah sakit yang terletak dibawah kaki Gunung Fuji ini dahulu pernah menjadi rumah sakit yang sangat populer. Akan tetapi, akan tindakan beberapa dokter yang lebih mementingkan uang, rumah sakit ini ditutup setelah beberapa waktu. Niscaya, dokter2 tersebut sempat mengoperasi dan mengambil organ2 tubuh pasiennya untuk dijual. Pasien yang meninggal hanya dikubur dalam satu lobang yang sangat tidak layak. Dipercayakan tempat ini memang berhantu. Ada tamu yang pernah melihat roh hantu suster yang membawa kepala manusia di tangannya.

SELEBRITY-Angelina Sondakh Tak Miliki Firasat Apapun


Angelina Sondakh mengaku tak memiliki firasat apapun ketika ditinggal pergi untuk selama-lamanya oleh sang suami, Adjie Massaid. Menurutnya, suaminya adalah sosok orang yang baik dan jarang marah. Bahkan, dirinya kerap mendapatkan kebahagiaan ketika memutuskan untuk menikah dengan almarhum.
"Kalau firasat nggak ada yah. Suami saya jarang marah, jarang komplain. Dia juga bilang, 'Kamu janji ya jangan tinggalin saya dan saya ada rejeki kamu pakai untuk belanja bulanan. Setiap dari luar kota dia selalu kasih saya hadiah. Dia kasih saya mobil dan dia sudah pesan plat nomor. Plat nomornya B 2 AJI dan dia minta saya nyetir sendiri," ujar Angie ditemui saat mendatangi kantornya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (18/2).
"Aku tanya apa arti B 2 AJI. Dia bilang, 'Artinya berdua Aji, jadi Kalau kamu bawa mobil, kamu sama saya terus dan kamu bawa terus. Mas Adjie berikan ke saya luar biasa. Dia belikan kotak perhiasan, belikan saya perhiasan. Dia memanjakan saya luar biasa dan tidak ada firasat apa-apa. Saya sungguh kagum sama Mas Adjie dia selalu berikan kenangan yang indah," tambahnya.
Angie pun berkesan dengan kenangan ketika makan malam bersama suaminya itu. Saat makan malam, Angie mengaku kakinya selalu saja disentuh oleh Adjie. "Saat dinner pun dia selalu menyentuhkan kakinya ke saya, tidur pun maunya dia berdua dan hal-hal seperti itu saya tidak mau kehilangan hal itu," ujarnya.
Kini, Angie hanya memiliki anak-anaknya peninggalan dari Adjie. Dirinya pun mengaku akan mempersiapkan untuk membesarkan anak-anaknya.
"Anak-anak masih kecil, mereka harus dipersiapkan dengan baik, anak-anak harus dibekali semuanya dan itu yang diingginkan mas Adjie, anak-anak jadi kekuatan bagi saya dan saya yakin mas Adjie bisa membantu saya," pungkasnya.

SELEBRITY-Krisdayanti - Raul Nikah 24 Maret?


Hingga kini artis Krisdayanti belum menyampaikan kepastian waktu pernikahannya dengan Raul Lemos. Saat ditanya kemungkinan pernikahannya tepat pada ulang tahunnya ke-36 pada 24 Maret mendatang, mantan istri Anang Hermansyah itu kaget dan menolak memberikan penjelasan.
"Eh ulang tahun!? Nggak tahu ya, tunggu saja," ungkap Krisdayanti tersenyum berusaha menyembunyikan, saat ditemui di acara Dahsyat, di Studio RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (17/02/2011).
Kini KD, demikian biasa dipanggil, mengaku tengah mempersiapkan pernikahan, terutama hal-hal yang bersifat batiniah. Namun ibu dua anak itu menolak mengungkapkan prosentase persiapan pernikahannya.
"Kita ya nggak ngomongin prosentase, karena punya kekuatan cinta yang bisa mempersiapkan pernikahan kita," ungkapnya dengan bahasa yang romantis.
KD juga menolak menjawab saat diklarifikasi tentang foto pre-wed di Batavia Cafe belum lama ini. Dia sambil berjalan berusaha mengalihkan pembicaraan.
"Udah yah temen-temen. Rencana kan direncanakan sebaik mungkin pokoknya, kita manusia cuma bisa berharap dan berdoa," ungkapnya.
Saat kembali didesak soal prosentase persiapan pernikahannya, Krisdayanti tetap menolak memberikan jawaban. Karena memang suaminya yang kini sedang mempersiapkan segala kebutuhan.
"Tidak mau diprosentasekan, karena kita ya cuma bisa berharap dan berdoa, kalau kita sudah mempresentasikan 100% sebenarnya tidak. Nanti kecewa kan," pungkasnya.

SELEBRITY-Krisdayanti Doakan Raffi Cepat Menikah


Krisdayanti ikut datang ke studio Dahsyat untuk memberikan kejutan ulang tahun pada Raffi Ahmad. "Ya ini Raffi kan sudah nggak kayak anak-anak lagi, usianya sudah 24 tahun, ke depan mudah-mudahan dia semakin bertambah dewasa. Selalu menjadi contoh buat anak-anak muda," ujar KD.
KD juga berharap Raffi sudah bisa membuka hati dan pikirannya untuk menikahi kakaknya, Yuni Shara yang sudah dipacari Raffi sejak lama. "Saya sendiri lihat Raffinya serius cuma masih banyak yang meragukan. Kami kan belum tahu apakah Raffi dan Yuni akan ke jenjang pernikahan, karena jodoh dan maut sudah ada yang atur. Saya sebagai adik hanya bisa mendoakan," papar KD menambahkan

SELEBRITY-20 Fakta Menarik tentang Ahmad Dhani


Ahmad Dhani, dikenal sebagai pentolan grup Dewa 19, pencipta lagu dan juga sebagai produser rekaman. Sosok sebagai musisi dikenal penuh kontroversial dan sensasi, baik dalam syair lagunya maupun tingkah polah kehidupan sehari-harinya.

Meskipun seringkali menggunakan nama Ahmad Dhani atau Dhani Manaf namun nama asli Dhani adalah Dhani Ahmad Prasetyo.

Saat SMP, Dhani suka bolos demi bisa memainkan alat musik di rumah temannya.

Dhani mendirikan Dewa pada 1986 ketika dirinya masih sekolah di SMPN 6 Surabaya

Dhani pernah menjuarai Festival Jazz Remaja se-Jawa Timur, juara I Festival band SLTA 90 dan juara II Djarum Super Fiesta Musik bersama grup bandnya, Downbeat, yang beraliran jazz.

Dhani hijrah ke Jakarta pada 1991.

Dhani memiliki banyak band. Selain Dewa19, Dhani juga merupakan pentolan Ahmad Band, The Rock, T.R.I.A.D, dan Muhammad Dhani & The Swinger.

Panggilan akrab Dhani adalah Si Jenggot.

Dhani menikah dengan Maia Estianty pada 1994 setelah menjalin cinta sejak SMA.

Dhani mendapatkan tiga anak dari pernikahannya dengan Maia dan ketiganya diberi nama sesuai dengan tokoh-tokoh sufi yang dikaguminya.

Dhani jadi duda pada 23 September 2008. Gosip yang mengiringi perceraian ini adalah kedekatan Dhani dengan Mulan Jameela, rekan duet Maia dalam grup Ratu.

Dhani sempat menuai protes dari kelompok Islam garis keras karena menggunakan logo yang dianggap melecehkan Tuhan. Dhani pun akhirnya bersedia melakukan perubahan pada logo tersebut.

Dhani juga pernah berseteru dengan penulis Yudhistira ANM Massardi karena dianggap menjiplak judul ARJUNA MENCARI CINTA yang digunakan untuk judul salah satu lagu Dewa19.

Selain sebagai musisi kawakan, Dhani pun menjadi manajer top dengan memiliki bendera Republik Cinta Management.

Dhani pernah dilaporkan oleh Roy Suryo terkait dengan penggunaan bendera merah putih pada video klip Dewa19. Namun kasus ini pun menguap.

Bulan Februari 2009, nama Dhani menjadi amat populer di dunia maya. Namanya dan nama Mulan Jameela menjadi dua nama yang paling banyak dicari di internet.
M
enjelang Pemilu 2009, nama Dhani sempat disebut-sebut sebagai calon presiden lewat PKB. Namun Dhani lebih memilih karir di musik.

Bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-37, Dhani digaet oleh produk asal Inggris, Lee Cooper, untuk mengeluarkan t-shirt khusus bertajuk Lee Cooper – Ahmad Dhani Collaboration.

Awal Juni 2009, lagi-lagi Dhani berurusan dengan hukum. Rumah milik Dhani di Pondok Indah dikabarkan akan disegel Pemkot DKI karena dianggap menyalahi tata kota.

Gosip hubungan Dhani dan Mulan semakin santer berhembus sampai pada Agustus 2009 Dhani dikabarkan sudah punya istri baru. Namun sampai saat ini kabar ini tak terbukti.

Awal tahun 2010, Dhani kembali jadi sorotan karena membuka lowongan pekerjaan untuk menjadi babysitter Al, El, dan Dul. Lowongan itu ditaruh di iklan sebuah harian ternama

POLITIK-Tiga Hal Penting Persoalan Bangsa

Jakarta: Berada di tengah-tengah derasnya arus globalisasi, Indonesia sebagai bangsa yang besar harus memiliki persiapan matang dalam menghadapi tantangan tersebut. Menurut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, ada tiga isu global yang sangat penting yang perlu diperhatikan.

Yang pertama adalah pemerintah harus memperhatikan persoalan korupsi. Sebab masalah korupsi hingga kini cukup mengakar di setiap elemen masyarakat. Hal itu diutarakan Jimly usai menghadiri diskusi kebangsaan bertema "Mencari Akar Permasalahan Bangsa" di LIPI, Jakarta, Sabtu (19/2).

Lalu kedua, Jimly menyoroti masalah pelanggaran hak asasi manusia atau HAM. Karena menurut penasihat Komnas HAM banyak persoalan pelanggaran HAM yang terjadi di masa lalu dan belum terselesaikan. "Yang ketiga adalah masalah lingkungan hidup. Kalau sekarang lingkungan hidup kan gak ada (perhatian khusus). Padahal di seluruh dunia gak ada yang gak bicara soal lingkungan hidup. Jadi ini yang penting."

Tiga isu global itu yang menurut Jimly sangat penting untuk diperhatikan bangsa saat ini dan ke depan. "Sehingga memerlukan sistem penegakan hukum kita bukan instrumen pendukung terhadap proses penuntutan," tegasnya.

POLITIK-Bursah Zarnubi: Peleburan PBR ke Gerindra Sudah Matang

Jakarta: Ketua Partai Bintang Reformasi Bursah Zarnubi mengatakan, peleburan partai ke dalam tubuh Partai Gerakan Indonesia Raya sudah melalui pertimbangan matang. "Kita melihat kekuatan alternatif dari Gerindra," singgung Bursah usai menghadiri diskusi kebangsaan bertema "Mencari Akar Persoalan Bangsa" di kantor LIPI, Jakarta Selatan, Sabtu (19/2) sore.

Menurut mantan aktivis mahasiswa 80-an ini, saat ini ia melihat adanya kenyataan Gerindra merupakan kekuatan politik yang sungguh-sungguh pro rakyat. "Itu sejalan dengan kita," ujar Bursah. Bekas aktivis PIJAR ini juga menerangkan, Gerindra mempunyai sosok yang kuat dan usaha nyata dalam membangun sistem ekonomi kerakyatan. "Ada Prabowo, dan menganut ekonomi kerakyatan."

Sedangkan partai lain, lanjut Bursah, mungkin menyuarakan ekonomi kerakyatan, tapi belum tentu mempunyai konsep implementasi. "Kalau sekadar bersuara semuanya bisa," imbuhnya. Ia meyakini jejak PBR akan diikuti partai-partai lain. "Saya kira akan banyak partai-partai akan menggabungkan diri ke Gerindra," jelas Bursah.

Namun, ia tak bisa memastikan peleburan akan menghasilkan porsi kekuasaan bagi PBR. "Itu terserah nantilah," pungkas Bursah. Sebelumnya, kedua pimpinan partai mengadakan pertemuan. Mereka menandatangani nota kesepahaman terkait peleburan, Prabowo Subianto selaku Dewan Pembina Gerindra turut hadir

OLAH RAGA-Inter Rekatkan Jarak dengan Milan

Milan: Inter Milan mendekatkan jarak dengan AC Milan di puncak klasemen. Akan tetapi, Inter mendapatkan perlawanan berat untuk bisa mengalahkan Cagliari 1-0 di Stadio Giuseppe Meazza, Sabtu (19/2) malam waktu setempat atau Ahad dini hari WIB.

Gol tunggal kemenangan La Beneamata kental berbau keberuntungan. Gol bunuh diri dari Michele Canini terjadi ketika bola umpan Houssine Kharja menerpa dirinya sebelum nyelonong masuk ke gawang di menit ketujuh. Namun setelah itu Cagilari jadi sangat trengginas.

Hampir di sepanjang laga Cagliari lebih mampu mengendalikan permainan. Sejumlah peluang dimiliki Isolani namun sampai pertandingan usai mereka harus meninggalkan Milan dengan tangan hampa.

Kemenangan ini untuk sementara mengangkat Inter ke posisi dua dengan perolehan 50 poin atau hanya terpaut dua poin dari Milan dan unggul satu poin tepat di atas Napoli yang masih memiliki satu pertandingan di tangan.

Susunan pemain:

Inter: Julio Cesar; Maicon (kk), Ranocchia, Cordoba, Nagatomo; Zanetti, Thiago Motta (Cambiasso 72); Pandev, Kharja (Mariga 78 (kk)), Etoo (Stankovic 61); Pazzini.

Cagliari: Agazzi; Pisano, Astori, Canini, Agostini; Biondini, Conti, Lazzari; Cossu (kk) (Nainggolan 69); Nene, Acquafresca (Ragatzu 64)

OLAH RAGA-Chelsea Tersingkir Di Piala Fa Lewat Adu Penalti


Juara bertahan Piala FA Chelsea secara dramatis tersingkir dari turnamen Piala FA setelah kalah dalam sebuah drama adu penalti 3-4 melawan Everton pada putaran keempat turnamen itu Sabtu.

Chelsea sepertinya akan dapat melaju ke putaran kelima Piala FA ketika pemain tengahnya Frank Lampard berhasil mencetak gol pada menit ke-104 babak perpanjangan waktu pertama di stadion Stamford Bridge.

Tetapi sebuah tendangan bebas melengkung Leighton Baines pada menit ke 119 babak perpanjangan waktu berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 sehingga penentuan pemenang harus dilakukan melalui adu penalti.

Bahkan dalam adu penalti Chelsea sempat unggul terlebih dahulu ketika Lampard dan Didier Drogba berhasil menyarangkan bola mereka masing-masing, sementara di pihak Everton Baines gagal menjadi algojo yang baik sehingga Chelsea sempat unggul 2-0.

Phil Jagielka memberi asa bagi Everton dengan penaltinya yang bersih memasuki jala Peter Chech, sementara sebelumnya Nicolas Anelka gagal menyarangkan bolanya setelah sempat ditepis oleh Tim Howard.

Mikel Arteta kemudian mencetak gol untuk Everton untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2, dan ketika Ashley Cole yang mendapat giliran sebagai pemain kelima Chelsea dalam adu penalti itu tidak berhasil menyarangkan bolanya karena bola tendangannya meleset jauh dari gawang Tim Howard.

Penentuan nasib Everton dan Chelsea pun kemudian berada di kaki kapten Everton Phil Neville.

Phil Neville akhirnya berhasil menyarangkan bolanya ke gawang Peter Chech sehingga membuat Everton mendapat kenangan manis karena keberhasilan mereka menaklukkan juara bertahan Chelsea dengan skor akhir 4-3.

Selanjutnya lawan yang akan dihadapai Everton pada putaran berikutnya adalah Reading.

Kekalahan itu membuat peluang Chelsea untuk menjuarai salah satu turnamen domestik pada musim ini menjadi tak menentu.

Saat ini di kompetisi Liga Utama Inggris, Chelsea tertinggal 12 poin dari pemuncak klasemen sementara, Manchester United, dan satu-satunya kesempatan mereka yang paling realistis untuk menjadi yang terbaik adalah di kancah Liga Champion.

OLAH RAGA-Bungkam Levante, Mourinho Perkokoh Rekor

Madrid: Pelatih Real Madrid Jose Mourinho merayakan rekor sembilan tahun tim asuhannya tanpa terkalahkan di kandang usai Los Merengues membungkam Levante 2-0 (2-0) di Santiago Bernabeu, Sabtu (19/2) malam waktu setempat. Gol-gol Madrid dijaringkan Karim Benzema dan Ricardo Carvalho.

Madrid hanya membutuhkan enam menit untuk memimpin. Serangan yang dikreasi apik Angel Di Maria dengan melewati tiga pemain Levante sebelum mengirim umpan matang guna diselesaikan Benzema. Madrid menunggu hingga menit ke-41 untuk menggandakan keunggulan. Tembakan bebas melengkung Cristiano Ronaldo dimanfaatkan dengan baik Ricardo Carvalho yang berdiri bebas di depan gawang .

Di babak kedua Madrid gagal menambah keunggulan meski secara umum menguasai jalannya pertandingan. Kiper Levante Gustavo Munua bermain gemilang. Beberapa kali dia mengamankan serbuan dari Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan hingga skor berakhir tetap 2-0.

Dengan begitu Madrid memperpendek selisih dengan Barcelona di puncak klasemen sementara La Liga. Bermain 24 kali, Madrid mengoleksi 60 poin dan hanya terpaut dua poin dari Barcelona. Hasil ini juga menjadi kado spesial bagi Jose Mourinho setelah tim yang ditukanginya tidak pernah terkalahkan di kandang dalam laga lanjutan liga domestik selama sembilan tahun

NUSANTARA-PT Indo Papua Lumpuh akibat Blokir Warga

Timika: Warga Timika, Papua, marah. Mereka memblokir jalan masuk menuju Kompleks PT Indo Papua, perusahaan penyedia bahan bangunan jalan, baru-baru ini. Akibatnya, perusahan lumpuh dan tak bisa berproduksi.

Pemblokiran dilakukan karena warga kesal. Dengan mengatasnamakan keluarga Pinimet, mereka mengklaim sebagai pemilik hak atas galian C di Distrik Agimuga yang dikelola perusahaan tersebut.

Warga menuntut PT Indo Papua secepatnya memberi ganti rugi atas kerusakan lahan milik keluarga Pinimet sebesar Rp 1,2 miliar. Bila perusahaan tak memenuhi tuntutan, warga akan menyita aset PT Indo Papua.

