Translate 2 ur Languages

Kamis, 10 November 2011

NUSANTARA-Akhirnya, Proyek Gorong-gorong Sudirman Selesai


Intruksi Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo kepada kontraktor untuk menyelesaikan proyek pengerjaan gorong-gorong saat pelaksanaan SEA Games tampaknya didengar. Pengerjaan pengaspalan jalan akibat penggalian gorong-gorong selesai hari ini.

Dengan selesainya pengerjaan pengaspalan di sisi barat dan timur Jalan Sudirman pun, kendaraan bermotor kembali bisa melewati jalan tersebut. Sekarang, hanya melakukan pembersihan jalan dan trotoar yang masih ada bekas tanah galian.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta, Ery Basworo, menegaskan pihaknya mempercepat penyelesaian pengaspalan jalan hasil galian gorong-gorong. Setelah itu, seluruh pengerjaan proyek gorong-gorong akan dihentikan sementara selama SEA Games berlangsung dari 11 hingga 22 November 2011.

"Hari ini praktis sudah selesai pengaspalan jalan di sisi barat dan sisi timur. Sisi barat tepatnya di kawasan Ratu Plaza hingga belokan menuju Jalan Gatot Subroto dan sisi timur di seberang Ratu Plaza," kata Ery, Kamis (10/11/2011).

Menurutnya penutupan gorong-gorong sisi barat lebih sempurna dilakukan karena gorong-gorong sudah dipasang. Akibatnya struktur kepadatan tanah sangat baik untuk dilalui kendaraan bermotor.

Sedangkan penutupan jalan di sisi timur harus dilakukan lebih hati-hati dan memerlukan waktu yang lama. Karena gorong-gorong belum dipasang, sehingga tanah harus dimasukkan berulang kali untuk mencapai struktur kepadatan tanah yang telah ditetapkan.

"Karena belum sempat dimasukkan gorong-gorognya, jadi kita berusaha memadatkan lubang galian dengan tanah berulang kali. Hasilnya memang baik, tapi tetap saja kurang padat bila dibandingkan dengan sisi barat," ujarnya.

Begitu juga dengan teknis pengaspalannya, lanjut Ery, hanya dilakukan satu lapis karena keterbatasan waktu. Sebab umumnya pengaspalan jalan dilakukan sebanyak dua lapis. Kendati demikian Ery menjamin jalan tersebut bisa dilalui kendaraan dengan ama

OLAH RAGA-(Jelang SEA Games XXVI / 2011) Selebriti Indonesia Dukung Pagelaran SEA Games


Selebriti papan atas Indonesia mendukung pagelaran SEA Games XXVI yang akan digelar 11-25 November 2011 di Jakarta dan Palembang.

Belasan artis dan atlet bersama-sama mendukung gerakan massa "Ayo! Indonesia Bisa" menjadi tuan rumah yang baik dan juara umum SEA Games ke-26 2011 yang akan diselenggarakan pada 11 November 2011 di Jakarta dan Palembang.

Para artis yang datang pada peresmian gerakan "Ayo! Indonesia Bisa" di Jakarta, Minggu (16/10), antara lain Syahrini, Rafi Ahmad, Pinkan Mambo, Ahmad Dani, Mulan Jameela, Nikita Willy, Uya Kuya, Oki Lukman, Helmi Yahya, Donna Agnesia, Wanda Hamidah, Ira Wibowo, dan lain-lain.

"Suatu kehormatan SEA Games digelar di Indonesia, tapi kok saya lihat kurang heboh. Saya sebagai wanita muda mau beri dukungan. Alhamdulillah ya, Indonesia pasti akan jadi sesuatu," kata Syahrini.

Sedangkan Helmi Yahya, mengatakan, lepas dari kontroversi menjelang SEA Games, pesta olah raga ini merupakan pertaruhan bangsa, karena itu semua pihak harus mendukung untuk menjadikan Sea Games ini menjadi yang terbesar dalam sejarah.

Sedangkan para atlet yang hadir antara lain pebasket Denny Sumargo, Dwi Handoko, petenis Yayuk Basuki, atlet lari Dedeh Irawati, atlet berkuda Alvaro dan lain-lain.

"Bersyukur di tengah keprihatinan atas minimnya kesiapan SEA Games masih ada yang memotivasi kepada para atlet untuk tetap semangat berlaga. Sejak 23 Oktober api obor telah diarak dari Desa Merapen ke beberapa kota antar lain, Semarang, Makassar, Samarinda hingga pembukaan Sea Games di Jakarta dan Palembang pada 11 November 2011," ujar Rahmat Gobel selaku Ketua Harian Indonesia Sea Games Organizing Committee (Inasoc).

Sejarah mencatat bahwa sejak pertama kali SEA Games yang melibatkan negara-negara di Asia Tenggara itu dilaksanakan, Indonesia telah menjadi tuan rumah sebanyak tiga kali yakni pada 1979, 1987 dan 1997, dan di ketiga tahun penyelenggaraan ini Indonesia selalu menjadi juara umum.

Namun secara keseluruhan sejak pertama kali SEA Games digelar, Indonesia pernah menjadi juara umum SEA Games sebanyak sembilan kali.

"Saat ini sebanyak 12 ribu atlet sudah mendukung Sea Games. Kita ingin melengkapi gelar juara umum dengan menjadi juara umum yang ke-10 kali, agar seluruh rakyat Indonesia dukung," tukas Rahmat

OLAH RAGA-(Marco Simoncelli Tewas di GP Malaysia) Inilah Kisah Cinta 'Si Kribo' Marco Simoncelli


Marco Simoncelli meninggal secara tragis saat menjalani balapan di GP Malaysia 23 Oktober lalu. Sang kekasih pun terlihat menangis tanpa henti di dalam pit. Siapa dia?

Simoncelli kehilangan kontrol motor Honda Gresini-nya pada tikungan kesebelas pada putaran kedua di Sirkuit Sepang, dimana COlin Edwards dan sahabatnya Valentino Rossi secara tidak sengaja menabraknya secara keras.

Setelah sempat dilakukan pertolongan, nyawa pemuda berusia 24 tahun itu tidak tertolong setelah mendapat cedera serius pada bagian dada, leher dan kepala.

Suasana hari tragis itu pun berlangsung kelabu, seorang wanita yang dikabarkan kekasih sang pembalap menangis histeris di dalam pit tim Honda Gresini.

Setelah itu, di rumah sakit tempat Simoncelli menghembuskan nafas terakhir, keluarga Marco terlihat ditemani oleh wanita tersebut, yang ternyata betul kekasih Simoncelli yang bernama Kate Fretti.

Pembalap berambut kribo itu bertemu dengan dara cantik berusia 22 tahun itu di daerah Riccione dan sejak itu sudah berpacaran selama lima tahun, bahkan mereka sudah bertunangan tiga tahun lalu.

yang lebih tragis, keduanya sebenarnya baru beberapa bulan ini menempati satu rumah yang baru mereka beli bersama di daerah Coriano, propinsi Rimini, Italia.

Dalam dua musim terakhir wanita Italia keturunan Filipina itu adalah wajah familiar di pit Honda Gresini, karena sering menemani Simoncelli saat membalap dan kerap menjadi umbrella girl sang pacar. Bahkan Kate berada di dalam pit saat sang pacar mengalami kejadian tragis itu.

Pada pemakaman Simoncelli, 27 Oktober lalu, di Coriano, ribuan fans berkumpul untuk memberikan penghormatan terakhir pada 'Super-Sic'. Kate juga terlihat disana, duduk disamping orangtua Simoncelli, lalu mengucapkan beberapa patah kata.

"Saya memiliki kepercayaan, tapi saya tidak tahu apa. Saya memiliki teori sendiri. Marco adalah manusia sempurna, dan manusia sempurna tidak bisa tinggal bersama kami, manusia biasa," ujar Kate, seperti yang dinukil dari celebritydaily.net.

OLAH RAGA-Inilah Pembalap Anyar Honda Gresini


Pembalap Alvaro Bautista akhirnya resmi menjadi pembalap anyar Honda Gresini untuk musim balap 2012.

Bautista mengganti posisi Hiroshi Aoyama yang pindah ke Kejuaraan Superbike. Baustista sebagai pengganti didatangkan dari Suzuki.

Pembalap berusia 26 tahun itu hanya berhasil finish di peringkat 13 klasemen akhir musim 2011. Hasil terbaik yang diraihnya hanya finish di peringkat lima di MotoGP Inggris pada Juni lalu.