Menurut warga, perusahaan pernah berjanji membayar ganti rugi pada 2009. Namun sampai kini belum juga ditepati. Sejauh ini manajemen PT Indo Papua belum bersedia memberikan tanggapan atas aksi warga tersebu

MOVIE-Film Hollywood Distop, Nonton Wayang Aja

Salah satu parameter paling jujur untuk mengukur kualitas film adalah respon dari penonton, apakah mereka menyukai film tersebut atau tidak. Demikian, film hollywood masih tetap disukai saat ini, hal ini terungkap dari obrolan malam tentang alasan kenapa film hollywood tidak boleh distop yang diungkap oleh tweeps @KapanLagicom.
Berikut sedikit ekspresi yang terekam, di mana kebanyakan dari mereka membuat perbandingan antara film Hollywood dan film Indonesia yang didominasi film Horor yang mengandalkan keseksian pemainnya serta ceritanya monoton.
@erleebanu
#filmAsing pastinya lbh berbobot! Ceritanya lbh bagus,, dan pastinya aktor n aktrisnya lbh oke! Klo ga ada itu mau ntn apa?
@hpilyeverafter
Kalo Film2 Indo skrg bisa ngejawab kebutuhan para pecinta film saat ini, baru deh. . @KapanLagicom #FilmAsing #KLC
@irdeQ
#FILMasing mmpunyai nilai seni perfilman yg bgs, ceritanya menarik, dan flimnya ngk kyk indonesia yg jalan ceritanya itu2 saja
@davinrusady
kalo indonesia bisa bikin film kualitas hollywood sih oke. Tapi sekarang? Masa nonton film jambak-jambakan mulu
@jeffreysloppies
nonton wayang aja RT @KapanLagicom http://kplg.co/6jP1 Bye-Bye #FilmAsing
@ipudka
Yah gak mungkin dong kita dipaksa nonton film endonesia yg sebagian semi telanjang itu #FilmAsing

KULINER-Kreasi Susu dari Biji Nangka

Solo: Siapa sangka biji nangka bisa dijadikan susu Sebab, selama ini umumnya orang hanya memakan buah nangka dan membuang bijinya. Namun, di tangan dua warga Solo, yakni Agatha Retno Palupi dan Siti Rusminah, biji nangka ternyata bisa diolah menjadi minuman bergizi.

Minuman yang dibuat Agatha dan Siti adalah susu kedelai. Itu mereka ketahui setelah melakukan sejumlah riset. Cara membuatnya juga sederhana. Pertama biji nangka direndam selama 12 jam hingga kulitnya terkelupas.

Lalu biji nangka direbus hingga empuk, diblender, dan disaring. Air sarinya ditambah gula atau penambah rasa lain sesuai selera. Setelah matang baru susu biji nangka siap disajikan, baik hangat maupun dingin.

Harga biji nangka relatif murah, yakni sekitar Rp 2.000 setiap kilogram. Berdasarkan uji laboratorium, kandungan kalsium susu biji nangka lebih tinggi daripada susu kedelai. Sementara kadar lemaknya justru lebih rendah. Selain itu, ampas saringan biji nangka juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuat kue. Tertarik mencoba di rumah

KOMUNIKASI-Paket Unlimited Harian Terlengkap dari Telkomsel


Dalam upaya menyediakan ragam layanan mobile internet berkualitas dengan harga yang semakin terjangkau, Telkomsel menghadirkan 3 paket unlimited harian terlengkap, yakni Paket Unlimited TELKOMSELFlash, Paket Facebook & Chat, dan Paket BlackBerry Unlimited. Pelanggan bisa menikmati serunya berinternet tanpa batas yang didukung jaringan terluas berkualitas dengan kecepatan akses tinggi dan koneksi yang stabil melalui lebih dari 36.000 BTS di seluruh Indonesia.

Paket Unlimited TELKOMSELFlash merupakan varian terbaru paket unlimited harian. Pelanggan dapat mengakses internet berkecepatan tinggi TELKOMSELFlash untuk chatting, social networking, email, browsing, dan downloading tanpa batas hanya dengan Rp 5.000 perhari. Paket ini berlaku bagi pelanggan simPATI, Kartu As, dan Flash Unlimited.

Paket Unlimited TELKOMSELFlash Rp 5.000 perhari ini bisa dinikmati pelanggan yang ingin berinternet menggunakan ponsel maupun modem yang dihubungkan dengan komputer atau laptop. Untuk registrasi paket, pelanggan cukup akses *363#, yang merupakan single menu browser untuk seluruh paket layanan data Telkomsel, lalu pilih Rp 5.000 Flash Unlimited pada menu Unlimited Harian.

Pelanggan yang hobi meng-update status di Facebook dan chit-chat seru bisa memperoleh Paket Facebook & Chat menggunakan mig33, Nimbuzz, dan eBuddy hanya dengan Rp 1.000 perhari. Sementara pelanggan yang ingin menikmati unlimited layanan pushmail, chatting, browsing, dan social networking di BlackBerry-nya, tersedia Paket BlackBerry Unlimited harian seharga Rp 5.000 perhari.

Paket Unlimited Harian: GM VAS & Device Customization Telkomsel Jajang Munajat (kanan) dan Manager Broadband & Data Business Management Arief Pradetya memperkenalkan 3 paket unlimited harian terlengkap, yakni Paket Unlimited TELKOMSELFlash, Paket Facebook & Chat, dan Paket BlackBerry Unlimited (3/11). Pelanggan Telkomsel bisa menikmati serunya berinternet tanpa batas yang didukung jaringan terluas berkualitas dengan kecepatan akses tinggi dan koneksi yang stabil, cukup dengan mengakses *363#.





Menurut VP Product Marketing Telkomsel Lindayanti Harjono, "Sebagai operator selular yang berkomitmen menghadirkan layanan internet berkualitas yang semakin terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia, kami menyediakan berbagai pilihan paket unlimited harian dengan harga yang sangat murah. Paket-paket ini dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan penggunaan layanan data yang sifatnya insidental, di mana pelanggan belum memiliki kebutuhan untuk mengakses internet setiap harinya."

Sebagai mitra resmi Apple di Indonesia, kini Telkomsel juga telah menyediakan paket perdana Flash Unlimited untuk iPad dengan harga Rp 75.000. Paket perdana micro simcard yang didesain khusus untuk komputer tablet buatan Apple ini berisi pulsa senilai Rp 75.000 dan bonus internet sebesar 5 MB, di mana pelanggan dapat menikmati Paket Flash Unlimited seharga Rp 75.000 dengan kecepatan akses hingga 1 Mbps yang dirancang sesuai kebutuhan iPad.

Untuk memudahkan pelanggan dalam memonitor sekaligus mengontrol jumlah pemakaian TELKOMSELFlash-nya, tersedia layanan info real time penggunaan Flash Unlimited melalui SMS bebas biaya. Pelanggan cukup kirim SMS, ketik UL INFO, lalu kirim ke 3636.

Seiring penggelaran jaringan HSDPA/HSPA+ untuk layanan mobile broadband di 25 kota, Telkomsel telah meningkatkan kapasitas bandwidth untuk international internet gateway menjadi 9 Gbps. Kenyamanan pelanggan Telkomsel dalam memaksimalkan kecepatan TELKOMSELFlash juga didukung lebih dari 7.000 Node B (BTS 3G) yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dari Sumatera hingga wilayah Indonesia Timur.

Indocomtech 2010

Pada pameran komputer dan IT Indocomtech 2010 yang berlangsung pada tanggal 3-7 November 2010 di Jakarta Convention Center dan Celebes Convention Center Makassar, Telkomsel menyediakan beragam paket bundling mobile lifestyle dengan harga terjangkau, antara lain: BlackBerry, iPhone 3GS, dan Modem Google Chrome. Tersedia pula paket perdana Flash Unlimited dan paket perdana Flash Unlimited untuk iPad.

Paket BlackBerry Curve 3G Telkomsel dijual dengan harga Rp 3.299.000. Nikmati tarif super hemat untuk Paket BlackBerry Lifestyle seharga Rp 40.000 per bulan atau Paket BlackBerry Unlimited seharga Rp 70.000 per bulan pada bulan kedua, ketiga, dan keempat setelah berlangganan paket yang sama di bulan pertama dan melakukan isi ulang pulsa minimal Rp 100.000 setiap bulannya.

Masyarakat juga bisa mendapatkan paket iPhone 3GS Telkomsel berkapasitas 32 GB seharga Rp 7.500.000. Paket ini dilengkapi perdana simPATI Turbo yang memberikan gratis internet 6 GB dan gratis 240 MMS selama setahun.

Sementara itu, paket Modem Google Chrome Telkomsel tersedia bagi pelanggan yang ingin menikmati perpaduan kecepatan browsing menggunakan aplikasi web browser Google Chrome dengan kecepatan akses internet TELKOMSELFlash. Paket bundling seharga Rp 799.000 ini sudah termasuk perdana simPATI yang berisi bonus internet 300 MB untuk 6 bulan apabila pelanggan mengisi pulsa minimal Rp 50.000 setiap bulan.

KAB.LAMONGAN-Bandara Juanda-Lamongan Bakal Dibangun

Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub LLAJ) Provinsi Jawa Timur berencana akan mengembangkan jalur angkutan pemadu moda (port shuttle service) dengan asal dan tujuan Bandara Juanda, Surabaya. Salah satu jalur baru tersebut adalah dari Bandara Juanda-Gresik-Lamongan (Paciran) PP.

“Berdasar suarat dari Dishub dan LLAJ Jatim pertengahan Januari lalu, memang dipertimbangkan akan ada pembukaan angkutan pemadu moda baru dari Bandara Juanda menuju Paciran. Tepatnya di Terminal Terpadu yang berada di lokasi pelabuhan ASDP Paciran, “ ungkap Kepala Dinas Perhubungan Lamongan Bambang Hadjar Purwono melalui Kabag Humas dan Infokom Anang Taufik.

Angkutan pemadu moda itu, lanjut dia, direncanakan sebagai angkutan pelayanan untuk TKI, pariwisata dan umum. Di Paciran sendiri terdapat wisata maritim yang menjadi andalan Lamongan dan Jatim, yakni Wisata Bahari Lamongan (WBL) dan Maharani Zoo and Gua Lamongan (MZL). “Saat ini rencana ini sudah sampai tahapan untuk melakukan survey shelter. Yakni terkait lokasi-lokasi yang digunakan sebagai tempat pemberhentian angkutan di sepanjang jalur Juanda-Gresik-Lamongan, “ ujarnya.

Seperti tertuang dalam surat Dishub LLAJ Jatim perihal pertimbangan angkutan pemadu moda, sarana yang akan digunakan adalah kendaraan bus dengan kapasitas tempat duduk 27 seats sampai dengan bus 40 seats. Kendaraan itu akan dilengkapi fasilitas penyejuk udara serta tempat duduk untuk menaruh bagasi di ruang kabin.

“Kami dari Dishub Lamongan dimintai pertimbangan terkait lokasi tempat pemberhentian untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Tentunya lokasinya harus mengutamakan keamanan dan kemudahan serta tidak harus di terminal. Sehingga jika belum ada fasilitas shelter akan dibuatkan yang baru. Dishub LLAJ Jatim juga mensyaratkan agar angkuta yang baru tersebut tidak menimbulkan gesekan dengan moda lainnya yang sudah ada,
kata dia.

Nantinya, kata dia, akan dibuat pengaturan operasional angkutan pemadu moda agar tidak diperbolehkan menaikkan penumpang di sepanjang jalur trayeknya, kecuali di Bandara Juanda. “Namun angkutan pemadu moda ini dapat menurunkan penumpang di tempat pemberhentian yang ditentukan, “ tuturnya. “Berdasar rapat terakhir 20 Januari lalu, untuk mencegah terjadinya persaingan dengan bus regular antar kota dalam propinsi (AKDP), dipersyaratkan tarifnya lebih tinggi dari tarif bus non ekonomi (patas) namun lebih rendah dari taxi, “ imbuh dia.

Dalam surat bernomor 551.21/176/104/2011 tersebut, disebutkan akan ada delapan trayek baru lainnya selain tujuan Paciran/Lamongan. Yakni Bandara Juanda-Malang-Blitar PP, Juanda-Batu PP, Juanda-Pasuruan-Probolinggo-Jember-Kediri-Tulungagung-Trenggalek PP. Selain itu juga ada trayek Juanda-Madiun-Ponorogo PP, Juanda-Bangkalan PP dan Juanda-Bungurasih (Surabaya) PP.

INTERNASIONAL-Kerusuhan Maroko karena Tarif Fasilitas Umum

RABAT--Para pemrotes menyerang kantor polisi dan penyebabnya berkaitan dengan sejumlah perusahaan Prancis di kota Tangier, Maroko, pada Jumat malam karena persengketaan mengenai manajemen perusahaan fasilitas umum setempat, kata beberapa koordinator unjuk rasa dan warga pada Sabtu. Kerusahaan terjadi sehari sebelum direncanakan unjuk rasa nasional untuk mendorong reformasi politik tetapi tidak ada bukti yang langsung berkaitan.

Juru bicara kementerian komunikasi dan dalam negeri tidak menanggapi ketika diminta komentarnya. Polisi anti huru-hara turun tangan untuk memecah unjuk rasa, yang berubah dari aksi protes duduk di depan balai kota menjadi gerakan barisan yang mengumpulkan ratusan pemrotes, kata organisasi aktivis Maroko, Attac, dalam jejaringnya.

Aksi protes duduk dikoordinir oleh Attac Maroc untuk mendorong pembatalan perjanjian fasilitas umum yang menyatakan kota itu berafiliasi dengan perusahaan Prancis, Veolia. Banyak kota besar Maroko mengeluhkan biaya layanan fasilitas umum yang dijalankan oleh perusahaan asing.

Sejumlah warga, berbicara dengan syarat identitas dirahasiakan, mengkonfirmasi bahwa protes yang semula melawan harga fasilitas umum berubah menjadi barisan unjuk rasa, yang polisi anti huru-hara cegah hingga mencapai pusat kota. "Tidak ada gas air mata, tidak ada yang ditembakkan. Mereka menggunakan tongkat polisi untuk membubarkan kerumunan massa," ujar satu warga.

Tanjanews.com menyiarkan beberapa gambar yang menunjukkan jendela kantor polisi pecah, juga jendela sejumlah kantor cabang yang berhubungan dengan Veolia dan bank Prancis, Societe Generale. Jejaring itu juga melaporkan bahwa satu kantor cabang bank Societe Generale telah dibakar.

Sekelompok pemuda Maroko yang menyebut dirinya "Gerakan untuk Perubahan 20 Februari" menyerukan demonstrasi nasional pada Ahad guna mendesak reformasi konstitusi yang dapat mengurangi kekuasaan Raja Mohammed VI serta mengubah sistem pengadilan yang lebih independen. Kelompok itu juga ingin memaksa raja berusia 47 tahun itu agar membubarkan pemerintahnya dan parlemen.

Kelompok tersebut telah mengumpulkan lebih dari 17.000 penggemar Facebook, dan oposisi Islami dan milisi bersayap kiri mengumumkan mereka akan bergabung dalam demonstrasi itu. Para milisi pro-monarki juga mengumumkan barisan balasan yang mendukung dinasti kerajaan yang telah berkuasa di Maroko selama hampir 350 tahun.

Banyak pemimpin otoritarian Arab sangat memperhatikan pertanda tersebarnya kekeruhan situasi di kawasan setelah perlawanan di Tunisia dan Mesir. Tetapi menurut badan statistik peringkat, Standard & Poor's and Fitch, Maroko merupakan negara yang cenderung tidak akan terkena dampak gelombang kerusuhan tersebut.

INTERNASIONAL-Arab Saudi Tahan Penggagas Partai Aktivis


JEDDAH - Pihak berwajib Arab Saudi telah menahan beberapa aktivis yang mencoba membentuk partai politik pertama dalam negara kerajaan itu. Demikian kata sejumlah aktivis HAM.

Negara pengekspor minyak dan mitra dekat Amerika Serikat itu memiliki paham negara monarki absolut yang tidak memberi toleransi terhadap segala bentuk perlawanan masyarakat. Arab Saudi tidak melakukan pemilihan parlemen atau partai politik.

Kaum Islam Saudi dan aktivis oposisi bulan ini meluncurkan partai politik bernama "Ummat Islam". Tantangan yang jarang terjadi pada pemerintah Saudi itu terinspirasi dari gelombang demonstrasi yang meruntuhkan rezim di Tunisia dan Mesir. "Ada empat dalam tahanan sekarang. Lima ditahan, dua di luar negeri dan lainnya telah diinterogasi dan dibebaskan," kata Mohammad al-Qahtani, seorang aktivis berbasis di Riyadh dan kepala Asosiasi Hak Politik dan Sipil Saudi, yang mengikuti kasus tersebut.

Pejabat Direktorat Jenderal Penyidikan tidak segera memberikan komentar. Human Rights Watch, LSM asal New York, meminta pembebasan para aktivis yang telah mengampanyekan kebebasan politik di Arab Saudi. "Tekanan Saudi terhadap aktivitas politik merupakan tangkas dan total," kata peneliti bidang Timur Tengah senior Human Rights Watch, Christoph Wilcke. "Saat rakyat di daratan Arab keluar di jalanan mendesak kebebasan, polisi rahasia Saudi tampak bertekad memutuskan permintaan serupa sebelum menjadi besar."

Partai baru itu telah menyerukan dalam jejaringnya agar melaksanakan pemilihan umum, keputusan pemerintah yang lebih transparan dan pengadilan yang lebih independen. Usaha pembentukan partai pernah terjadi sebelumnya. ''Tetapi, Partai 'Ummat Islam' merupakan partai yang pertama kali melakukan pengumuman publik,'' kata para analis. Anggotanya termasuk kaum intelektual Islam, pengajar, aktivis HAM dan pengacara.

Pada 2007, Arab Saudi menahan kelompok yang menyerukan monarki konstitusional dan kebanyakan masih dalam tahanan. Raja Abdullah, yang keluar negeri untuk menjalani perawatan medis sejak November tahun lalu, diperkirakan kembali ke Arab Saudi pekan depan. Para aktivis berharap Raja Abdullah akan mengumumkan sejumlah perubahan untuk mengurangi perlawanan di dalam negeri.

INTERNASIONAL-Tunisia Setujui Amnesti untuk Tahanan Politik


TUNISIA - Pejabat Presiden Tunisia, Fouad Mebazza, menandatangani amnesti umum untuk tahanan politik. Amnesti ini sekaligus memperlancar laju ke pemilihan umum pada tahun ini. Demikian kata media lokal.

Amnesti tersebut dijanjikan kurang dari sepekan setelah gelombang protes yang memaksa mantan presiden Zine al-Abidine Ben Ali lari keluar negeri pada pertengahan Januari. Tapi, amnesti saat itu belum disahkan. "Pemerintah mengharapkan peraturan itu mengakhiri era represi dan menyediakan keadaan baik untuk pemilihan umum," kata laporan media nasional.

Kelompok pembela hak asasi manusia memperkirakan Tunisia memiliki sekitar 1.000 tahanan politik selama 23 tahun Ben Ali berkuasa. Dia melarang gerakan oposisi Islam dan menahan pembangkang.

Kaum Islam Tunisia sejak itu menunjukkan tanda pembentukan diri dengan sejumlah unjuk rasa. Mereka mendesak pihak berwajib menutup sekurang-kurangnya tiga rumah bordil. Banyak warga khawatir adanya upaya untuk memberlakukan kekuasaan Islam.