"Saya sedih meninggalkan Suzuki setelah menjalani dua tahun luar biasa di sana, Mereka dalah tim yang luar biasa dan saya belajar banyak hal dari semua orang di tim itu," kata Bautista seperti dilansir Reuters.

Gresini menyambut gembira kedatangan Bautista. Menurut pemilik tim, Fausto Gresini, Bautista dipilih karena ia adalah pembalap yang cepat dan memiliki kepribadian menarik.

"Saya sangat puas karena Alvaro akan mengendarai Honda RC213V dengan warna Tim San Carlo Honda Gresini tahun depan," ujar Gresini dalam situs resmi tim.

"Saya yakin dia akan berintegrasi dengan sangat baik bersama kami dan akan menjalani pengalaman menyenangkan di masa depan," sambungnya.

OLAH RAGA-Bintang Timnas U-23 Jadi Ambassador League

Mutiara Hitam dari Papua ini akhirnya berlabuh ke League. TIBO, panggilan akrab Titus Bonai telah menjalin kerjasama dengan League.

Titus Bonai mengikuti jejak beberapa pesepakbola yang terlebih dulu menjadi Ambassador League seperti Kim Jeffrey Kurniawan dan Greg Nwokolo. Selain pemain, League juga menunjuk pelatih Persema, Timo Schunemann sebagai Ambassador.

Titus Bonai (lahir di Kota Jayapura, Papua, Indonesia, 4 Maret 1989; umur 22 tahun) merupakan seorang pemain sepak bola Indonesia yang berposisi sebagai penyerang dan juga dapat diposisikan sebagai gelandang serang ataupun gelandang bertahan. Saat ini ia bermain untuk Persipura Jayapura dan untuk tim nasional U-23 Indonesia. Tibo kini tengah diincar beberapa klub besar nasional dan negara tetangga, Malaysia.

Di sela-sela penandatangan perjanjian kerjasama dengan PT Berca Sportindo selaku Principal League pada Kamis (3/11) yang bertempat di League Senayan City Mall, TIBO menyatakan kebanggaannya bisa menjadi duta bagi produk sepatu Soccer League. TIBO tengah dipersiapkan menjadi duta League mewakili kategori League Soccer (Footwear, Apparel, Equipment).

Pemuda kelahiran Jayapura 22 tahun lalu ini merupakan pilar utama Timnas U-23 yang dipersiapkan menghadapi SEA GAMES 2011. Selain Timnas, TIBO merupakan pemain kunci di klub Persipura Jayapura, dimana musim lalu ia berhasil membawa Persipura Jayapura menjadi juara Liga Super Indonesia.

Menyambut Sea Games, League telah merilis koleksi Garuda Series dengan sepatu Matrix Garuda Seriesnya, dengan bangga memperkenalkan duta terbarunya, Titus Bonai. Selama Sea Games nanti, TIBO akan mengenakan Matrix Garuda Series yang dibuat dengan balutan warna emas, dipadukan dengan kombinasi warna silver dan merah. Pemilihan warna Garuda Series adalah representasi dari warna bendera Indonesia dan warna medali SEA Games, dengan motif corak bulu burung Garuda.

Pada kategori sepatu Soccer, Durotech Sole sebagai salah satu teknologi disisipkan untuk kenyamanan si pemakai. Sedangkan pada sepatu Futsal, fitur L-Pac masih memegang peranan teknologi di sepatu Matrix-Gioro-Classico seri Garuda. League juga hadirkan Garuda Series untuk kategori Junior pada Soccer dan Futsal. Untuk Running, fitur Combo Pad Cushioning System dapat ditemukan pada sepatu Andromeda seri Garuda. League telah melakukan riset terhadap beberapa pemain professional sepak bola, termasuk Tibo, sehingga tercipta sepatu League Matrix Soccer yang sesuai dengan kebutuhan pemain professional di Indonesia.

Dua gol TIBO ke gawang Persiba Bantul pada uji coba Timnas U-23 beberapa waktu lalu menjadi bukti bahwa pemain ini merupakan pemain potensial, pada saat mencetak gol tersebut, TIBO sudah memakai sepatu League Matrix Garuda Series dan merupakan suatu kebanggaan untuk League bisa mendapatkan pemain potensial seperti TIBO. Kedua gol tersebut menggunakan Matrix Garuda, yang secara kualitas tidak diragukan lagi.