Sekitar 15.000 pengunjuk rasa anti-Islam menutup jalan utama ibu kota Tunis pada Sabtu (19/2) atau sehari setelah pemerintah mengumumkan pengacau membunuh seorang pendeta. Kelompok Islam utama, Ennahda, mengutuk kekerasan tersebut.

Banyak keluarga Tunisia menunggu pembebasan anggota keluarganya selama berminggu-minggu. Banyak di antaranya berkemah di luar penjara utama. Pemerintah telah membebaskan sekitar 3.000 orang yang dipenjara pada masa rezim Ben Ali, meski kebanyakan diperkirakan penjahat kelas teri yang menjalani hukuman terlampau lama jika dibandingkan dengan tahanan politik.

INTERNASIONAL-Demonstrasi Tangguhkan Tender Reaktor Nuklir Mesir


KAIRO - Ketidakstabilan terkait demonstrasi di Mesir telah menangguhkan tender bagi reaktor tenaga nuklir pertama negara itu. Demikian surat kabar milik pemerintah melaporkan.

"Telah diputuskan untuk menangguhkan tender internasional bagi pembangunan reaktor tenaga nuklir pertama di Al-Dabaa hingga stabilitas situasi di negara ini," kata surat kabar Al-Ahram.

Proses tender, yang sedianya dilakukan pada Januari, telah ditangguhkan untuk menjamin jumlah terbesar perusahaan dari negara-negara yang berbeda untuk mengambil bagian dalam tender. ''Hal ini guna menjamin kompetisi yang sebenarnya,'' kata harian tersebut.

Program nuklir Mesir telah dibekukan pada 1986 menyusul bencana Chernobyl di Ukraina. Pada 2007, mantan presiden Hosni Mubarak mengumumkan program nuklir kembali digulirkan. Dia saat itu mengatakan empat reaktor tenaga nuklir sipil akan dibangun di bawah pengawasan ketat Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA).

Mubarak telah dipaksa lengser dari jabatannya pada 14 Februari lalu setelah gelombang demonstrasi rakyat yang belum pernah terjadi sebelumnya meminta pengunduran dirinya. Pemerintah militer sekarang memerintah sementara untuk menggantikannya. Dewan Tinggi Pasukan Bersenjata Jumat (18/2) kemarin memperingatkan bahwa mereka tidak akan mentoleransi lagi demonstrasi yang mengganggu ekonomi Mesir.

INTERNASIONAL-Kacaukan Negara, Libya Tangkap Anggota Jaringan Arab

TRIPOLI - Pemerintah Libya telah menahan puluhan anggota sebuah jaringan nasionalis Arab yang dituduh berusaha mengacaukan negara. Demikian menurut kantor berita resmi Jana dalam laporannya Sabtu (29/2).

Mereka yang ditahan di beberapa kota Libya itu para anggota jaringan luar negeri yang dilatih untuk merusak stabilitas Libya, keamanan warganya dan persatuan nasional. Sumber-sumber yang dekat dengan penyelidikan, seperti dikutip oleh kantor berita Jana, mengatakan kelompok tersebut termasuk orang-orang Tunisia, Mesir, Sudan, Palestina, Suriah dan Turki.

Mereka ditahan dengan tuduhan menghasut melakukan aksi-aksi penjarahan dan sabotase, seperti pembakaran rumah sakit, bank, pengadilan, penjara, kantor polisi dan kantor polisi militer. ''Mereka juga membidik bangunan-bangunan publik serta properti swasta berdasarkan rencana yang disusun sebelumnya," tulis Jana.

Jana menuliskan bahwa kota-kota Libya tertentu telah dijadikan tempat tindakan sabotase dan perusakan sejak Selasa (15/2). Para tersangka berusaha untuk mengambil senjata dari kantor polisi dan polisi militer serta akan menggunakannya.

INFO KESEHATAN-Awas! Pewarna Makanan Berbahaya


Di antara 10 bahan tambahan pangan (BTP) yang paling banyak digunakan sekaligus mengancam kesehatan masyarakat adalah bahan pewarna untuk makanan jadi atau setengah jadi. Terutama pewarna buatan yang berbahaya dan terlarang adalah Metanil Yellow dan Rhodarmin B.

Beberapa kali diadakan razia oleh Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), penggunaan zat pewarna tersebut masih ditemukan. Hal ini karena di samping warnanya yang sangat menarik bila diadon (dicampur) dengan makanan, juga harganya relatif murah sehingga oleh pedagang dianggap menguntungkan bisnisnya.

Celakanya menurut pengamatan, bahan pewarna ini juga digunakan oleh industri rumahan yang memproduksi makanan dan minuman secara massal. Di samping tentu saja para pedagang kecil yang menjual manisan atau minuman berwarna di sekitar sekolah, perumahan atau pasar tradisional.

Zat pewarna itu sendiri sebenarnya tidak mempengaruhi aroma atau rasa makanan namun kegunaaannya hanya untuk menrik perhatian saja dan ternyata menurut beberapa pedagang/pembuat, pengaruhnya cukup besar terhadap tingkat lakunya makanan atau minuman ini. Namun bagi kesehatan bahan ini bisa membuat penurunan daya tahan tubuh bahkan bahaya kanker.

Menurut kepala Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) BPOM Surabaya, Suprihadi, dari sepuluh bahan tambahan pangan (BTP) pewarna memang menonjol pemakaiannya.

Sebenarnya pihaknya sudah mengadakan sosialisasi bahan pewarna yang aman dipakai adalah Karamel, Beta-karoten, Klorofi, Kurkumin dan lainnya.

“Selain pewarna, zat pemanis buatan juga perlu mendapat perhatian. Dengan zat bukan gula ini makanan bisa lebih manis, membantu mempertajam rasa manis, atau dimasukkan agar kalorinya lebih rendah untuk pengidap diabetes,” katanya sambil menunjuk leaf left petunjuk yang secara rinci memberikan informasi 10 BTP.

Zat pemanis yang diizinkan Alitam, Sukralosa, Maltitol, Sakarin, Siklomat, Neotarm, dan lainnya. Bahan pemanis ini sudah berdar di pasaran dan harganya relatif tidak mahal.

Di samping itu bahan pengawet juga kini menjadi tren dan banyak digunakan para industriawan makanan dan minuman. Seperti benzoat, nitrit, sulfit, sorbat, propionat boleh digunakan.

Penyedap rasa dan penguat rasa seperti vetsin yang disebut monosodium glutamat (MSG) masih diperbolehkan asal penggunaannya tidak berlebihan.

Saat ini yang sedang digemari industriawan atau pedagang rumahan adalah pemantap makanan dan pengental sekaligus pengemulsi. Juga bahan antioksidan agar makanan tidak mudah tengik. Oksidan digunakan untuk menahan proses oksidasi lemak atau minyak dalam makanan.

BTP lainnya yang banyak digunakan sementara ini Antikempal biasanya berbentuk tepung atau bubuk. Pemutih makanan sekarang juga digunakan karena membantu percepatan pematangan sehingga dapat memperbaiki mutu pemanggangan.

Ada lagi zat pengeras yang fungsinya untuk memperkeras makanan dan tidak mudah lembek. Dan yang terakhir adalah Sekuestran, bahan makanan tambahan pengikat logam dalam makanan sehingga memantapkan warna dan tekstur makanan sekaligus zat ini mencegah perubahan warna.

INFO KESEHATAN-Tujuh Cara Aman Mengkonsumsi Makanan Kemasan


Sampai saat ini, masyarakat konsumen makanan dan minuman kemasan masih banyak yang belum paham apakah produk yang dibelinya aman dikonsumsi.

Bahkan satu keluarga ada yang sudah bertahun-tahun mengonsumsi makanan tersebut tetapi tidak tahu yang dimakannya atau diminum berbahaya bagi kesehatannya.

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Surabaya memberi tujuh petunjuk cara cerdas memilih produk yang dibeli di toko agar aman dikonsumsi.

Pertama yang diperhatikan adalah :

Nama produk : Yang harus memberi penjelasan nama pangan yang bersangkutan

Daftar bahan :Yang digunakan dalam kegiatan atau proses produksi bahan pangan tersebut.

Berat bersih : Yang menyebutkan keterangan mengenai jumlah/berat produk pangan yang terdapat dalam kemasan atau wadah.

Nama dan alamat produsen atau importirnya : Cukup Jelas

Nomor pendaftaran : MD dan P-IRT (Nomor pendaftaran yang menunjukkan produk dalam negeri tersebut telah melalui penilaian pemerintah sehingga produk tersebut dijamin aman), atau ML (Menunjukkan nomor pendaftaran yang menunjukkan produk impor tersebut telah melalui penilaian pemerintah sehingga produk tersebut dijamin aman)

Kode dan Tanggal Produksi : Kode produksi menunjukan keterangan mengenai riwayat produksi pangan yang bersangkutan. Tanggal produksi menjelaskan keterangan tanggal, bulan dan tahun di mana pangan/minuman tersebut diproduksi.

Keterangan kadaluwarsa : Merupakan keterangan batas akhir suatu pangan dijamin mutunya sepanjang penyimpanannya mengikuti petunjuk yang diberikan produsen. Di sini dijelaskan expiriode ) tanggal, bulan dan tahun batas aman dikonsumsi

HUKUM-Tersangka Penyerangan adalah Jawara

Pandeglang: Seorang tersangka penyerangan terhadap jemaah Ahmadiyah di Desa Umbulan, Pandeglang, Banten berinisial D alias I dikabarkan adalah seorang jawara atau ahli bela diri. Dialah pria berjaket hitam dengan sebilah golok terekam kamera Arif Rahman saat menyerang rumah Ismail Suparman, pimpinan Ahmadiyah wilayah Kecamatan Cikeusik.

Idris diketahui warga Kecamatan Menes, Pandeglang. Dalam rekaman ia terlihat cukup sangar saat ambil bagian dalam penyerangan jemaah Ahmadiyah di Cikeusuik. Dua hari silam polisi menangkap tersangka di kawasan Ulujami, Jakarta Selatan.

Polisi belum membeberkan identitas tersangka. Namun dalam penelusuran aparat, D alias I ternyata bernama lengkap Idris. Menurut Rohayah, istri tersangka, Idris sempat pulang ke rumah. Ketika itu Idris masih mengenakan jaket yang digunakan saat menyerang jemaah Ahmadiyah. Setelah itu sang suami langsung pergi bersama teman-temannya.

Tersangka dikenal cukup pendiam. Rohayah mengaku tak tahu aktivitas sang suami di luar rumah. Setiap pergi, Idris selalu beralasan hendak mencari nafkah. Sementara di kampungnya sang jawara cukup terkenal dan disegani.

Sejauh ini polisi menetapkan sembilan tersangka kasus. Selain itu polisi juga memeriksa 24 personelnya yang saat amuk masa berada di lokasi. Lima dari 24 personel kini berstatus terperiksa dan mungkin akan terkena sanksi

HUKUM-Memetik Jagung, Nenek Renta Terancam Masuk Penjara

Simalungun: Maria boru Siahaan bernasib malang. Di usia yang sudah mencapai 90 tahun, dia terpaksa harus berurusan dengan polisi dan pengadilan. Hal ini terjadi lantaran Maria dilaporkan oleh Darma boru Napitupulu, anak kandungnya sendiri, lantaran memamen jagung di kebunnya sendiri.

Darma boru Napitupulu sang anak rupanya kesal dengan ulah ibu kandungnya sendiri. Sebab, jagung yang ditanamnya, dipanen oleh sang ibu. Selain sang ibu, Darma juga melaporkan adik kandungnya, Runggu boru Napitupulu, dengan tuduhan yang sama. Bahkan, Runggu telah dituntut jaksa tiga bulan penjara dalam sidang di PN Simalungun, baru-baru ini.

Menurut Runggu, kasus tersebut sebenarnya sudah lama berlalu dan sudah diselesaikan secara kekeluargaan di kantor polisi. Namun, entah kenapa, Darma malah melanjutkan kasusnya hingga sang ibu dan adik harus bersidang.

Runggu berharap, pengadilan dapat membebaskan ibunya dari segala tuntutan mengingat usia sang ibu sudah senja. Apalagi harga jual jagung yang dipanen olehnya hanya Rp 450 ribu dan sudah digunakan untuk berobat ibunya.

Saat ditemui, Maria yang sudah renta dan tinggal seorang diri di rumah yang sederhana mengaku pasrah dengan laporan tersebut. Rencananya Rabu pekan depan, PN Simalungun kembali menggelar sidang pencurian dengan agenda pembelaan

CRAKER BOY-Trik internet murah dengan kartu AS Rp. 1/kb (bagian pertama)


Ok brow ini trik buat kamu yang gak lepas dari yang namanya internet.
Pada trik bagian pertama ini, kita tidak akan membahas bagaimana cara menseting GPRS akan tetapi fokus ke setting GPRS murah dengan kartu AS dari Telkomsel.

Yups, Settingannya cukup mudah:
1. Pastikan GPRS/WAP/3G di handphone anda kamu aktif.
2. Pastikan juga loe berada dalam kawasan sinyal GPRS/3G yang full.
3. Otomatis Pulsa donk. :P
4. Daftarkan Kartu AS loe ke GEN ASIK.
Caranya : Ketik REG kirim ke 4545, ikuti petunjuk dari 4545.
Buat yang udah di Gen Asik, langsung ke tahap selanjutnya.
5. Disini kita akan bermain dengan sedikit kecurangan. :p
Mungkin sebagian dari kamu udah pada tau yang namanya Student/School Community. Yups pake ini brow, ya walapun kamu nggak squl lagi alias lagi kuliah atau bahkan udah kerja, gpp pake trik ini lagian hemat kok :p,
so caranya bagaimana?
Setelah anda terdaftar di Gen Asik, langsung saja daftar ke Student/School Community, caranya kayak ngecek pulsa *888# eitz tapi buka itu yang dipencet. Ketik *355*6*(id sekolah)#
Penjelasan (id sekolah) diisi dengan id sekolah yang udah kedaftar di telkomsel.
Lha saya gak ada id nya om? Truz gmn ne? santay aja brow, ini juga mo di kasih satu id skul, cius amad seh! :P Ini id skul nya “id sma POLTEK : 071417960”.
Jadi ketik *355*6*071417960#
Yups buruan daftar, dan ikuti petunjuk selanjutnya. Buat bantuan ketik *355*5#
6. Ntar kamu bakalan dpt sms konfirmasi dari 4545, selamat kamu udah bisa internetan murah pake kartu AS dari Telkomsel.
Selamat berselancar di dunia internet, buat yang suka chating, mantap brow.
Feature dari Student/School Community :
1. biaya GPRS Rp. 1/kb
2. biaya sms sesama anggota dalam satu id skul Rp. 55/sms.
3. biaya MMS untuk sesama anggota dalam satu id skul Rp. 350/mms.
4. biaya perckapan alias nelpon sesama anggota dalam satu id Rp. 4/detik.

Gimana mantap kan? Makanya buruan setting sekarang juga, nikmati failitas super murah dari Kartu AS ( wah, telkomsel gua di kasih royalty nih? :P )

Mantap aja di sini, dan tunggu trik internet murah dengan kartu AS bagian selanjutnya

UPDATE 29 Januari 2010:
ID SMA GORONTALO (lupa nama sekolahnya :P) 155424844

UPDATE : 6 Maret 2010

331222122, 331220189, 331226551, 330912035, 330913214, 153818503, 152519074, 340117414, 330915049, 330910888, 331213201, 331214237, 331220884, 331229345, 331213201, 153713154, 143912788, 051113632

CRAKER BOY-Trik internet murah dengan kartu AS (bagian kedua)


Bagaimana udah di praktekin trik internet murah dari kartu AS (Bagian pertama) ? Mantap kan?
Sep, kalo kemaren ada trik Internet murah dengan kartu AS Rp 1/kb, maka trik kita kali ini tidak kalah menarik dari trik sebelumnya , judulnya trik internet murah dengan kartu AS ( bagian kedua ), kenapa bagian kedua, ya karena Kartu AS banyak banget feture murahnya, heheheh. . .

Trik internet murah dengan kartu AS ( bagian kedua ) :
1) Seperti biasa, Pastikan GPRS/WAP/3G di handphone kawans aktif.
2) Pastikan juga kawans berada dalam kawasan sinyal GPRS/3G yang full.
3) Ketik *100#, lalu Replay dengan memilih angka 4. Data Mania.
4) Nanti ada 2 Pilihan:

1. Small Deno (Rp 1k-50k). *Dianjurkan
2. Big Deno (Rp 100k-400k)

Silahkan reply 1 atau 2.
Penjelasan:
Paket Small Deno digunakan untuk pembelian paket Rp 1.000 (dapat 500 Kb)s/d Rp 50.000
(dapat 125Mb).
Paket Big Deno digunakan untuk pembelian paket Rp 100.000 (dapat 300Mb) s/d Rp 400.000
(dapat 1.5Gb)

5. Pilih Paket sesuai dengan kantong kawans :D, namum dianjurkan membeli paket Seperlunya saja biar hemat gitu :).

Selamat mencoba

CRAKER BOY-SMS GRATIS



Ayo manfaatkan SMS GRATIS ini, Lumayan, sambil facebookan-an bisa sms GRATIS.

Langsung saja di coba ke situsnya di www.freesms4us.com. etz tapi sebelum mencoba ada baiknya simak sedikit tutorialnya. ok.

Cara Kirim SMS?
Sangat sederhana untuk mengirim SMS menggunakan FreeSMS4Us.com.
Ikuti langkah-langkah ini:
1. Masukkan nomor teman Anda pada kolom "phone"
2. Tulis pesan Anda pada kolom "This is your Free SMS message, you may include your name or number here".
3. Pada "Click at the same number to send SMS" masukkan nomor yang sama misal "Click 96" maka kawans klik angka "96" untuk mengirims SMS gratisnya.

Seperti pada gambar berikut:

4.Apabila teman kawans me-reply sms dari FreeSMS4Us.com, maka klik pada "CLICK TO READ SMS REPLY" untuk membaca smsnya.

Selamat mencoba.

CRAKER BOY-Cara Membuat Banner Tanpa Software Dengan Cepat dan Mudah


To The Point aja yakk.
Artikel kali ini sedikit membahas tentang 'Cara Membuat Banner Tanpa Software Dengan Cepat dan Mudah' yups tanpa software. lho terus gimana cara buatnya?? #$%^&*. Santai Bro, kalo tanpa software artinya ada generator yang siap membantu & mempermudah anda membuat banner sendiri tanpa software, tanpa perlu pengetahuan yang lebih mendalam, tinggal klak-klik, isi data yang diperlukan, dengan hitungan menit jadilah banner hasil kreasi anda, tentunya Gratis. Syaratnya cuma 1 (satu) yakni koneksi internet.
yups karna buat bannernya gak pake software, jadi ngeditnya via internet alias online.. online (Smile)

Langkah-langkah sederhana untuk membuat banner via online:
1. Kunjungi Situs http://mybannermaker.com
2. Pada Menu 'Size' Tentukan ukuran banner yang ingin dibuat, klik salah satu ukuran yang diinginkan.
untuk melihat tampilan ukuran dan hasilnya bisa dilihat pada bagian atas websitenya, yakni pada 'Banner Preview'.
3. Klik menu 'BackGround' untuk mengganti warna latarbelakang banner yang ingin dibuat, lalu pilih warna yang telah disediakan. atau bisa juga upload banner yang telah anda desaign sebelumnya.
4. Pada Menu 'Teks', isi dengan Kata-kata ajaib anda, klik gambar sample, disana banyak tipe font yang cuku bagus, pilih juga warna favorit anda, lalu sesuaikan ukuran teks dengan format banner yang telah anda pilih tadi.
6. Klik Menu 'Border' jika anda ingin membuat bingkai pada banner anda, pilih juga warna favorit anda untuk menyesuaikan dengan banner yang telah didesaign tadi.
7. Menu 'Effect' untuk memberikan beberapa efek samping, hehehe..
Maksudnya memberikan efek untuk tampilan banner anda nanti, biar lebih menarik dan kelihatan sedikit profesional gitu, Cool..
8. Jika telah selesai mendesaign Banner anda, klik menu 'Save' untuk menyimpan banner hasil kreasi anda. Masukkan url yang anda inginkan, lalu jangan lupa pilih beberapa opsi yang ada, klik Save.
9. Lalu pilih 'Continue On Free'.
10. Copy alamat banner yang tersedia. Contoh url banner yang telah jadi, http://i.imgur.com/QW4XC.png

Good Luck.
Kekurangannya yakni ada link website tempat kita membuat bannernya. :D


Tercecernya sejumlah segel resmi Pemilukada Tuban milik KPU di wilayah Merakurak tak ada yang bersedia bertanggungjawab. Bahkan, Ketua KPUK Tuban Soemito Karmani bungkam saat dikonfirmasi masalah itu dan saling lempar kepada Pokja Logistik Heru Prapto. “Kalau soal itu tanya saja pada Pak Heru bagian logistik,” terang Soemito Karmani.

Sayangnya, Heru Prapto yang dimaksud juga tidak mengetahuinya dan minta bertanya langsung pada PPK Merakurak yang bertanggungjawab masalah itu. “Itu PPK-nya minta dipiting,” jawab Heru sambil memperagakan memiting seseorang.

Bungkamnya pihak KPUK Tuban tidak hanya masalah tercecernya segel saja. Bahkan, saat ditanya berapa sesungguhnya surat suara dan segel yang dicetak juga tidak bersedia memberikan jawaban. Lagi-lagi Ketua KPUK Sumito Karmani meminta bertanya bagian Logistika yang mengetahuinya.

Sementara itu, Heru Prapto anggota KPUK bagian logistik mengaku tidak hapal jumlah surat suara maupun segel KPUK. “Wah saya tidak hapal jumlahnya, coba tanya bagian gudang saja,” ungkap Heru usai rapat pleno perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di gedung Juang, Selasa (22/2).

Bungkamnya KPU soal jumlah segel maupun surat suara pada publik juga sangat disayangkan Kuasa Hukum pasangan HUDANOOR, Abu Bakar Matdoan SH. Bahkan, tercecernya segel KPU di Merakurak bukan masalah yang ringan dan perlu mendapatkan penanganan serius.

“Kami juga sudah tanya jumlah segel yang dicetak KPUK, tapi, masih belum dijawab. Mestinya KPUK jangan menutupi masalah itu,” terang Abu Bakar usai melaporkan masalah segel itu di kantor Panwas Pemilukada Tuban.

Dikatakan, jangan sampai KPUK sengaja mencetak surat suara maupun segel berlebihan untuk digunakan penggelembungan suara pasangan tertentu dan segel itu sebagai pengganti, sehingga segel di kotak suara tetap baik seakan tidak pernah diganti. “Kalau segel dengan mudah didapatkan, kemungkinan kecurangan pada pemilihan nanti pasti akan terjadi,” tegas Abu Bakar.

Ditambahkan, pihaknya juga akan konsultasi ke Polres terkait masalah itu. Sebab, menurut perkiraannya ada masalah pidana dengan tercecernya segel resmi KPUK di wilayah Merakurak itu. “Kalau memang dugaan saya benar ada tindak pidana, kami akan langsung melaporkannya,” paparnya.

Sejumlah segel resmi Pemilukada milik KPUK Tuban, lanjut Abu Bakar, beredar di kalangan masayarakat luas. Bahkan sejumlah segel itu di temukan menempel pada becak yang biasa mangkal di sekitar pasar Merakurak.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun menyebutkan, sediktnya 20 segel milik KPUK yang menjadi rahasia negara itu di temukan tersebar dan dibawa oleh anak sekolah.

Tercecernya segel itu dilaporkan sejumlah warga pada tim pemenangan pasangan cabup-cawabup HUDANOOR. “Setelah informasi itu masuk, kita langsung terjun ke lapangan untuk mencari kebenarannya. Ternyata kita temukan banyak segel yang ada di masyarakat. Ini kan barang rahasia negara yang diperuntukkan hal yang khusus, mengapa justru tercecer kemana-mana,” ungkap Abu Bakar di kantor Panwas Pemilukada Tuban.

Informasinya, tersebarnya segel Pemilukada itu, melalui sejumlah siswa yang magang di kantor PPK Kecamatan Merakurak. Awalnya anak-anak yang mangang itu, oleh PPK disuruh untuk menata segel tersebut dan setiap bendel dengan jumlah tertentu. Karena ada kelebihan segel itu, oleh anak-anak dibawa pulang. “Ini kan bentuk kelalaian petugas yang bertanggung jawab. Bahkan, segel itu ada yang ditempel di tas sekolah dan baju seragam mereka,” tutur Abu Bakar.


Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dalam pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Tuban 2011 mengalami pembengkakan sebanyak 605 suara. Jumlah DPT yang ditetapkan sebelumnya 907.936 bertambah menjadi 908.541 suara.

Hal ini tertuang dari hasil Rapat Pleno KPU Tuban dalam rangka Perbaikan dan Perubahan DPT Pemilukada Tuban 2011 di Gedung Juang, Jl Pramuka, Tuban, Selasa (22/2/2011). Dalam acara yang digelar KPU ini, hadir pula Muspida Tuban, Panwas, Tim sukses masing-masing calon dan 20 PPK dari seluruh kecamatan.

Tambahan jumlah suara ini berasal dari semua kecamatan yang ada. Di setiap kecamatan, semua ada tambahan, tapi jumlahnya juga variatif.

“Ada tambahan DPT sebanyak 605 suara. Rinciannya, 401 suara tambahan tertera dalam DPS (Daftar Pemilih Sementara) dan 104 sisanya tidak masuk di DPS,” kata Yayuk Dwi S, anggota KPU Tuban usai acara.

104 suara yang tidak masuk dalam DPS itu disepakati bersama oleh para peserta pleno yang hadir untuk tetap bisa masuk dalam DPT. “Meski tidak masuk DPS, tambahan 104 itu sudah kita sepakati bersama bisa dimasukkan DPT,” sambungnya.

Terkait adanya tambahan suara ini, KPU belum bisa memutuskan apakah akan dicetakan surat suara lagi atau diambilkan dari kartu cadangan. “Kami harus melakukan koordinasi terlebih dulu untuk memutuskan itu. Jadi, belum bisa kita pastikan sekarang,” tambahnya.

Selain tambahan suara, ada juga warga yang sudah masuk dalam DPT namun dipastikan tidak bisa ikut dalam Pemilukada 1 Maret. Seperti yang meninggal dunia, pindah dan sebagainya. Namun, KPU menetapkan tidak ada pengurangan jumlah DPT. Hanya saja, nama orang-orang tersebut dicoret dan dipastikan tidak menerima surat panggilan.


Pasangan cabup-cawabup Setiadjit-Bambang Suhariyanto (SEHAT) jika terpilih sebagai bupati dan wakil bupati Tuban 2011-2016 dan ingkar atas janji-janjinya siap mundur dari jabatannya. “Jika saya terpilih menjadi bupati dan wakil bupati dan tidak bisa melaksanakan janji kami, pada tahun kedua siap mundur dari jabatan kami,” tegas Setiadjit dalam kampanye putaran terakhir di lapangan cros Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Senin (21/2).

Penegasan itu disampaikan atas pertanyaan salah seorang pendukungnya terkait dengan program Rp 100 juta setiap dusun. Sebab, apa yang akan dilakukan bupati dan wakil bupati itu harus mendapatkan persetujuan DPRD. “Saya yakin program Rp 100 juta/dusun itu bakal disetujui DPRD. Sebab, program itu masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),”tandas mantan Bakorwil Bojonegoro itu.

Meski percaya DPRD bakal meneyetujui program Rp 100 juta/dusun, namun, Setiadjit mengajak semua pendukungnya untuk bersama-sama mendesak DPRD agar meloloskan rencana tersebut. “Nanti, kami akan bersama-sama rakyat mendesak DPRD agar program itu diloloskan,” tutur Setiadjit didamping Bambang Suhariyanto.

Ditambahkan, seluruh janji kampanyenya bakal dilakukan secara total mulai tahun kedua pemerintahannya. Sebab, pada tahun pertama dipastikan hanya akan menjalankan program produk pemerintahan sebelumnya. “Kalau tahun pertama kami tidak ikut membuat program dan anggaran. Pada tahun kedua itu lah kami bisa all out melaksanakan program-program yang telah kami sampaikan pada rakyat saat kampanye,” tambahnya.


Selain itu, dalam pemerintahannya nanti pihaknya akan membuat pendopo Krida Manunggal yang selama ini tertutup bagi rakyat akan dibuka. Bahkan, selepas salat Jumat, pendapa akan dijadikan tempat pertemuan antara Bupati, wakil bupati, pejabat dan rakyat tanpa pandang bulu. “Pokoknya, semuanya bisa masuk ke pendapa, tidak peduli, yang pakai sepatu maupun yang pakai sandal jepit tidak ada perbedaan, karena Tuban itu untuk kita semua, bukan hanya untuk pejabat maupun kroni-kroninya,” papar Setiadjit dengan nada santun.

Menurutnya, dalam pertemuan Jumat itu, persoalan rakyat bisa disampaikan kepada seluruh pejabat. Sehingga, persoalan yang muncul bisa segera mendapatkan penanganan. Pihaknya berharap dengan adanya penyelesaian yang cepat atas segala persoalan yang muncul justru akan meringankan beban pemerintahannya. “Masalah itu jangan dibiarkan menumpuk, harus segera mendapatkan penyelesaian. Karena akan meringankan pemerintahan dan tugas para pejabat dalam memberikan pelayanan kepada rakyat,” tandasnya.


Ribuan pendukung dan simpatisan pasangan ini memadati tempat kampanye terakhir SEHAT. Warga Tuban berharap agar pasangan cabup-cawabup ini benar-benar mampu memenangkan perhelatan lima tahunan di Tuban. “Kami berharap SEHAT bisa menang. Karena hanya pasangan SEHAT yang mampu memajukan Tuban ke depan,” terang Najib salah seorang warga asal Jenu.

Selain dipenuhi pendukungnya, kampanye putaran terakhir pasangan cabup-cawabup SEHAT itu juga dihadiri Bupati Bojonegoro Suyoto, petinggi PKNU Tuban, PAN, Demokrat, PKS dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya.





Hampir bisa dipastikan tidak ada seorangpun penduduk Kabupaten Tuban yang tidak mengenal sosok Dra Hj Haeny Relawati Rini Widiastuti, M.Si. Bukan hanya sebagai Bupati, tetapi lebih dari itu, ia dipandang sebagai pelopor kebangkitan perempuan.

Sepanjang sejarah, hanya Haeny Relawati, perempuan di Jawa Timur yang pertama kali memberanikan diri maju menjadi Pemimpin Pemerintahan, dan ternyata berhasil.

Bukan saja berhasil mendapat kepercayaan rakyat lewat pemungutan suara, tetapi berhasil memoles kabupaten yang dijuluki Bumi Ronggolawe ini menjadi sebuah kabupaten yang disegani. Terbukti, Tuban selalu menjadi daerah tujuan studi banding pejabat-pejabat pemerintahan dari Kabupaten-kabupaten lain. Hal tersebut tentu tidak akan terjadi apabila Kabupaten Tuban tidak memiliki sesuatu yang dipandang lebih oleh kabupaten lain.

Selama Pemerintahan Haeny, kabupaten ini terbukti mampu meraih bermacam prestasi dan penghargaan, baik dari Gubernur Jawa Timur maupun Presiden RI. Sederet prestasi membanggakan itu misalnya, Tuban berhasil meraih penghargaan infrastruktur terbaik kategori kota kecil tingkat nasional.

Penghargaan Best Investment Award juga berhasil diraih lantaran Tuban dinilai paling baik dalam pemanfaatan tenaga kerja lokal. Dalam bidang pertanian, Tuban berhasil mempertahankan prestasi sebagai Kabupaten
Dengan Ketahanan Pangan Terbaik setelah berhasil meningkatkan produksi pangan sehingga mampu melampoi target nasional.

Tuban yang menyimpan keyakaan mineral berlimpah ini sudah pasti sangat
berpotensi untuk menjadi kota dengan tingkat kemajuan sangat pesat. Kekayaan alam berupa mineral sebagai bahan pokok industri sudah barang tentu menarik minat para investor untuk menanamkan modalnya di sini.

Jika dilihat dari sisi ekonomi makro, kehadiran investor tersebut tentu sangat menguntungkan. Memang benar. Tapi bagi Haeny, tidak semata-mata memandang dari sisi keuntungan ekonomi makro. Bagi Haeny, percuma Pendapatan Aseli Daerah (PAD) meningkat jika tidak berbanding lurus dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat riil.

Sebagai lulusan terbaik Program Pasca Sarjana (S2) Universitas Gajahmada (UGM) Yogyakarta, Haeny sangat menyadari kehadiran investor tidak hanya berdampak positif yakni dengan meningkatnya PAD. Namun juga akan membawa ekses negatif, terutama pada lingkungan. Itulah yang menjadi alasan utama mengapa selama ia memegang kendali pemerintahan alur investasi diperketat.

Salah satu contohnya adalah dengan membatasi ijin usaha pertambangan. Kebijakan ini sekilas memang sangat tidak mendukung terciptanya iklim investasi yang baik.

Namun bila dikaji lebih lanjut, kebijakan “berani” yang diambil Pemerintahan Haeny tersebut justru bertujuan untuk menyelamatkan aset daerah sekaligus menekan resiko dampak industrialisasi. Sebab bila eksploitasi terhadap sumber daya alam tidak dikontrol secara ketat dan dikendalikan sebaik mungkin, bukan kemakmuran yang bakal didapat. Sebaliknya justru bencana yang akan datang.

Bagi Haeny, peningkatan taraf hidup rakyat harus diprioritaskan ketimbang
industrialisasi. Bukan berarti Haeny anti industrialisasi. Tetapi tujuannya
adalah untuk meningkatkan posisi tawar masyarakat agar ketika ndustrialisasi benar-benar terealisasikan sepenuhnya di Bumi Ronggolawe, rakyat tetap bisa memanfaatkannya untuk meraih kesejahteraan. Bukan malah sebaliknya, rakyat terus menjadi obyek penerima dampak buruk industrialisasi.

Untuk itu, semasa dipimpin Haeny, Pemerintah Kabupaten Tuban memberanikan diri mengalokasikan 40,16 persen APBD-nya untuk pendidikan. Asumsinya, jika tingkat pendidikan masyarakat tinggi, maka posisi tawarnya terhadap industrialisasi juga tinggi. Sekolah-sekolah pun dibangun hingga ke pelosok desa, sehingga warga yang tinggal di daerah-daerah terpencil juga bisa mengenyam pendidikan. Bukan hanya tingkat SD, tetapi sampai tingkat SMP dan SMA/SMK.

Usaha itu mulai menampakkan hasil. Pada 2010 lalu, Pemerintah Kabupaten Tuban telah dinyatakan tuntas melaksanakan program pendidikan dasar 9 tahun. Saat ini Pemerintah Kabupaten Tuban masuk dalam tahapan program pendidikan 12 tahun.

Berbagai kemajuan dan prestasi yang telah diraih tersebut, berikut program-program jangka panjang yang bertujuan menciptakan kesejahteraan rakyat
dalam arti yang sebenarnya itu, tentu amat disayangkan apabila kemudian
terhenti. Apa mungkin ?

Melihat adat dan kebudayaan yang berlaku dalam kancah perpolitikan di Indonesia, sudah lumrah ganti pemimpin ganti program. Bahkan pada era Reformasi saat ini di mana Pemerintah Pusat tidak lagi banyak campur tangan terhadap Pemerintah Daerah, pentingnya keberlanjutan program pembangunan sepertinya menjadi sebuah keharusan.

Banyak contoh di daerah lain, ketika sang pemimpin tidak lagi memegang tongkat kepemimpinannya atas Pemerintahan, program-program pembangunan yang ditetapkannya semasa ia memerintah, mandeg total, bahkan dianulir dan diganti dengan program baru sesuai selera pemimpin baru.

Itikad melanjutkan program pembangunan yang belum tuntas dan menjaganya demi terwujudnya masyarakat Tuban yang sejahtera secara riil itulah yang mengusik hati Haeny untuk sekali lagi memberanikan diri maju dalam pertarungan Pemilukada 2011.

Karena terbentur aturan, ia harus menjadi Wakil, mendampingi Kristiawan, Mantan Ketua DPRD Tuban. Dengan demikian diharapkan kebijakan pembangunan Pemerintah Kabupaten Tuban ke depan tetap merupakan episode lanjutan dari program pembangunan saat ini, bukan bab yang terpisah sama sekali dari periode sebelumnya.


Setelah tertunda dua bulan, akhirnya para pengurus
DPC Partai Demokrat Tuban resmi menyatakan mundur dari partai yang dibentuk oleh SBY itu. Surat pengunduran diri yang disampaikan ke DPP Partai Demokrat Selasa siang (23/2), dikirim lewat surat Express kantor Pos Besar Tuban.

Rencana mundurnya para pengurus DPC Partai Demokrat Tuban ini memang sudah dirancang bulan Desember 2010 lalu menyusul pemecatan Ketua DPC Demokrat Tuban, Lilik Suharjanto. Namun karena kesibukan masing-masing pengurus itu, baru sekarang bisa ramai-ramai direalisasikan.

“Sementara ini ada 7 pengurus DPC Demokrat Tuban yang sudah mengajukan pengunduran diri dan dua pengurus PAC,” kata Denny Fahrian, wakil ketua Partai Demokrat Tuban di rumahnya perumahan Tasikmadu Tuban.

Tujuh pengurus tadi masing-masing, Denny Farian (Wakil ketua), Apsiah (wakil bendahara), Kartono (Bendahara), Wiyono (wakil bendahara), Ali Abdul Rahman (Wakil sekretaris Bapilu Demokrat), Suyitno (wakil sekretaris Litbang), Ninik Dayu Ningrum (wakil sek bidang pemberdayaan perempuan). Di samping itu surat pengunduran diri yang juga sudah siap dikirim ke Jakarta adalah Wakil ketua PAC Rengel, Aang Haris dan bendahara PAC Rengel Siti Misruniyatin.

Ditanya mengapa mereka mundur ramai-ramai dari partai Demokrat, Denny yang menjadi jura bicara mengatakan yang paling mendasar adalah managemen konflik yang digunakan oleh oknum partai yang membuat mereka tidak nyaman.