OLAH RAGA-Ibrahimovic Tak Sabar Sambut Guardiola di San Siro


Penyerang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, tak sabar menyambut Josep Guardiola, mantan pelatihnya di Barcelona, saat kedua tim bertemu di San Siro 23 November mendatang dalam lanjutan Liga Champions Grup H.

Ibra hanya bertahan semusim di Barcelona karena tak akur dengan pelatih. Lewat otobiografinya, bomber timnas Swedia itu menulis bahwa sang pelatih tak punya nyali dan takut dengan tekanan dari pelatih Madrid saat ini, Jose Mourinho.

“Bagaimana saya akan bereaksi saat Guardiola datang ke San Siro? Saya akan menyambut dia. Kita lihat saja nanti bagaimana dia akan merespon dan apa yang akan terjadi,” ujar Ibra, dikutip dari La Gazzetta dello Sport.

Ini adalah pertemuan kedua Milan dengan Barcelona musim ini. Ibra tak bisa dimainkan karena cedera engkel saat ‘Rossoneri’ bertandang ke Camp Nou bulan September lalu. Kala itu, kedua tim sama-sama berhasil menyarangkan dua gol ke gawang lawan.

Ibrahimovic sebenarnya cukup produktif selama semusim di Barcelona, terlebih ia sering menjadi pemain cadangan. Ia berhasil mencetak 16 gol dari 29 laga di La Liga.

OLAH RAGA-Pemain Senior Ingatkan 'Garuda Muda' Jangan Jumawa

Timnas U-23 sukses membantai Kamboja 6-0 pada partai perdana Grup A SEA Games. Jendry Pitoy pun mengaku bangga, tapi sekaligus mengingatkan jangan cepat puas diri.

Kemenangan Indonesia membuat mantan kiper timnas senior itu terus memberi dukungan.

"Kemarin saya bangga sekali pada timnas U-23 yang sudah menyumbang enam gol bagi Indonesia. Semoga untuk ke depannya, timnas dapat lebih baik lagi karena tim yang menjadi lawan akan lebih sulit lagi. Tetap semangat bagi timnas dan jangan dulu berbangga atas kemenangan yang diraih karena pertandingan masih panjang," ujar Pitoy kepada INILAH.COM saat ditemui di stadion Siliwangi, Selasa (8/11/11).

Pemain kelahiran 15 Januari 1981 ini pun mengaku dukungan yang diberikan tidak disia-siakan timnas U-23. Hasil memuaskan yang diraih, dapat mengharumkan bangsa.

Meski demikian, mantan penjaga gawang timnas senior ini berharap para pemain timnas tetap konsisten dengan permainan di laga perdana. "Jangan dulu merasa puas karena ini baru awal, bukan akhir," katanya

OLAH RAGA-(Pra-Piala Asia U-19 2012) Nasib 'Garuda Muda' di Tangan Jepang dan Korsel

Peluang Timnas U-19 untuk meraih posisi tiga terbaik dan maju babak kualifikasi Piala Asia u-19 2012 masih terjaga. Timnas tinggal menunggu hasil pertandingan Korsel melawan Jepang.

Laga Korea Selatan melawan Jepang, hari Kamis (10/11/2011) ini, dipastikan berlangsung seru. Kedua tim bersaing untuk memperebutkan posisi dua klasemen. Saat ini, Jepang diuntungkan karena memiliki poin 7 sehingga menduduki posisi 2 di klasemen sementara.

Satu tingkat di bawahnya, Korsel memiliki poin 6. Jika sampai Jepang kalah, posisinya melorot ke urutan tiga. Namun jika seri, posisi klasemen akhir tidak berubah.

Timnas Indonesia tentu berharap Jepang bermain ngotot dan berhasil mengalahkan Korsel. Jika itu yang terjadi, Indonesia yang berhak menuju babak final dengan menggeser Korsel. Tetapi jika hasilnya seri, Korsel yang maju karena nilai sama 7 poin namun unggul selisih gol.