Contohnya ketika menentukan calon bupati Tuban di luar kader Demokrat. DPP dengan semena-mena menunjuk kader lain dan memecat ketua partai di Tuban. Pengurus Demokrat di Jatim dan Jakarta mestinya tahu bahwa Lilik Suhardjono adalah wakil bupati yang punya powewr di daerah, punya massa riil untuk menggaet suara dan juga ketua partai yang berpengaruh di Tuban.

“Kalau setingkat ketua DPC saja dipecat apalagi kami yang kecil-kecil ini pasti dilihat sebelah mata,” kata Denny yang ketika berangkat masuk Demokrat berharap punya karir politik dan punya status yang bagus di masyarakat.

Ketika mereka hendak membela ketuanya misalnya ke DPD Jatim maupun ke DPP Demokrat di Jakarta, tidak ada tempat mengadu. Dominasi oknum tertentu selalu yang menghalangi niat baik daerah, sehingga kesimpulannya kader yang di bawah tidak diperhatikan.

“Jadi kami akhirnya punya sikap lebih baik keluar saja dari Demokrat, dan sementara ini ada yang mendukung cabup Hudanoor dan Muhammad Anwar,” katanya.


Jejaring sosial dunia maya facebook terbukti menjadi sarana efektif untuk kampanye para Calon Bupati-Wakil Bupati (cabub-cawabub). Lewat jejaring sosial ini, para cabub bisa berkomunikasi secara bebas dengan para pendukungnya, bahkan sekaligus bisa mengetahui berapa banyak orang yang tidak menjadi pendukungnya. Tak heran jika menjelang dilaksanakannya pemungutan suara Pemilukada Tuban 2011, 1 Maret depan, jejaring sosial dunia maya ini turut meningkat suhunya.

Menurut Muhammad Mundhir, salah seorang pemerhati IT, fenomena seperti ini seharusnya menggembirakan. Argumennya, pendewasaan demokrasi akan semakin cepat lantaran adanya jejaring sosial seperti facebook tersebut, masyarakat bisa belajar banyak tentang perkembangan dan seluk-beluk politik dan pemerintahan.
Di jejaring sosial ini masyarakat juga menjadi tidak sungkan mengeluarkan semua uneg-unegnya, baik berupa dukungan, kritikan bahkan hujatan sekalipun. “Facebook telah menjadi sarana pendidikan politik paling murah dan efektif,” komentar Mundhir kepada wartawan, Rabo (23/2).

Hanya saja, sambung Mundhir, patut disayangkan apabila kemudian media ini menjadi ajang saling hujat, saling fitnah dan saling menjelekkan, baik antar
Cabub-cawabub maupun antar pendukung masing-masing kandidat. Mundhir menengarai selama masa kampanye Pemilukada 2011, halaman facebook dipenuhi kalimat-kalimat yang seharusnya tidak pantas disampaikan di ruang publik.

Malah ia menemukan banyak hal yang mengarah pada upaya pembunuhan karakter Cabub-Cawabub, para penyelenggara Pemilukada atau pihak-pihak yang diduga terlibat dalam proses pemilukada. “ Hal ini tentu tidak seharusnya terjadi. Kita kan punya etika, punya norma-norma. Apalagi perbuatan menjelekkan nama orang lain di depan publik menurut undang-undang hukum kita termasuk tindakan yang bisa dikenai pasal pidana,” kata Mundhir.

Mundhir berharap pihak berwenang segera melakukan langkah-langkah tertentu untuk mencegah berkembangnya hujat-menghujat lewat facebook tersebut menjadi sebuah aksi saling serang secara fisik dari masing-masing pihak yang merasa bersaing.
Karena tidak menutup kemungkinan berawal dari opini yang dibangun lewat jejaring sosial ini, memunculkan ikatan-ikatan emosional antar pendukung yang berujung pada tindakan saling serang secara fisik.

Kabag Humas Polres Tuban AKP Noersento saat dikonfirmasi mengaku tidak
sepenuhnya meneliti perkembangan facebook selama masa kampanye ini. Menurutnya, apabila memang ditemukan adanya upaya untuk menyerang dengan kata-kata yang tidak menyenangkan dengan tujuan menjatuhkan martabat dan nama baik pihak lain, hal tersebut bisa dikenai sanksi pidana.

“ Ya kalau terbukti bisa saja kita pakai pasal-pasal pidana pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenangkan dalam KUHP. Tapi mekanismenya harus melalui Panwaslukada, karena ini konteksnya kan Pemilukada,” terang Noersento.

Sementara itu Ketua Panitia Pengawas Pemilukada (Panwaslukada) Tuban, M. Minan, SH, saat dihubungi wartawan, mengatakan hal senada. Tetapi ia mengaku sangat kesulitan menentukan subyek atau pelaku pelanggaran tersebut lantaran identitas pengguna facebook tidak bisa dipercaya seratus persen keasliannya.

“Bisa saja pengguna atau orang yang berkomentar itu bukan warga Tuban dan tidak ada kaitannya sama sekali dengan Pemilukada ini. Jadi ya kita mesti harus sangat hati-hati jika ada laporan yang terkait dengan situs jejaring sosial ini,” katanya.


Debat publik antar 6 pasangan calon bupati yang akan disiarkan langsung dari stasiun JTV Surabaya Sabtu 25 Pebruari 2011 sekitar pukul 20.00, akan menjadi ajang yang seru karena para kandidat banyak tahu tentang kelemahan masing-masing.

Acara debat politik ini dipastikan bukan hanya tentang langkah politik yang akan diperdebatkan tetapi juga policy pembangunan yang telah dilaksanakan oleh incumbent.

“Kami perkirakan para kandidat lainnya akan menanyakan hasil pembangunan yang telah dilaksanakan sekarang ini. Selain itu program prioritas maupun visi dan misi juga akan jadi bahan perdebatan,” kata Ketua KPUK Tuban, Soemito Karmani.

Incumbent pasti menjadi sasaran utama dalam debat ini dan ini diakui oleh Tim Sukses pasangan TANI (Kristiawan – Haeny Relawati), Djoko yang mengaku sudah mempersiapkan segala sesuatunya. “Bu Haeny soal pembangunan dan kebijakan yang sudah dilakukan hafal di luar kepala. Jadi kami tidak khawatir,” kata Djoko.

Apa saja materi yang akan dipertanyakan oleh TANI kepada kandidat lainnya nantinya? Djoko memastikan bantuan anggaran Rp 2 miliar per desa dan bantuan pembangunan per dusun Rp 100 juta pertahun akan ditanyakan apa yang menjadi latar belakangnya. “Apakah ini sudah dipertimbangkan dengan kemampuan APBD Tuban,” katanya.

Tim SEHAT sendiri menyebut debat publik ini yang ditunggu-tunggu dan nantinya akan dijelaskan secara detil apa latar belakang dan apa implikasinya.

“Sebenarnya anggaran untuk pengembangan dusun Rp 82 miliar per tahun hanya 8%-nya APBD, jadi ya logis dan ini tidak dipaksa-paksakan,” kata Setiadjit sambil menyebut kesempatan debat ini akan dia tunjukkan logika perhitungannya.

Soemito sendiri melihat debat publik ini memang jadi ajang menguji misi mereka menjelang pemilihan bupati Tuban. Sekaligus menjelaskan atau menunjukkan ke masyarakat, inilah para calon pemimpinnya untuk periode 2011-2016.

Apakah pada kesempatan ini nantinya incumbent akan ‘dikeroyok’ oleh 5 calon lainnya, Soemito menyebut mekanismenya sudah diatur dan disepakati oleh 6 kandidat. Misalnya berbicara bergantian dan pada gilirannya kandidat lainnya yang bertanya dan itu pun dibatasi waktunya.


Pasangan calon bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup) H. Fathul Huda dan Noor Nahar Hussain (HUDANOOR) jika nanti terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Tuban dalam menjalankan roda pemerintahannya bakal mengembangkan empat pilar yang bermuara pada kesejahteraan, kedamaian, mapan dalam urusan ekonomi dan sehat jasmani dan rohani.

Menurut cabup HUDANOOR, Fathul Huda, empat pilar kepemimimpinan yang bakal memberikan landasan pemerintahannya itu meliputi, pilar tasamukh, twassuth, tawazun dan i’tidal.

Tasamukh atau toleransi merupakan pilar kepemimpinan yang harus dikembangkan. Dengan tasamukh akan memunculkan kebersamaan. “Kita hidup di alam kemajemukan harus memiliki toleransi terhadap lintas agama, etnis, golongan maupun lintas partai,” tegas Fathul Huda dalam sebuah pembicaraan.

Dengan tasamukh akan memunculkan kehidupan penuh damai. Kedamaian itu merupakan sumber untuk berbuat lebih produktif. Sebab, jika hati ini tidak damai maka tidak ada keseimbangan antara otak kanan dan kiri. Akibatnya, apa pun pekerjaan yang dilakan tidak bisa maksimal hasilnya. “Ya karena, ada konflik batin itu,” tandas Fathul Huda.

Pilar kedua, yakni, tawassuth atau moderat. Dalam menjalankan roda pemerintahan nantinya, tidak akan dilakukan dengan cara-cara ekstrim dan tidak terlalu lunak. Tidak akan memaksakan kehendak apalagi memaksa bawahan dengan kekuasaannya untuk melakukan hal-hal yang tidak sesuai aturan. “Sebagai pimpinan harus menghargai bawahan, sehingga bawahan akan menghormati atasan,” tutur Fathul Huda.

Hubungan antara bawahan dan atasan merupakan hubungan keharmonisan. Ketaatan bawahan kepada atasan bukan dilandasi rasa ketakutan, tapi, kebenaran. Jika itu semua terjadi secara tidak langsung menghilangkan sekat antara atasan dan bawahan. “Atasan harus menghargai bawahan dan bawahan menghormati atasannya. Ini baru harmonis, tidak ada rasa takut tertekan dalam menjalankan tugas,” papar tokoh kelahiran Desa Talun, Kecamatan Montong itu.

Selanjutnya, pilar ketiga adalah tawazun atau koordinasi. Dalam menjalankan roda pemerintahannya akan selalu melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Budaya ‘dumeh kuasa’ tidak akan dilakukan. Sebelum mengambil keputusan, instansi lain harus diajak berbicara. Sehingga, keputusan itu bisa diterima semua pihak dan jika ada resiko merupakan resiko bersama. “Kalau ada masalah pasti semua akan memberikan saran solusinya,” tandasnya.

Prinsip keempat adalah i’tidak atau keadilan. Pemerintah atau pimpinan harus mampu memberikan rasa keadilan kepada semua orang yang mejadi tanggungjawabnya. Dengan adanya keadilan akan menumbuhkan suasana kerja yang kondusif, tidak ada monopoli. Atasan memiliki tanggungjawab sendiri, begitu juga staf masing-masing memiliki tanggungjawab sendiri. Tanggungjawab ini harus dibagi dan dijalankan dengan penuh rasa keadilan. “Kalau sudah begini tidak ada rasa iri hati, semua dilakukan dengan penuh tanggungjawab,” imbuhnya.


Partai Golkar Jawa Timur akan mendukung siapapun nanti yang akan menjadi bupati Tuban periode 2011-2016. Proses pencalonan, sosialisasi sampai pada kampanye sudah dilalui, dan kini sedang ditunggu siapa yang akan menang dalam Pemilukada 1 Maret 2011 nanti.

Hal ini ditegaskan Ketua DPD Golkar Jatim, Martono menjelang diadakannya Pemilukada yang terakhir tahun ini di Jawa Timur. “Bagi kami calon bupati Tuban yang direkomendasi DPP Golkar adalah Kristiawan dan Haeny Relawati. Dan ini harus diamankan karena ini amanat partai,” kata Martono kepada wartawan.

Martono mengakui bahwa ketika pencalonan ia tidak sependapat dengan pencalonan Haeny Relawati (Bupati Tuban sekarang ini) karena alasan politis dan penolakan dari bawah. “Saya memang menentang pencalonan Haeny karena sudah menjabat dua kali sehingga perlu kader lain yang diberi kesempatan,” katanya tegas.

Namun dalam perjalanan proses pencalonan DPP menunjuk Haeny maka ia sebagai ketua DPD Golkar Jatim harus tunduk dengan amanah itu . “Kami harus mendukung dengan keputusan tadi. Apapun, Kristiawan dan Haeny adalah kader Golkar terbaik,” tambahnya.

“Tetapi bila ternyata yang menjadi bupati adalah Fathul Huda, maka saya, Golkar akan mendukung sebagaimana kebijakan partai terhadap siapapun yang menjadi kepala daerah. Termasuk bila nanti yang jadi bupati Tuban, Setiadjit, maka kami akan mendukung juga,” katanya diplomatis.

Martono menyebut dirinya secara pribadi tidak mengenal siapa Fathul Huda dan Noor Nahar. Dirinya bertemu pasangan calon tersebut baru sekali pada acara Harlah NU di Surabaya Hotel (dulu Hyatt) beberapa hari yang lalu sehingga tidak bisa diartikan bahwa dirinya dekat apalagi sampai ada deal-deal politik.

Demikian halnya pasangan HUDANOOR juga belum kenal siapa Martono, ketua Golkar Jatim itu. “Sudahlah biar waktu yang menjawabnya dan Pemilukada di Tuban bisa berjalan lancar dan aman,” tambah mantan Ketua KNPI Jatim ini berharap


Setiadjit, calon Bupati Tuban dari pasangan SEHAT, tetap optimis bisa memenangkan Pemilukada Tuban dalam satu kali putaran. Hal ini didasarkan surve yang dilakukan dari hasil sosialisasi terus menerus ke desa dan dusun dan menunjukkan dukungan yang meningkat.

“Kampanye dan kontrak politik ke desa dan dusun-dusun minggu ini yang terakhir ada di kecamatan Palang. Daerah ini memang kami garap paling akhir termasuk kontrak politik Rp 100 juta per dusun per tahun,” kata Setiadjit.

Bagi SEHAT, kampanye hura-hura atau pengerahan massal memang dihindari, apalagi dengan biaya yang besar. “Yang penting kampanye kami kecil tapi efektif dan dengan cara ini kami lebih mantap dalam mendulang suara riil,” kata Setiadjit yang beberapa hari lalu dikunjungi oleh salah satu tokoh NU Tuban yang menyatakan mendukung pasangan SEHAT.

Diakui di beberapa kecamatan, SEHAT hanya nomor dua atau tiga, tetapi di 13 kecamatan mereka unggul dan ini dibuktikan dengan beberapa sampling ambil acak suara pemilih dan ternyata berada di urutan pertama.

Ditanya kecamatan mana saja SEHAT leading, Setiadjit menunjuk beberapa kecamatan namun minta agar jangan disebut karena ini hasil rintisan sosialisasi yang dilakukannya setahun lebih di desa-desa binaan.

Di Widang dan Semanding, demikian halnya di kota suaranya memadai dengan perjuangan selama ini. “Mudah-mudahan kami bisa mengurangi Golput di sini dan larinya ke SEHAT,” kata mantan Pembantu Gubernur di Bojonegoro ini optimistis.

Bagaimana dengan Soko dan Rengel yang pemilihnya cukup fanatik ke pasangan lainnya, Setiadjit dalam sosialisasi bulan lalu menyebut cukup menggembirakan sambutannya terhadap calon dari Partai Demokrat, PAN, PKS, dan PKNU ini.

“Yang penting kendati kami hadir di tengah-tengah masyarakat tanpa uang atau janji-janji materi, tapi kami sudah bertekad bisa memenangkan di 16 kecamatan. “Syukur-syukur berada di nomor 2 atau 3 di 4 kecamatan lainnya itu,” tambahnya


Memasuki hari tenang, Calon Bupati Setiadjit memilih memanfaatkan waktunya untuk berkunjung ke rumah sejumlah keluarganya. Seperti di Kecamatan Meraurak, Kecamatan Kota dan sebagainya. Tak lain, tujuannya adalah bersilaturrahmi dan memohon doa restu kepada para sesepuh, tokoh masyarakat dan semua keluarga besarnya.

“Di hari tenang ini, saya sengaja bersilaturrahmi ke rumah orangtua dan sejumlah keluarga untuk bersilaturrahmi dan memohon doa restu dalam pelaksanaan Pemilukada (Pemilihan Umum Kepala Daerah) Tuban 2011,” kata Setiadjit di sela berkunjung ke salah satu keluarganya di Kelurahan Latjari, Kecamatan Kota, Tuban, Sabtu (26/2/2011) siang.

Ditanya tentang kesibukannya setelah masa kampanye berahir, bapak dua anak ini hanya menyatakan bahwa dirinya dan tim tinggal menunggu hasil dalam pencoblosan yang dilaksanakan tanggal 1 Maret nanti. “Semoga, masyarakat Tuban menggunakan hak pilihnya dan memilih calon yang sesuai dengan hati nuraninya masing-masing,” harapnya.

Pihaknya berpesan, semua masyarakat harus cerdas dalam menentukan pilihannya. Yakni, memilih calon yang berpengalaman, cerdas dan memiliki program yang jelas. Bukan memilih calon yang hanya mengumbar janji saja.

“Dan yang terpenting, jangan sampai memilih berdasarkan money politic. Kalau ada yang member, silahkan diterima saja, tapi pilihan tetap pada calon yang benar-benar berkualitas,” sambung Setiadjit.

Selain itu, pihanya juga berharap agar semua pihak bisa ikut menjaga proses Pemilukada 2011 ini supaya tertib, aman dan lancar. Termasuk kepada penyelenggara Pemilukada supaya bertindak sebagaimana ketentuan yang berlaku tanpa memihak salah satu calon, dan kepada semua lapisan masyarakat supaya bisa menjaga diri agar peristiwa memilukan 2006 silam tida sampai terulang lagi.

Terkait hasil dalam Pemilukada nanti, pihaknya sangat optimis bisa memenangkan Pemilukada 2011 dalam satu putaran. Sayangnya, tidak disebutkan berapa persen estimasi suara yang bakal diraihnya. “Selama ini, kami telah berusaha dengan maksimal. Dan kami yakin, bisa mendapat suara terbanyak dan memenangkan Pemilukada ini dalam satu putaran,” imbuh Cabup asal Desa Purworejo, Kecamatan Jenu ini





Rumah hantu yang terletak di Jepang ini telah diakui oleh Guiness Book of Record sebagai rumah hantu terbesar dan paling menakutkan di dunia.

Bangunan tua ini diubah menjadi rumah hantu dalam bentuk rumah sakit. Berbeda dengan rumah hantu yang lainnya, rumah hantu ini tidak memiliki path atau direction yang sudah ditentukan. Para tamu diharuskan berjalan sendiri. Di dalam rumah hantu juga terdapat banyak pintu/jendela yang harus dibuka manual oleh para tamu. Selain penataan interior yang mengerikan, rumah hantu ini juga dipenuhi oleh para pekerja yang berdandan ngeri layaknya hantu sebenarnya.

Tamu bisa memasuki rumah hantu ini dalam kelompok yang berisikan 2 atau 3 orang. Tidak hanya terlihat nyata, rumah hantu ini juga mempunya bau menusuk untuk menggugah indera penciuman para tamu. Bangunan rumah hantu ini panjangnya 700m.

Apabila tamu tidak nyasar, diperlukan kurang lebih 50 menit untuk berhasil keluar dari bangunan. Tentunya, para pekerja juga selalu siap siaga untuk membantu tamu keluar dari bangunan.

Rumah hantu ini penuh dengan lika-liku jalanan kecil dimana para tamu biasanya tersasar. Audio juga dipasang full volume yang merupakan suara teriakan, suara langkah kaki de el el. Karena terlalu menakutkan, banyak tamu perempuan yang terluka karena jatuh / genggaman tangan yang terlalu kuat. Demikian pula tamu lelaki.

Sejarah Rumah Sakit

Rumah sakit yang terletak dibawah kaki Gunung Fuji ini dahulu pernah menjadi rumah sakit yang sangat populer. Akan tetapi, akan tindakan beberapa dokter yang lebih mementingkan uang, rumah sakit ini ditutup setelah beberapa waktu. Niscaya, dokter2 tersebut sempat mengoperasi dan mengambil organ2 tubuh pasiennya untuk dijual. Pasien yang meninggal hanya dikubur dalam satu lobang yang sangat tidak layak. Dipercayakan tempat ini memang berhantu. Ada tamu yang pernah melihat roh hantu suster yang membawa kepala manusia di tangannya.


Angelina Sondakh mengaku tak memiliki firasat apapun ketika ditinggal pergi untuk selama-lamanya oleh sang suami, Adjie Massaid. Menurutnya, suaminya adalah sosok orang yang baik dan jarang marah. Bahkan, dirinya kerap mendapatkan kebahagiaan ketika memutuskan untuk menikah dengan almarhum.
"Kalau firasat nggak ada yah. Suami saya jarang marah, jarang komplain. Dia juga bilang, 'Kamu janji ya jangan tinggalin saya dan saya ada rejeki kamu pakai untuk belanja bulanan. Setiap dari luar kota dia selalu kasih saya hadiah. Dia kasih saya mobil dan dia sudah pesan plat nomor. Plat nomornya B 2 AJI dan dia minta saya nyetir sendiri," ujar Angie ditemui saat mendatangi kantornya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (18/2).
"Aku tanya apa arti B 2 AJI. Dia bilang, 'Artinya berdua Aji, jadi Kalau kamu bawa mobil, kamu sama saya terus dan kamu bawa terus. Mas Adjie berikan ke saya luar biasa. Dia belikan kotak perhiasan, belikan saya perhiasan. Dia memanjakan saya luar biasa dan tidak ada firasat apa-apa. Saya sungguh kagum sama Mas Adjie dia selalu berikan kenangan yang indah," tambahnya.
Angie pun berkesan dengan kenangan ketika makan malam bersama suaminya itu. Saat makan malam, Angie mengaku kakinya selalu saja disentuh oleh Adjie. "Saat dinner pun dia selalu menyentuhkan kakinya ke saya, tidur pun maunya dia berdua dan hal-hal seperti itu saya tidak mau kehilangan hal itu," ujarnya.
Kini, Angie hanya memiliki anak-anaknya peninggalan dari Adjie. Dirinya pun mengaku akan mempersiapkan untuk membesarkan anak-anaknya.
"Anak-anak masih kecil, mereka harus dipersiapkan dengan baik, anak-anak harus dibekali semuanya dan itu yang diingginkan mas Adjie, anak-anak jadi kekuatan bagi saya dan saya yakin mas Adjie bisa membantu saya," pungkasnya.


Hingga kini artis Krisdayanti belum menyampaikan kepastian waktu pernikahannya dengan Raul Lemos. Saat ditanya kemungkinan pernikahannya tepat pada ulang tahunnya ke-36 pada 24 Maret mendatang, mantan istri Anang Hermansyah itu kaget dan menolak memberikan penjelasan.
"Eh ulang tahun!? Nggak tahu ya, tunggu saja," ungkap Krisdayanti tersenyum berusaha menyembunyikan, saat ditemui di acara Dahsyat, di Studio RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (17/02/2011).
Kini KD, demikian biasa dipanggil, mengaku tengah mempersiapkan pernikahan, terutama hal-hal yang bersifat batiniah. Namun ibu dua anak itu menolak mengungkapkan prosentase persiapan pernikahannya.
"Kita ya nggak ngomongin prosentase, karena punya kekuatan cinta yang bisa mempersiapkan pernikahan kita," ungkapnya dengan bahasa yang romantis.
KD juga menolak menjawab saat diklarifikasi tentang foto pre-wed di Batavia Cafe belum lama ini. Dia sambil berjalan berusaha mengalihkan pembicaraan.
"Udah yah temen-temen. Rencana kan direncanakan sebaik mungkin pokoknya, kita manusia cuma bisa berharap dan berdoa," ungkapnya.
Saat kembali didesak soal prosentase persiapan pernikahannya, Krisdayanti tetap menolak memberikan jawaban. Karena memang suaminya yang kini sedang mempersiapkan segala kebutuhan.
"Tidak mau diprosentasekan, karena kita ya cuma bisa berharap dan berdoa, kalau kita sudah mempresentasikan 100% sebenarnya tidak. Nanti kecewa kan," pungkasnya.


Krisdayanti ikut datang ke studio Dahsyat untuk memberikan kejutan ulang tahun pada Raffi Ahmad. "Ya ini Raffi kan sudah nggak kayak anak-anak lagi, usianya sudah 24 tahun, ke depan mudah-mudahan dia semakin bertambah dewasa. Selalu menjadi contoh buat anak-anak muda," ujar KD.
KD juga berharap Raffi sudah bisa membuka hati dan pikirannya untuk menikahi kakaknya, Yuni Shara yang sudah dipacari Raffi sejak lama. "Saya sendiri lihat Raffinya serius cuma masih banyak yang meragukan. Kami kan belum tahu apakah Raffi dan Yuni akan ke jenjang pernikahan, karena jodoh dan maut sudah ada yang atur. Saya sebagai adik hanya bisa mendoakan," papar KD menambahkan


Ahmad Dhani, dikenal sebagai pentolan grup Dewa 19, pencipta lagu dan juga sebagai produser rekaman. Sosok sebagai musisi dikenal penuh kontroversial dan sensasi, baik dalam syair lagunya maupun tingkah polah kehidupan sehari-harinya.

Meskipun seringkali menggunakan nama Ahmad Dhani atau Dhani Manaf namun nama asli Dhani adalah Dhani Ahmad Prasetyo.

Saat SMP, Dhani suka bolos demi bisa memainkan alat musik di rumah temannya.

Dhani mendirikan Dewa pada 1986 ketika dirinya masih sekolah di SMPN 6 Surabaya

Dhani pernah menjuarai Festival Jazz Remaja se-Jawa Timur, juara I Festival band SLTA 90 dan juara II Djarum Super Fiesta Musik bersama grup bandnya, Downbeat, yang beraliran jazz.

Dhani hijrah ke Jakarta pada 1991.

Dhani memiliki banyak band. Selain Dewa19, Dhani juga merupakan pentolan Ahmad Band, The Rock, T.R.I.A.D, dan Muhammad Dhani & The Swinger.

Panggilan akrab Dhani adalah Si Jenggot.

Dhani menikah dengan Maia Estianty pada 1994 setelah menjalin cinta sejak SMA.

Dhani mendapatkan tiga anak dari pernikahannya dengan Maia dan ketiganya diberi nama sesuai dengan tokoh-tokoh sufi yang dikaguminya.

Dhani jadi duda pada 23 September 2008. Gosip yang mengiringi perceraian ini adalah kedekatan Dhani dengan Mulan Jameela, rekan duet Maia dalam grup Ratu.

Dhani sempat menuai protes dari kelompok Islam garis keras karena menggunakan logo yang dianggap melecehkan Tuhan. Dhani pun akhirnya bersedia melakukan perubahan pada logo tersebut.

Dhani juga pernah berseteru dengan penulis Yudhistira ANM Massardi karena dianggap menjiplak judul ARJUNA MENCARI CINTA yang digunakan untuk judul salah satu lagu Dewa19.

Selain sebagai musisi kawakan, Dhani pun menjadi manajer top dengan memiliki bendera Republik Cinta Management.

Dhani pernah dilaporkan oleh Roy Suryo terkait dengan penggunaan bendera merah putih pada video klip Dewa19. Namun kasus ini pun menguap.

Bulan Februari 2009, nama Dhani menjadi amat populer di dunia maya. Namanya dan nama Mulan Jameela menjadi dua nama yang paling banyak dicari di internet.
M
enjelang Pemilu 2009, nama Dhani sempat disebut-sebut sebagai calon presiden lewat PKB. Namun Dhani lebih memilih karir di musik.

Bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-37, Dhani digaet oleh produk asal Inggris, Lee Cooper, untuk mengeluarkan t-shirt khusus bertajuk Lee Cooper – Ahmad Dhani Collaboration.

Awal Juni 2009, lagi-lagi Dhani berurusan dengan hukum. Rumah milik Dhani di Pondok Indah dikabarkan akan disegel Pemkot DKI karena dianggap menyalahi tata kota.

Gosip hubungan Dhani dan Mulan semakin santer berhembus sampai pada Agustus 2009 Dhani dikabarkan sudah punya istri baru. Namun sampai saat ini kabar ini tak terbukti.

Awal tahun 2010, Dhani kembali jadi sorotan karena membuka lowongan pekerjaan untuk menjadi babysitter Al, El, dan Dul. Lowongan itu ditaruh di iklan sebuah harian ternama

Jakarta: Berada di tengah-tengah derasnya arus globalisasi, Indonesia sebagai bangsa yang besar harus memiliki persiapan matang dalam menghadapi tantangan tersebut. Menurut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, ada tiga isu global yang sangat penting yang perlu diperhatikan.

Yang pertama adalah pemerintah harus memperhatikan persoalan korupsi. Sebab masalah korupsi hingga kini cukup mengakar di setiap elemen masyarakat. Hal itu diutarakan Jimly usai menghadiri diskusi kebangsaan bertema "Mencari Akar Permasalahan Bangsa" di LIPI, Jakarta, Sabtu (19/2).

Lalu kedua, Jimly menyoroti masalah pelanggaran hak asasi manusia atau HAM. Karena menurut penasihat Komnas HAM banyak persoalan pelanggaran HAM yang terjadi di masa lalu dan belum terselesaikan. "Yang ketiga adalah masalah lingkungan hidup. Kalau sekarang lingkungan hidup kan gak ada (perhatian khusus). Padahal di seluruh dunia gak ada yang gak bicara soal lingkungan hidup. Jadi ini yang penting."

Tiga isu global itu yang menurut Jimly sangat penting untuk diperhatikan bangsa saat ini dan ke depan. "Sehingga memerlukan sistem penegakan hukum kita bukan instrumen pendukung terhadap proses penuntutan," tegasnya.

Jakarta: Ketua Partai Bintang Reformasi Bursah Zarnubi mengatakan, peleburan partai ke dalam tubuh Partai Gerakan Indonesia Raya sudah melalui pertimbangan matang. "Kita melihat kekuatan alternatif dari Gerindra," singgung Bursah usai menghadiri diskusi kebangsaan bertema "Mencari Akar Persoalan Bangsa" di kantor LIPI, Jakarta Selatan, Sabtu (19/2) sore.

Menurut mantan aktivis mahasiswa 80-an ini, saat ini ia melihat adanya kenyataan Gerindra merupakan kekuatan politik yang sungguh-sungguh pro rakyat. "Itu sejalan dengan kita," ujar Bursah. Bekas aktivis PIJAR ini juga menerangkan, Gerindra mempunyai sosok yang kuat dan usaha nyata dalam membangun sistem ekonomi kerakyatan. "Ada Prabowo, dan menganut ekonomi kerakyatan."

Sedangkan partai lain, lanjut Bursah, mungkin menyuarakan ekonomi kerakyatan, tapi belum tentu mempunyai konsep implementasi. "Kalau sekadar bersuara semuanya bisa," imbuhnya. Ia meyakini jejak PBR akan diikuti partai-partai lain. "Saya kira akan banyak partai-partai akan menggabungkan diri ke Gerindra," jelas Bursah.

Namun, ia tak bisa memastikan peleburan akan menghasilkan porsi kekuasaan bagi PBR. "Itu terserah nantilah," pungkas Bursah. Sebelumnya, kedua pimpinan partai mengadakan pertemuan. Mereka menandatangani nota kesepahaman terkait peleburan, Prabowo Subianto selaku Dewan Pembina Gerindra turut hadir

Milan: Inter Milan mendekatkan jarak dengan AC Milan di puncak klasemen. Akan tetapi, Inter mendapatkan perlawanan berat untuk bisa mengalahkan Cagliari 1-0 di Stadio Giuseppe Meazza, Sabtu (19/2) malam waktu setempat atau Ahad dini hari WIB.

Gol tunggal kemenangan La Beneamata kental berbau keberuntungan. Gol bunuh diri dari Michele Canini terjadi ketika bola umpan Houssine Kharja menerpa dirinya sebelum nyelonong masuk ke gawang di menit ketujuh. Namun setelah itu Cagilari jadi sangat trengginas.

Hampir di sepanjang laga Cagliari lebih mampu mengendalikan permainan. Sejumlah peluang dimiliki Isolani namun sampai pertandingan usai mereka harus meninggalkan Milan dengan tangan hampa.

Kemenangan ini untuk sementara mengangkat Inter ke posisi dua dengan perolehan 50 poin atau hanya terpaut dua poin dari Milan dan unggul satu poin tepat di atas Napoli yang masih memiliki satu pertandingan di tangan.

Susunan pemain:

Inter: Julio Cesar; Maicon (kk), Ranocchia, Cordoba, Nagatomo; Zanetti, Thiago Motta (Cambiasso 72); Pandev, Kharja (Mariga 78 (kk)), Etoo (Stankovic 61); Pazzini.

Cagliari: Agazzi; Pisano, Astori, Canini, Agostini; Biondini, Conti, Lazzari; Cossu (kk) (Nainggolan 69); Nene, Acquafresca (Ragatzu 64)


Juara bertahan Piala FA Chelsea secara dramatis tersingkir dari turnamen Piala FA setelah kalah dalam sebuah drama adu penalti 3-4 melawan Everton pada putaran keempat turnamen itu Sabtu.

Chelsea sepertinya akan dapat melaju ke putaran kelima Piala FA ketika pemain tengahnya Frank Lampard berhasil mencetak gol pada menit ke-104 babak perpanjangan waktu pertama di stadion Stamford Bridge.

Tetapi sebuah tendangan bebas melengkung Leighton Baines pada menit ke 119 babak perpanjangan waktu berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 sehingga penentuan pemenang harus dilakukan melalui adu penalti.

Bahkan dalam adu penalti Chelsea sempat unggul terlebih dahulu ketika Lampard dan Didier Drogba berhasil menyarangkan bola mereka masing-masing, sementara di pihak Everton Baines gagal menjadi algojo yang baik sehingga Chelsea sempat unggul 2-0.

Phil Jagielka memberi asa bagi Everton dengan penaltinya yang bersih memasuki jala Peter Chech, sementara sebelumnya Nicolas Anelka gagal menyarangkan bolanya setelah sempat ditepis oleh Tim Howard.

Mikel Arteta kemudian mencetak gol untuk Everton untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2, dan ketika Ashley Cole yang mendapat giliran sebagai pemain kelima Chelsea dalam adu penalti itu tidak berhasil menyarangkan bolanya karena bola tendangannya meleset jauh dari gawang Tim Howard.

Penentuan nasib Everton dan Chelsea pun kemudian berada di kaki kapten Everton Phil Neville.

Phil Neville akhirnya berhasil menyarangkan bolanya ke gawang Peter Chech sehingga membuat Everton mendapat kenangan manis karena keberhasilan mereka menaklukkan juara bertahan Chelsea dengan skor akhir 4-3.

Selanjutnya lawan yang akan dihadapai Everton pada putaran berikutnya adalah Reading.

Kekalahan itu membuat peluang Chelsea untuk menjuarai salah satu turnamen domestik pada musim ini menjadi tak menentu.

Saat ini di kompetisi Liga Utama Inggris, Chelsea tertinggal 12 poin dari pemuncak klasemen sementara, Manchester United, dan satu-satunya kesempatan mereka yang paling realistis untuk menjadi yang terbaik adalah di kancah Liga Champion.

Madrid: Pelatih Real Madrid Jose Mourinho merayakan rekor sembilan tahun tim asuhannya tanpa terkalahkan di kandang usai Los Merengues membungkam Levante 2-0 (2-0) di Santiago Bernabeu, Sabtu (19/2) malam waktu setempat. Gol-gol Madrid dijaringkan Karim Benzema dan Ricardo Carvalho.

Madrid hanya membutuhkan enam menit untuk memimpin. Serangan yang dikreasi apik Angel Di Maria dengan melewati tiga pemain Levante sebelum mengirim umpan matang guna diselesaikan Benzema. Madrid menunggu hingga menit ke-41 untuk menggandakan keunggulan. Tembakan bebas melengkung Cristiano Ronaldo dimanfaatkan dengan baik Ricardo Carvalho yang berdiri bebas di depan gawang .

Di babak kedua Madrid gagal menambah keunggulan meski secara umum menguasai jalannya pertandingan. Kiper Levante Gustavo Munua bermain gemilang. Beberapa kali dia mengamankan serbuan dari Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan hingga skor berakhir tetap 2-0.

Dengan begitu Madrid memperpendek selisih dengan Barcelona di puncak klasemen sementara La Liga. Bermain 24 kali, Madrid mengoleksi 60 poin dan hanya terpaut dua poin dari Barcelona. Hasil ini juga menjadi kado spesial bagi Jose Mourinho setelah tim yang ditukanginya tidak pernah terkalahkan di kandang dalam laga lanjutan liga domestik selama sembilan tahun

Timika: Warga Timika, Papua, marah. Mereka memblokir jalan masuk menuju Kompleks PT Indo Papua, perusahaan penyedia bahan bangunan jalan, baru-baru ini. Akibatnya, perusahan lumpuh dan tak bisa berproduksi.

Pemblokiran dilakukan karena warga kesal. Dengan mengatasnamakan keluarga Pinimet, mereka mengklaim sebagai pemilik hak atas galian C di Distrik Agimuga yang dikelola perusahaan tersebut.

Warga menuntut PT Indo Papua secepatnya memberi ganti rugi atas kerusakan lahan milik keluarga Pinimet sebesar Rp 1,2 miliar. Bila perusahaan tak memenuhi tuntutan, warga akan menyita aset PT Indo Papua.