Posisi saat ini, dengan memainkan 3 pertandingan, Korsel memiliki poin 6 dan selisih gol 23. Adapun Indonesia, main 4 pertandingan, poin 7 dengan selisih gol 3. Situasi yang bisa membuat timnas Indonesia celaka adalah jika Jepang dan Korsel bermain aman. Sebab jika hasilnya seri, Jepang dan Korsel dipastikan sama-sama lolos.

Sebelumnya, posisi Indonesia yang diwakili tim SAD yang berkompetisi di Liga Junior Uruguay sempat terancam oleh timnas Malaysia. Beruntung, pada laga terakhir melawan Myanmar, Malaysia hanya bermain imbang, 0-0.[anr]

Inilah hasil laga Timnas U-19 di fase Grup G Pra-Piala Asia U-19 2012:

Indonesia 0-0 China
Indonesia 3-0 Makau
Indonesia 1-4 Australia
Indonesia 3-0 Singapura

OLAH RAGA-(Indonesia Premier League) 15 Klub Hadiri Managers Meeting IPL


Managers meeting Indonesia Premier League telah digelar Rabu kemarin, namun tiga klub, yang sebelumnya diklaim bergabung dengan IPL, tidak memunculkan batang hidungnya. Siapa saja mereka?

Sebanyak 15 CEO klub Indonesia Premier League (IPL) menghadiri pertemuan dengan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) di Hotel Alila, Pecenongan, Jakarta, Rabu (9/11/2011) sore. Dalam pertemuan ini, tampak tak ada wakil dari Sriwijaya FC, Persiwa Wamena dan Bontang FC.

Ke-15 klub yang hadir dalam pertemuan itu adalah, Arema, Persebaya, Persema, Persiba Bantul, Persibo, Persidafon, Semen Padang, PSMS Medan, Persiraja, Persijap, Persija, Persib, Mitra Kukar, PSM Makassar, dan Persipura. Sedangkan Bontang FC hingga berita ini ditulis masih dalam perjalanan menuju Jakarta.

"Bontang FC baru saja menelepon saya, katanya masih dalam perjalanan," kata CEO LPIS Widjajanto seperti yang diberitakan situs resmi Liga Prima.

Pertemuan hari ini membahas berbagai kegiatan menuju lanjutan IPL, 26 November mendatang, termasuk regulasi kompetisi dan komersial. Turut dibicarakan soal tawaran struktur kepemilikan saham PT LPIS kepada klub. Para CEO menyambut baik skema saham yang dilontarkan LPIS selaku pengelola kompetisi.

"Ya begini inilah yang kita mau, semuanya diawali dengan transparansi. Tidak seperti dulu-dulu, di awal katanya baik semua tapi pada akhirnya yang terjadi justru sebaliknya," kata Wakil Persiba Bantul, Idham Samawi.

"Yang lebih penting adalah memikirkan bagaimana agar PT-nya untung dulu. Untuk apa punya PT kalau rugi?" kata Dirut PT Kabau Sirah Semen Padang, Erizal Anwar.

Ia berpendapat, klub jangan melulu berpikir soal prosentase saham yang mereka dapat di PT LPIS. Rencananya di awal musim kompetisi, PT LPIS bakal mendistribusikan revenue sharing kepada klub-klub peserta IPL.

OLAH RAGA-Kang Ajat Pertanyakan Misi Persib Ikut IPL

Mantan bintang Persib Bandung Ajat Sudrajat mempertanyakan misi 'Maung Bandung' memilih berkompetisi di Indonesia Premiere League (IPL) yang secara kualitas dinilainya masih di bawah Indonesia Super League (ISL).

”Bisa saja misinya juara. Karena mungkin jadi pertimbangan mengikuti Liga Super sulit untuk jadi juara,” kata Ajat, Rabu (9/11/2011).

Legenda hidup Persib Bandung ini menilai 'Maung Bandung' sepertinya tidak menimbang dari sisi kualitas kompetisi ketika akhirnya memilih mengarungi LPI. Padahal, menurutnya, dilihat dari sisi kepesertaan, tim-tim di ISL lebih mumpuni.

”Keputusan Persib masuk LPI sepertinya tidak menimbang dari sisi kualitas kompetisi. Semua tahu kompetisi LSI lebih berpengalaman dan bagus ketimbang LPI. Lihat saja peserta yang ikut LSI. Mereka tim-tim besar,” jelasnya.