Menurut warga, perusahaan pernah berjanji membayar ganti rugi pada 2009. Namun sampai kini belum juga ditepati. Sejauh ini manajemen PT Indo Papua belum bersedia memberikan tanggapan atas aksi warga tersebu

Salah satu parameter paling jujur untuk mengukur kualitas film adalah respon dari penonton, apakah mereka menyukai film tersebut atau tidak. Demikian, film hollywood masih tetap disukai saat ini, hal ini terungkap dari obrolan malam tentang alasan kenapa film hollywood tidak boleh distop yang diungkap oleh tweeps @KapanLagicom.
Berikut sedikit ekspresi yang terekam, di mana kebanyakan dari mereka membuat perbandingan antara film Hollywood dan film Indonesia yang didominasi film Horor yang mengandalkan keseksian pemainnya serta ceritanya monoton.
@erleebanu
#filmAsing pastinya lbh berbobot! Ceritanya lbh bagus,, dan pastinya aktor n aktrisnya lbh oke! Klo ga ada itu mau ntn apa?
@hpilyeverafter
Kalo Film2 Indo skrg bisa ngejawab kebutuhan para pecinta film saat ini, baru deh. . @KapanLagicom #FilmAsing #KLC
@irdeQ
#FILMasing mmpunyai nilai seni perfilman yg bgs, ceritanya menarik, dan flimnya ngk kyk indonesia yg jalan ceritanya itu2 saja
@davinrusady
kalo indonesia bisa bikin film kualitas hollywood sih oke. Tapi sekarang? Masa nonton film jambak-jambakan mulu
@jeffreysloppies
nonton wayang aja RT @KapanLagicom http://kplg.co/6jP1 Bye-Bye #FilmAsing
@ipudka
Yah gak mungkin dong kita dipaksa nonton film endonesia yg sebagian semi telanjang itu #FilmAsing

Solo: Siapa sangka biji nangka bisa dijadikan susu Sebab, selama ini umumnya orang hanya memakan buah nangka dan membuang bijinya. Namun, di tangan dua warga Solo, yakni Agatha Retno Palupi dan Siti Rusminah, biji nangka ternyata bisa diolah menjadi minuman bergizi.

Minuman yang dibuat Agatha dan Siti adalah susu kedelai. Itu mereka ketahui setelah melakukan sejumlah riset. Cara membuatnya juga sederhana. Pertama biji nangka direndam selama 12 jam hingga kulitnya terkelupas.

Lalu biji nangka direbus hingga empuk, diblender, dan disaring. Air sarinya ditambah gula atau penambah rasa lain sesuai selera. Setelah matang baru susu biji nangka siap disajikan, baik hangat maupun dingin.

Harga biji nangka relatif murah, yakni sekitar Rp 2.000 setiap kilogram. Berdasarkan uji laboratorium, kandungan kalsium susu biji nangka lebih tinggi daripada susu kedelai. Sementara kadar lemaknya justru lebih rendah. Selain itu, ampas saringan biji nangka juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuat kue. Tertarik mencoba di rumah


Dalam upaya menyediakan ragam layanan mobile internet berkualitas dengan harga yang semakin terjangkau, Telkomsel menghadirkan 3 paket unlimited harian terlengkap, yakni Paket Unlimited TELKOMSELFlash, Paket Facebook & Chat, dan Paket BlackBerry Unlimited. Pelanggan bisa menikmati serunya berinternet tanpa batas yang didukung jaringan terluas berkualitas dengan kecepatan akses tinggi dan koneksi yang stabil melalui lebih dari 36.000 BTS di seluruh Indonesia.

Paket Unlimited TELKOMSELFlash merupakan varian terbaru paket unlimited harian. Pelanggan dapat mengakses internet berkecepatan tinggi TELKOMSELFlash untuk chatting, social networking, email, browsing, dan downloading tanpa batas hanya dengan Rp 5.000 perhari. Paket ini berlaku bagi pelanggan simPATI, Kartu As, dan Flash Unlimited.

Paket Unlimited TELKOMSELFlash Rp 5.000 perhari ini bisa dinikmati pelanggan yang ingin berinternet menggunakan ponsel maupun modem yang dihubungkan dengan komputer atau laptop. Untuk registrasi paket, pelanggan cukup akses *363#, yang merupakan single menu browser untuk seluruh paket layanan data Telkomsel, lalu pilih Rp 5.000 Flash Unlimited pada menu Unlimited Harian.

Pelanggan yang hobi meng-update status di Facebook dan chit-chat seru bisa memperoleh Paket Facebook & Chat menggunakan mig33, Nimbuzz, dan eBuddy hanya dengan Rp 1.000 perhari. Sementara pelanggan yang ingin menikmati unlimited layanan pushmail, chatting, browsing, dan social networking di BlackBerry-nya, tersedia Paket BlackBerry Unlimited harian seharga Rp 5.000 perhari.

Paket Unlimited Harian: GM VAS & Device Customization Telkomsel Jajang Munajat (kanan) dan Manager Broadband & Data Business Management Arief Pradetya memperkenalkan 3 paket unlimited harian terlengkap, yakni Paket Unlimited TELKOMSELFlash, Paket Facebook & Chat, dan Paket BlackBerry Unlimited (3/11). Pelanggan Telkomsel bisa menikmati serunya berinternet tanpa batas yang didukung jaringan terluas berkualitas dengan kecepatan akses tinggi dan koneksi yang stabil, cukup dengan mengakses *363#.





Menurut VP Product Marketing Telkomsel Lindayanti Harjono, "Sebagai operator selular yang berkomitmen menghadirkan layanan internet berkualitas yang semakin terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia, kami menyediakan berbagai pilihan paket unlimited harian dengan harga yang sangat murah. Paket-paket ini dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan penggunaan layanan data yang sifatnya insidental, di mana pelanggan belum memiliki kebutuhan untuk mengakses internet setiap harinya."

Sebagai mitra resmi Apple di Indonesia, kini Telkomsel juga telah menyediakan paket perdana Flash Unlimited untuk iPad dengan harga Rp 75.000. Paket perdana micro simcard yang didesain khusus untuk komputer tablet buatan Apple ini berisi pulsa senilai Rp 75.000 dan bonus internet sebesar 5 MB, di mana pelanggan dapat menikmati Paket Flash Unlimited seharga Rp 75.000 dengan kecepatan akses hingga 1 Mbps yang dirancang sesuai kebutuhan iPad.

Untuk memudahkan pelanggan dalam memonitor sekaligus mengontrol jumlah pemakaian TELKOMSELFlash-nya, tersedia layanan info real time penggunaan Flash Unlimited melalui SMS bebas biaya. Pelanggan cukup kirim SMS, ketik UL INFO, lalu kirim ke 3636.

Seiring penggelaran jaringan HSDPA/HSPA+ untuk layanan mobile broadband di 25 kota, Telkomsel telah meningkatkan kapasitas bandwidth untuk international internet gateway menjadi 9 Gbps. Kenyamanan pelanggan Telkomsel dalam memaksimalkan kecepatan TELKOMSELFlash juga didukung lebih dari 7.000 Node B (BTS 3G) yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dari Sumatera hingga wilayah Indonesia Timur.

Indocomtech 2010

Pada pameran komputer dan IT Indocomtech 2010 yang berlangsung pada tanggal 3-7 November 2010 di Jakarta Convention Center dan Celebes Convention Center Makassar, Telkomsel menyediakan beragam paket bundling mobile lifestyle dengan harga terjangkau, antara lain: BlackBerry, iPhone 3GS, dan Modem Google Chrome. Tersedia pula paket perdana Flash Unlimited dan paket perdana Flash Unlimited untuk iPad.

Paket BlackBerry Curve 3G Telkomsel dijual dengan harga Rp 3.299.000. Nikmati tarif super hemat untuk Paket BlackBerry Lifestyle seharga Rp 40.000 per bulan atau Paket BlackBerry Unlimited seharga Rp 70.000 per bulan pada bulan kedua, ketiga, dan keempat setelah berlangganan paket yang sama di bulan pertama dan melakukan isi ulang pulsa minimal Rp 100.000 setiap bulannya.

Masyarakat juga bisa mendapatkan paket iPhone 3GS Telkomsel berkapasitas 32 GB seharga Rp 7.500.000. Paket ini dilengkapi perdana simPATI Turbo yang memberikan gratis internet 6 GB dan gratis 240 MMS selama setahun.

Sementara itu, paket Modem Google Chrome Telkomsel tersedia bagi pelanggan yang ingin menikmati perpaduan kecepatan browsing menggunakan aplikasi web browser Google Chrome dengan kecepatan akses internet TELKOMSELFlash. Paket bundling seharga Rp 799.000 ini sudah termasuk perdana simPATI yang berisi bonus internet 300 MB untuk 6 bulan apabila pelanggan mengisi pulsa minimal Rp 50.000 setiap bulan.

Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub LLAJ) Provinsi Jawa Timur berencana akan mengembangkan jalur angkutan pemadu moda (port shuttle service) dengan asal dan tujuan Bandara Juanda, Surabaya. Salah satu jalur baru tersebut adalah dari Bandara Juanda-Gresik-Lamongan (Paciran) PP.

“Berdasar suarat dari Dishub dan LLAJ Jatim pertengahan Januari lalu, memang dipertimbangkan akan ada pembukaan angkutan pemadu moda baru dari Bandara Juanda menuju Paciran. Tepatnya di Terminal Terpadu yang berada di lokasi pelabuhan ASDP Paciran, “ ungkap Kepala Dinas Perhubungan Lamongan Bambang Hadjar Purwono melalui Kabag Humas dan Infokom Anang Taufik.

Angkutan pemadu moda itu, lanjut dia, direncanakan sebagai angkutan pelayanan untuk TKI, pariwisata dan umum. Di Paciran sendiri terdapat wisata maritim yang menjadi andalan Lamongan dan Jatim, yakni Wisata Bahari Lamongan (WBL) dan Maharani Zoo and Gua Lamongan (MZL). “Saat ini rencana ini sudah sampai tahapan untuk melakukan survey shelter. Yakni terkait lokasi-lokasi yang digunakan sebagai tempat pemberhentian angkutan di sepanjang jalur Juanda-Gresik-Lamongan, “ ujarnya.

Seperti tertuang dalam surat Dishub LLAJ Jatim perihal pertimbangan angkutan pemadu moda, sarana yang akan digunakan adalah kendaraan bus dengan kapasitas tempat duduk 27 seats sampai dengan bus 40 seats. Kendaraan itu akan dilengkapi fasilitas penyejuk udara serta tempat duduk untuk menaruh bagasi di ruang kabin.

“Kami dari Dishub Lamongan dimintai pertimbangan terkait lokasi tempat pemberhentian untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Tentunya lokasinya harus mengutamakan keamanan dan kemudahan serta tidak harus di terminal. Sehingga jika belum ada fasilitas shelter akan dibuatkan yang baru. Dishub LLAJ Jatim juga mensyaratkan agar angkuta yang baru tersebut tidak menimbulkan gesekan dengan moda lainnya yang sudah ada,
kata dia.

Nantinya, kata dia, akan dibuat pengaturan operasional angkutan pemadu moda agar tidak diperbolehkan menaikkan penumpang di sepanjang jalur trayeknya, kecuali di Bandara Juanda. “Namun angkutan pemadu moda ini dapat menurunkan penumpang di tempat pemberhentian yang ditentukan, “ tuturnya. “Berdasar rapat terakhir 20 Januari lalu, untuk mencegah terjadinya persaingan dengan bus regular antar kota dalam propinsi (AKDP), dipersyaratkan tarifnya lebih tinggi dari tarif bus non ekonomi (patas) namun lebih rendah dari taxi, “ imbuh dia.

Dalam surat bernomor 551.21/176/104/2011 tersebut, disebutkan akan ada delapan trayek baru lainnya selain tujuan Paciran/Lamongan. Yakni Bandara Juanda-Malang-Blitar PP, Juanda-Batu PP, Juanda-Pasuruan-Probolinggo-Jember-Kediri-Tulungagung-Trenggalek PP. Selain itu juga ada trayek Juanda-Madiun-Ponorogo PP, Juanda-Bangkalan PP dan Juanda-Bungurasih (Surabaya) PP.

RABAT--Para pemrotes menyerang kantor polisi dan penyebabnya berkaitan dengan sejumlah perusahaan Prancis di kota Tangier, Maroko, pada Jumat malam karena persengketaan mengenai manajemen perusahaan fasilitas umum setempat, kata beberapa koordinator unjuk rasa dan warga pada Sabtu. Kerusahaan terjadi sehari sebelum direncanakan unjuk rasa nasional untuk mendorong reformasi politik tetapi tidak ada bukti yang langsung berkaitan.

Juru bicara kementerian komunikasi dan dalam negeri tidak menanggapi ketika diminta komentarnya. Polisi anti huru-hara turun tangan untuk memecah unjuk rasa, yang berubah dari aksi protes duduk di depan balai kota menjadi gerakan barisan yang mengumpulkan ratusan pemrotes, kata organisasi aktivis Maroko, Attac, dalam jejaringnya.

Aksi protes duduk dikoordinir oleh Attac Maroc untuk mendorong pembatalan perjanjian fasilitas umum yang menyatakan kota itu berafiliasi dengan perusahaan Prancis, Veolia. Banyak kota besar Maroko mengeluhkan biaya layanan fasilitas umum yang dijalankan oleh perusahaan asing.

Sejumlah warga, berbicara dengan syarat identitas dirahasiakan, mengkonfirmasi bahwa protes yang semula melawan harga fasilitas umum berubah menjadi barisan unjuk rasa, yang polisi anti huru-hara cegah hingga mencapai pusat kota. "Tidak ada gas air mata, tidak ada yang ditembakkan. Mereka menggunakan tongkat polisi untuk membubarkan kerumunan massa," ujar satu warga.

Tanjanews.com menyiarkan beberapa gambar yang menunjukkan jendela kantor polisi pecah, juga jendela sejumlah kantor cabang yang berhubungan dengan Veolia dan bank Prancis, Societe Generale. Jejaring itu juga melaporkan bahwa satu kantor cabang bank Societe Generale telah dibakar.

Sekelompok pemuda Maroko yang menyebut dirinya "Gerakan untuk Perubahan 20 Februari" menyerukan demonstrasi nasional pada Ahad guna mendesak reformasi konstitusi yang dapat mengurangi kekuasaan Raja Mohammed VI serta mengubah sistem pengadilan yang lebih independen. Kelompok itu juga ingin memaksa raja berusia 47 tahun itu agar membubarkan pemerintahnya dan parlemen.

Kelompok tersebut telah mengumpulkan lebih dari 17.000 penggemar Facebook, dan oposisi Islami dan milisi bersayap kiri mengumumkan mereka akan bergabung dalam demonstrasi itu. Para milisi pro-monarki juga mengumumkan barisan balasan yang mendukung dinasti kerajaan yang telah berkuasa di Maroko selama hampir 350 tahun.

Banyak pemimpin otoritarian Arab sangat memperhatikan pertanda tersebarnya kekeruhan situasi di kawasan setelah perlawanan di Tunisia dan Mesir. Tetapi menurut badan statistik peringkat, Standard & Poor's and Fitch, Maroko merupakan negara yang cenderung tidak akan terkena dampak gelombang kerusuhan tersebut.


JEDDAH - Pihak berwajib Arab Saudi telah menahan beberapa aktivis yang mencoba membentuk partai politik pertama dalam negara kerajaan itu. Demikian kata sejumlah aktivis HAM.

Negara pengekspor minyak dan mitra dekat Amerika Serikat itu memiliki paham negara monarki absolut yang tidak memberi toleransi terhadap segala bentuk perlawanan masyarakat. Arab Saudi tidak melakukan pemilihan parlemen atau partai politik.

Kaum Islam Saudi dan aktivis oposisi bulan ini meluncurkan partai politik bernama "Ummat Islam". Tantangan yang jarang terjadi pada pemerintah Saudi itu terinspirasi dari gelombang demonstrasi yang meruntuhkan rezim di Tunisia dan Mesir. "Ada empat dalam tahanan sekarang. Lima ditahan, dua di luar negeri dan lainnya telah diinterogasi dan dibebaskan," kata Mohammad al-Qahtani, seorang aktivis berbasis di Riyadh dan kepala Asosiasi Hak Politik dan Sipil Saudi, yang mengikuti kasus tersebut.

Pejabat Direktorat Jenderal Penyidikan tidak segera memberikan komentar. Human Rights Watch, LSM asal New York, meminta pembebasan para aktivis yang telah mengampanyekan kebebasan politik di Arab Saudi. "Tekanan Saudi terhadap aktivitas politik merupakan tangkas dan total," kata peneliti bidang Timur Tengah senior Human Rights Watch, Christoph Wilcke. "Saat rakyat di daratan Arab keluar di jalanan mendesak kebebasan, polisi rahasia Saudi tampak bertekad memutuskan permintaan serupa sebelum menjadi besar."

Partai baru itu telah menyerukan dalam jejaringnya agar melaksanakan pemilihan umum, keputusan pemerintah yang lebih transparan dan pengadilan yang lebih independen. Usaha pembentukan partai pernah terjadi sebelumnya. ''Tetapi, Partai 'Ummat Islam' merupakan partai yang pertama kali melakukan pengumuman publik,'' kata para analis. Anggotanya termasuk kaum intelektual Islam, pengajar, aktivis HAM dan pengacara.

Pada 2007, Arab Saudi menahan kelompok yang menyerukan monarki konstitusional dan kebanyakan masih dalam tahanan. Raja Abdullah, yang keluar negeri untuk menjalani perawatan medis sejak November tahun lalu, diperkirakan kembali ke Arab Saudi pekan depan. Para aktivis berharap Raja Abdullah akan mengumumkan sejumlah perubahan untuk mengurangi perlawanan di dalam negeri.


TUNISIA - Pejabat Presiden Tunisia, Fouad Mebazza, menandatangani amnesti umum untuk tahanan politik. Amnesti ini sekaligus memperlancar laju ke pemilihan umum pada tahun ini. Demikian kata media lokal.

Amnesti tersebut dijanjikan kurang dari sepekan setelah gelombang protes yang memaksa mantan presiden Zine al-Abidine Ben Ali lari keluar negeri pada pertengahan Januari. Tapi, amnesti saat itu belum disahkan. "Pemerintah mengharapkan peraturan itu mengakhiri era represi dan menyediakan keadaan baik untuk pemilihan umum," kata laporan media nasional.

Kelompok pembela hak asasi manusia memperkirakan Tunisia memiliki sekitar 1.000 tahanan politik selama 23 tahun Ben Ali berkuasa. Dia melarang gerakan oposisi Islam dan menahan pembangkang.

Kaum Islam Tunisia sejak itu menunjukkan tanda pembentukan diri dengan sejumlah unjuk rasa. Mereka mendesak pihak berwajib menutup sekurang-kurangnya tiga rumah bordil. Banyak warga khawatir adanya upaya untuk memberlakukan kekuasaan Islam.

Sekitar 15.000 pengunjuk rasa anti-Islam menutup jalan utama ibu kota Tunis pada Sabtu (19/2) atau sehari setelah pemerintah mengumumkan pengacau membunuh seorang pendeta. Kelompok Islam utama, Ennahda, mengutuk kekerasan tersebut.

Banyak keluarga Tunisia menunggu pembebasan anggota keluarganya selama berminggu-minggu. Banyak di antaranya berkemah di luar penjara utama. Pemerintah telah membebaskan sekitar 3.000 orang yang dipenjara pada masa rezim Ben Ali, meski kebanyakan diperkirakan penjahat kelas teri yang menjalani hukuman terlampau lama jika dibandingkan dengan tahanan politik.