Sebagai catatan, Persib bakal mengarungi kompetisi IPL bersama 14 tim lainnya yang sudah pasti, yakni Persiraja Banda Aceh, PSMS Medan, Semen Padang, Persija Jakarta, Persijap Jepara, Persiba Bantul, Persibo Bojonegoro, Persebaya, Persema Malang, Arema, PSM Makassar, Bontang FC, Persidafon Dafonsoro, dan Mitra Kukar.

Sedangkan tiga klub lain seperti Sriwijaya FC, Persiwa Wamena, dan Persipura Jayapura hingga saat ini masih belum bulat menentukan sikap mereka mau ikut IPL atau ISL. Dan ketiga klub tersebut masih dilobi PSSI untuk mengikuti kompetisi IPL.

”Kalau pun juara, tentunya masyarakat juga akan menilai sendiri, karena lawan-lawannya juga hampir semuanya di bawah Persib,” kata mantan pilar Persib era perserikatan dulu.

Makanya, kata Ajat, misi Persib mengikuti kompetisi IPL itu harus kembali dipertanyakan

OLAH RAGA-Persib Tantang Klub-klub Besar Ikuti IPL


"Saya berharap tim-tim besar yang punya kualitas bagus di Indonesia bisa bergabung bersama Persib di kompetisi nanti," harap Mamic yang dilontarkan usai sesi latihan.

Sebelumnya, Persib sudah memutuskan mengikuti kompetisi Indonesia Premiere League (IPL) karena berada di bawah naungan PSSI.

Persib bakal mengarungi kompetisi IPL bersama 14 tim lainnya yang sudah pasti, yakni Persiraja Banda Aceh, PSMS Medan, Semen Padang, Persija Jakarta, Persijap Jepara, Persiba Bantul, Persibo Bojonegoro, Persebaya, Persema Malang, Arema, PSM Makassar, Bontang FC, Persidafon Dafonsoro, dan Mitra Kukar.

Sedangkan tiga klub lain seperti Sriwijaya FC, Persiwa Wamena, dan Persipura Jayapura hingga saat ini masih belum bulat menentukan sikap mereka mau ikut IPL atau ISL. Dan ketiga klub tersebut masih dilobi PSSI untuk mengikuti kompetisi IPL.

Di sisi lain, Drago Mamic pun mengaku belum mengetahui peta kekuatan para kontestan yang akan berkompetisi bersama timnya di IPL nanti.

Selain itu pada Rabu kemarin (9/11/2011), Robbie Gaspar mengungkapkan akhirnya dirinya resmi menjadi skuad 'Pangeran Biru' setelah meneken kontrak pekan lalu.

”Sudah, saya sudah teken kontrak Sabtu kemarin,” kata Gaspar kepada INILAH.COM usai latihan di Stadion Siliwangi, Bandung (9/11/2011).

Amunisi asing asal Australia ini memang telah bergabung berlatih bersama tim Persib dan mendapat restu dari jajaran pelatih serta manajemen. Namun secara resmi, kotrak Gaspar baru diselesaikan pekan lalu.

Praktis hal itu membuat pemain ini tenang, paling tidak membuat dirinya lebih fokus lagi berlatih bersama Maman Abdurahman cs untuk mengarungi kompetisi musim ini.

”Saya senang sekali. Sebelumnya juga saya sudah tidak khawatir lagi karena belum teken kontrak, tapi sekarang lebih tenang,” ungkapnya.

Pemain dengan nama lengkap Robert Mark Gaspar adalah pemain kelahiran Australia, 7 Februari 1981. Musim lalu dia memperkuat Persema Malang di ajang Liga Primer Indonesia (LPI). Dia bisa memainkan beberapa posisi, seperti gelandang bertahan dan full bek

OLAH RAGA-Kemahalan, Persik Batal Gaet Raja Isa

Kediri - Nama pengisi kursi pelatih Persik Kediri masih tidak jelas usai Raja Isa gagal bergabung. Nilai kontrak eks pelatih Persiram Raja Ampat itu dinilai terlalu tinggi.

Manajemen Persik Kediri tidak mampu memenuhi permintaan gaji yang diajukan Raja Isa. Pelatih berpaspor Malaysia itu minta dikontrak sebesar Rp 400 juta selama satu tahun. Sementara tim Macan Putih hanya mampu mengeluarkan dana Rp 200 juta untuk kursi pelatih yang ditinggalkan oleh Jaya Hartono.