KAIRO - Ketidakstabilan terkait demonstrasi di Mesir telah menangguhkan tender bagi reaktor tenaga nuklir pertama negara itu. Demikian surat kabar milik pemerintah melaporkan.

"Telah diputuskan untuk menangguhkan tender internasional bagi pembangunan reaktor tenaga nuklir pertama di Al-Dabaa hingga stabilitas situasi di negara ini," kata surat kabar Al-Ahram.

Proses tender, yang sedianya dilakukan pada Januari, telah ditangguhkan untuk menjamin jumlah terbesar perusahaan dari negara-negara yang berbeda untuk mengambil bagian dalam tender. ''Hal ini guna menjamin kompetisi yang sebenarnya,'' kata harian tersebut.

Program nuklir Mesir telah dibekukan pada 1986 menyusul bencana Chernobyl di Ukraina. Pada 2007, mantan presiden Hosni Mubarak mengumumkan program nuklir kembali digulirkan. Dia saat itu mengatakan empat reaktor tenaga nuklir sipil akan dibangun di bawah pengawasan ketat Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA).

Mubarak telah dipaksa lengser dari jabatannya pada 14 Februari lalu setelah gelombang demonstrasi rakyat yang belum pernah terjadi sebelumnya meminta pengunduran dirinya. Pemerintah militer sekarang memerintah sementara untuk menggantikannya. Dewan Tinggi Pasukan Bersenjata Jumat (18/2) kemarin memperingatkan bahwa mereka tidak akan mentoleransi lagi demonstrasi yang mengganggu ekonomi Mesir.

TRIPOLI - Pemerintah Libya telah menahan puluhan anggota sebuah jaringan nasionalis Arab yang dituduh berusaha mengacaukan negara. Demikian menurut kantor berita resmi Jana dalam laporannya Sabtu (29/2).

Mereka yang ditahan di beberapa kota Libya itu para anggota jaringan luar negeri yang dilatih untuk merusak stabilitas Libya, keamanan warganya dan persatuan nasional. Sumber-sumber yang dekat dengan penyelidikan, seperti dikutip oleh kantor berita Jana, mengatakan kelompok tersebut termasuk orang-orang Tunisia, Mesir, Sudan, Palestina, Suriah dan Turki.

Mereka ditahan dengan tuduhan menghasut melakukan aksi-aksi penjarahan dan sabotase, seperti pembakaran rumah sakit, bank, pengadilan, penjara, kantor polisi dan kantor polisi militer. ''Mereka juga membidik bangunan-bangunan publik serta properti swasta berdasarkan rencana yang disusun sebelumnya," tulis Jana.

Jana menuliskan bahwa kota-kota Libya tertentu telah dijadikan tempat tindakan sabotase dan perusakan sejak Selasa (15/2). Para tersangka berusaha untuk mengambil senjata dari kantor polisi dan polisi militer serta akan menggunakannya.


Di antara 10 bahan tambahan pangan (BTP) yang paling banyak digunakan sekaligus mengancam kesehatan masyarakat adalah bahan pewarna untuk makanan jadi atau setengah jadi. Terutama pewarna buatan yang berbahaya dan terlarang adalah Metanil Yellow dan Rhodarmin B.

Beberapa kali diadakan razia oleh Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), penggunaan zat pewarna tersebut masih ditemukan. Hal ini karena di samping warnanya yang sangat menarik bila diadon (dicampur) dengan makanan, juga harganya relatif murah sehingga oleh pedagang dianggap menguntungkan bisnisnya.

Celakanya menurut pengamatan, bahan pewarna ini juga digunakan oleh industri rumahan yang memproduksi makanan dan minuman secara massal. Di samping tentu saja para pedagang kecil yang menjual manisan atau minuman berwarna di sekitar sekolah, perumahan atau pasar tradisional.

Zat pewarna itu sendiri sebenarnya tidak mempengaruhi aroma atau rasa makanan namun kegunaaannya hanya untuk menrik perhatian saja dan ternyata menurut beberapa pedagang/pembuat, pengaruhnya cukup besar terhadap tingkat lakunya makanan atau minuman ini. Namun bagi kesehatan bahan ini bisa membuat penurunan daya tahan tubuh bahkan bahaya kanker.

Menurut kepala Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) BPOM Surabaya, Suprihadi, dari sepuluh bahan tambahan pangan (BTP) pewarna memang menonjol pemakaiannya.

Sebenarnya pihaknya sudah mengadakan sosialisasi bahan pewarna yang aman dipakai adalah Karamel, Beta-karoten, Klorofi, Kurkumin dan lainnya.

“Selain pewarna, zat pemanis buatan juga perlu mendapat perhatian. Dengan zat bukan gula ini makanan bisa lebih manis, membantu mempertajam rasa manis, atau dimasukkan agar kalorinya lebih rendah untuk pengidap diabetes,” katanya sambil menunjuk leaf left petunjuk yang secara rinci memberikan informasi 10 BTP.

Zat pemanis yang diizinkan Alitam, Sukralosa, Maltitol, Sakarin, Siklomat, Neotarm, dan lainnya. Bahan pemanis ini sudah berdar di pasaran dan harganya relatif tidak mahal.

Di samping itu bahan pengawet juga kini menjadi tren dan banyak digunakan para industriawan makanan dan minuman. Seperti benzoat, nitrit, sulfit, sorbat, propionat boleh digunakan.

Penyedap rasa dan penguat rasa seperti vetsin yang disebut monosodium glutamat (MSG) masih diperbolehkan asal penggunaannya tidak berlebihan.

Saat ini yang sedang digemari industriawan atau pedagang rumahan adalah pemantap makanan dan pengental sekaligus pengemulsi. Juga bahan antioksidan agar makanan tidak mudah tengik. Oksidan digunakan untuk menahan proses oksidasi lemak atau minyak dalam makanan.

BTP lainnya yang banyak digunakan sementara ini Antikempal biasanya berbentuk tepung atau bubuk. Pemutih makanan sekarang juga digunakan karena membantu percepatan pematangan sehingga dapat memperbaiki mutu pemanggangan.

Ada lagi zat pengeras yang fungsinya untuk memperkeras makanan dan tidak mudah lembek. Dan yang terakhir adalah Sekuestran, bahan makanan tambahan pengikat logam dalam makanan sehingga memantapkan warna dan tekstur makanan sekaligus zat ini mencegah perubahan warna.


Sampai saat ini, masyarakat konsumen makanan dan minuman kemasan masih banyak yang belum paham apakah produk yang dibelinya aman dikonsumsi.

Bahkan satu keluarga ada yang sudah bertahun-tahun mengonsumsi makanan tersebut tetapi tidak tahu yang dimakannya atau diminum berbahaya bagi kesehatannya.

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Surabaya memberi tujuh petunjuk cara cerdas memilih produk yang dibeli di toko agar aman dikonsumsi.

Pertama yang diperhatikan adalah :

Nama produk : Yang harus memberi penjelasan nama pangan yang bersangkutan

Daftar bahan :Yang digunakan dalam kegiatan atau proses produksi bahan pangan tersebut.

Berat bersih : Yang menyebutkan keterangan mengenai jumlah/berat produk pangan yang terdapat dalam kemasan atau wadah.

Nama dan alamat produsen atau importirnya : Cukup Jelas

Nomor pendaftaran : MD dan P-IRT (Nomor pendaftaran yang menunjukkan produk dalam negeri tersebut telah melalui penilaian pemerintah sehingga produk tersebut dijamin aman), atau ML (Menunjukkan nomor pendaftaran yang menunjukkan produk impor tersebut telah melalui penilaian pemerintah sehingga produk tersebut dijamin aman)

Kode dan Tanggal Produksi : Kode produksi menunjukan keterangan mengenai riwayat produksi pangan yang bersangkutan. Tanggal produksi menjelaskan keterangan tanggal, bulan dan tahun di mana pangan/minuman tersebut diproduksi.

Keterangan kadaluwarsa : Merupakan keterangan batas akhir suatu pangan dijamin mutunya sepanjang penyimpanannya mengikuti petunjuk yang diberikan produsen. Di sini dijelaskan expiriode ) tanggal, bulan dan tahun batas aman dikonsumsi

Pandeglang: Seorang tersangka penyerangan terhadap jemaah Ahmadiyah di Desa Umbulan, Pandeglang, Banten berinisial D alias I dikabarkan adalah seorang jawara atau ahli bela diri. Dialah pria berjaket hitam dengan sebilah golok terekam kamera Arif Rahman saat menyerang rumah Ismail Suparman, pimpinan Ahmadiyah wilayah Kecamatan Cikeusik.

Idris diketahui warga Kecamatan Menes, Pandeglang. Dalam rekaman ia terlihat cukup sangar saat ambil bagian dalam penyerangan jemaah Ahmadiyah di Cikeusuik. Dua hari silam polisi menangkap tersangka di kawasan Ulujami, Jakarta Selatan.

Polisi belum membeberkan identitas tersangka. Namun dalam penelusuran aparat, D alias I ternyata bernama lengkap Idris. Menurut Rohayah, istri tersangka, Idris sempat pulang ke rumah. Ketika itu Idris masih mengenakan jaket yang digunakan saat menyerang jemaah Ahmadiyah. Setelah itu sang suami langsung pergi bersama teman-temannya.

Tersangka dikenal cukup pendiam. Rohayah mengaku tak tahu aktivitas sang suami di luar rumah. Setiap pergi, Idris selalu beralasan hendak mencari nafkah. Sementara di kampungnya sang jawara cukup terkenal dan disegani.

Sejauh ini polisi menetapkan sembilan tersangka kasus. Selain itu polisi juga memeriksa 24 personelnya yang saat amuk masa berada di lokasi. Lima dari 24 personel kini berstatus terperiksa dan mungkin akan terkena sanksi

Simalungun: Maria boru Siahaan bernasib malang. Di usia yang sudah mencapai 90 tahun, dia terpaksa harus berurusan dengan polisi dan pengadilan. Hal ini terjadi lantaran Maria dilaporkan oleh Darma boru Napitupulu, anak kandungnya sendiri, lantaran memamen jagung di kebunnya sendiri.

Darma boru Napitupulu sang anak rupanya kesal dengan ulah ibu kandungnya sendiri. Sebab, jagung yang ditanamnya, dipanen oleh sang ibu. Selain sang ibu, Darma juga melaporkan adik kandungnya, Runggu boru Napitupulu, dengan tuduhan yang sama. Bahkan, Runggu telah dituntut jaksa tiga bulan penjara dalam sidang di PN Simalungun, baru-baru ini.

Menurut Runggu, kasus tersebut sebenarnya sudah lama berlalu dan sudah diselesaikan secara kekeluargaan di kantor polisi. Namun, entah kenapa, Darma malah melanjutkan kasusnya hingga sang ibu dan adik harus bersidang.

Runggu berharap, pengadilan dapat membebaskan ibunya dari segala tuntutan mengingat usia sang ibu sudah senja. Apalagi harga jual jagung yang dipanen olehnya hanya Rp 450 ribu dan sudah digunakan untuk berobat ibunya.

Saat ditemui, Maria yang sudah renta dan tinggal seorang diri di rumah yang sederhana mengaku pasrah dengan laporan tersebut. Rencananya Rabu pekan depan, PN Simalungun kembali menggelar sidang pencurian dengan agenda pembelaan


Ok brow ini trik buat kamu yang gak lepas dari yang namanya internet.
Pada trik bagian pertama ini, kita tidak akan membahas bagaimana cara menseting GPRS akan tetapi fokus ke setting GPRS murah dengan kartu AS dari Telkomsel.

Yups, Settingannya cukup mudah:
1. Pastikan GPRS/WAP/3G di handphone anda kamu aktif.
2. Pastikan juga loe berada dalam kawasan sinyal GPRS/3G yang full.
3. Otomatis Pulsa donk. :P
4. Daftarkan Kartu AS loe ke GEN ASIK.
Caranya : Ketik REG kirim ke 4545, ikuti petunjuk dari 4545.
Buat yang udah di Gen Asik, langsung ke tahap selanjutnya.
5. Disini kita akan bermain dengan sedikit kecurangan. :p
Mungkin sebagian dari kamu udah pada tau yang namanya Student/School Community. Yups pake ini brow, ya walapun kamu nggak squl lagi alias lagi kuliah atau bahkan udah kerja, gpp pake trik ini lagian hemat kok :p,
so caranya bagaimana?
Setelah anda terdaftar di Gen Asik, langsung saja daftar ke Student/School Community, caranya kayak ngecek pulsa *888# eitz tapi buka itu yang dipencet. Ketik *355*6*(id sekolah)#
Penjelasan (id sekolah) diisi dengan id sekolah yang udah kedaftar di telkomsel.
Lha saya gak ada id nya om? Truz gmn ne? santay aja brow, ini juga mo di kasih satu id skul, cius amad seh! :P Ini id skul nya “id sma POLTEK : 071417960”.
Jadi ketik *355*6*071417960#
Yups buruan daftar, dan ikuti petunjuk selanjutnya. Buat bantuan ketik *355*5#
6. Ntar kamu bakalan dpt sms konfirmasi dari 4545, selamat kamu udah bisa internetan murah pake kartu AS dari Telkomsel.
Selamat berselancar di dunia internet, buat yang suka chating, mantap brow.
Feature dari Student/School Community :
1. biaya GPRS Rp. 1/kb
2. biaya sms sesama anggota dalam satu id skul Rp. 55/sms.
3. biaya MMS untuk sesama anggota dalam satu id skul Rp. 350/mms.
4. biaya perckapan alias nelpon sesama anggota dalam satu id Rp. 4/detik.

Gimana mantap kan? Makanya buruan setting sekarang juga, nikmati failitas super murah dari Kartu AS ( wah, telkomsel gua di kasih royalty nih? :P )

Mantap aja di sini, dan tunggu trik internet murah dengan kartu AS bagian selanjutnya

UPDATE 29 Januari 2010:
ID SMA GORONTALO (lupa nama sekolahnya :P) 155424844

UPDATE : 6 Maret 2010

331222122, 331220189, 331226551, 330912035, 330913214, 153818503, 152519074, 340117414, 330915049, 330910888, 331213201, 331214237, 331220884, 331229345, 331213201, 153713154, 143912788, 051113632


Bagaimana udah di praktekin trik internet murah dari kartu AS (Bagian pertama) ? Mantap kan?
Sep, kalo kemaren ada trik Internet murah dengan kartu AS Rp 1/kb, maka trik kita kali ini tidak kalah menarik dari trik sebelumnya , judulnya trik internet murah dengan kartu AS ( bagian kedua ), kenapa bagian kedua, ya karena Kartu AS banyak banget feture murahnya, heheheh. . .

Trik internet murah dengan kartu AS ( bagian kedua ) :
1) Seperti biasa, Pastikan GPRS/WAP/3G di handphone kawans aktif.
2) Pastikan juga kawans berada dalam kawasan sinyal GPRS/3G yang full.
3) Ketik *100#, lalu Replay dengan memilih angka 4. Data Mania.
4) Nanti ada 2 Pilihan:

1. Small Deno (Rp 1k-50k). *Dianjurkan
2. Big Deno (Rp 100k-400k)

Silahkan reply 1 atau 2.
Penjelasan:
Paket Small Deno digunakan untuk pembelian paket Rp 1.000 (dapat 500 Kb)s/d Rp 50.000
(dapat 125Mb).
Paket Big Deno digunakan untuk pembelian paket Rp 100.000 (dapat 300Mb) s/d Rp 400.000
(dapat 1.5Gb)

5. Pilih Paket sesuai dengan kantong kawans :D, namum dianjurkan membeli paket Seperlunya saja biar hemat gitu :).

Selamat mencoba



Ayo manfaatkan SMS GRATIS ini, Lumayan, sambil facebookan-an bisa sms GRATIS.

Langsung saja di coba ke situsnya di www.freesms4us.com. etz tapi sebelum mencoba ada baiknya simak sedikit tutorialnya. ok.

Cara Kirim SMS?
Sangat sederhana untuk mengirim SMS menggunakan FreeSMS4Us.com.
Ikuti langkah-langkah ini:
1. Masukkan nomor teman Anda pada kolom "phone"
2. Tulis pesan Anda pada kolom "This is your Free SMS message, you may include your name or number here".
3. Pada "Click at the same number to send SMS" masukkan nomor yang sama misal "Click 96" maka kawans klik angka "96" untuk mengirims SMS gratisnya.

Seperti pada gambar berikut:

4.Apabila teman kawans me-reply sms dari FreeSMS4Us.com, maka klik pada "CLICK TO READ SMS REPLY" untuk membaca smsnya.

Selamat mencoba.


To The Point aja yakk.
Artikel kali ini sedikit membahas tentang 'Cara Membuat Banner Tanpa Software Dengan Cepat dan Mudah' yups tanpa software. lho terus gimana cara buatnya?? #$%^&*. Santai Bro, kalo tanpa software artinya ada generator yang siap membantu & mempermudah anda membuat banner sendiri tanpa software, tanpa perlu pengetahuan yang lebih mendalam, tinggal klak-klik, isi data yang diperlukan, dengan hitungan menit jadilah banner hasil kreasi anda, tentunya Gratis. Syaratnya cuma 1 (satu) yakni koneksi internet.
yups karna buat bannernya gak pake software, jadi ngeditnya via internet alias online.. online (Smile)

Langkah-langkah sederhana untuk membuat banner via online:
1. Kunjungi Situs http://mybannermaker.com
2. Pada Menu 'Size' Tentukan ukuran banner yang ingin dibuat, klik salah satu ukuran yang diinginkan.
untuk melihat tampilan ukuran dan hasilnya bisa dilihat pada bagian atas websitenya, yakni pada 'Banner Preview'.
3. Klik menu 'BackGround' untuk mengganti warna latarbelakang banner yang ingin dibuat, lalu pilih warna yang telah disediakan. atau bisa juga upload banner yang telah anda desaign sebelumnya.
4. Pada Menu 'Teks', isi dengan Kata-kata ajaib anda, klik gambar sample, disana banyak tipe font yang cuku bagus, pilih juga warna favorit anda, lalu sesuaikan ukuran teks dengan format banner yang telah anda pilih tadi.
6. Klik Menu 'Border' jika anda ingin membuat bingkai pada banner anda, pilih juga warna favorit anda untuk menyesuaikan dengan banner yang telah didesaign tadi.
7. Menu 'Effect' untuk memberikan beberapa efek samping, hehehe..
Maksudnya memberikan efek untuk tampilan banner anda nanti, biar lebih menarik dan kelihatan sedikit profesional gitu, Cool..
8. Jika telah selesai mendesaign Banner anda, klik menu 'Save' untuk menyimpan banner hasil kreasi anda. Masukkan url yang anda inginkan, lalu jangan lupa pilih beberapa opsi yang ada, klik Save.
9. Lalu pilih 'Continue On Free'.
10. Copy alamat banner yang tersedia. Contoh url banner yang telah jadi, http://i.imgur.com/QW4XC.png

Good Luck.
Kekurangannya yakni ada link website tempat kita membuat bannernya. :D

Pengikut

Daftar Label

Follow by Email

Ads 468x60px

Kalendar

Popular Posts

 
© Copyright 2010-2011 Wiro Sableng 810 All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.