"Kayaknya sudah tidak ada lagi titik temu antara Persik dengan Raja Isa. Kendalanya karena nilai kontrak yang diminta sangat tinggi. Sementara kami hanya mampu mengalokasikan dana setengahnya," kata sekretaris umum Persik Barnadi kepada beritajatim.com, Rabu (9/11/2011).

Imbuhnya, mantan pelatih PSM Makassar itu memang menjanjikan dua sponsor dari negaranya. Tetapi, konsekuensi yang dimintanya terlalu tinggi bagi Persik. Untuk itu, Persik memutuskan untuk mencari alternatif pengganti. Harapannya, adalah seorang pelatih lokal yang bisa menerima tawaran kontrak sesuai kemampuan keuangan Persik.

"Kami tengah menjajaki negosiasi dengan Joko Malis Mustofa. Tetapi, selain Joko masih banyak lagi nama-nama pelatih lokal yang sudah menyodorkan namanya kepada kami. Semuanya akan kita lihat, dan kita pelajari, kemudian kita rapatkan kembali," terang Ketua Pengcab PSSI Kota Kediri itu.

Pengurus Persik beserta ketua umum Samsul Ashar memang melakukan pertemuan langsung dengan Raja Isa pada Selasa (8/11/2011) sekitar pukul 22.00 WIB. Di dalam pertemuan itu, terjadi negosiasi harga untuk sebuah kursi pelatih. Tetapi, sampai pertemuan berakhir, tidak ada kata sepakat. Bahkan, kabarnya, pertemuan diteruskan esok harinya. Namun, tetap tidak membuahkan hasil.

Dalam menghadapi kompetisi Divisi Utama musim 2011/12 yang sedianya kick-off pada 10 Desember mendatang, persiapan dari kesebelasan Persik Kediri memang sangat minim. Utamanya mengenai pendanaan yang hanya mengandalkan bantuan dari konsorsium Liga Primer Indonesia (LPI) sebesar Rp 8 milliar. Dana itu pun kabarnya belum sepenuhnya 'clear' dan bisa dimanfaatkan.

Disisi lain, karena persoalan kursi pelatih yang masih kosong, hingga kini belum ada agenda latihan tim Persik. Skuad Macan Putih sendiri kini dihuni sekitar 17 orang pemain. Hampir kesemuanya adalah pemain baru yang belum memiliki pengalaman dalam kompetisi reguler. Sebab, beberapa orang pemain bintang yang sebelumnya sempat dijanjikan akan dikontrak satu per satu kabur mencari klub yang lebih menjanjikan seperti halnya, Danilo Fernando, Claudio Pronetto dan Legimin Raharjo.

OLAH RAGA-Larang Inter Island Cup, PSSI Otoriter


Pengurus teras PSSI diangap otoriter setelah melarang penggelaran laga eksibisi bertajuk Inter Island Cup (IIC), yang diikuti sejumlah klub elit Indonesia.

Sebelumnya, Komisi Disiplin PSSI, Bernard Limbong, menyatakan akan menjatuhkan hukuman kepada setiap anggota PSSI yang terlibat dalam ajang pemanasan Indonesia Super League (ISL) tersebut.

“PSSI didirikan untuk mendorong kemajuan, tidak untuk jadi tirani. IIC dijadwalkan bahkan dengan spirit ganda, warming up kompetisi, dan membangun spirit atau dukungan untuk tim nasional, sehingga jadwalnya pun disesuaikan pas timnas tidak bermain,” ujar anggota Komite Eksekutif PSSI La Nyall Mattallitti lewat pesan singkatnya.

Limbong justru menganggap gelaran IIC memecah fokus dan dukungan pecinta sepak bola terhadap tim nasional Indonesia yang tengah berlaga di SEA Games 2011.

“Jika Komdis melihat sebaliknya, IIC sebagai bentuk gangguan, maka picik betul pengurus PSSI. Dan jika semua event yg bukan kalender resmi PSSI harus minta izin (yg tatacaranya juga belum diatur rinci), maka semua pertandingan atau turnamen di negeri ini harus dihabisi,” komentar La Nyalla.

“Kepada ketua Komdis, jangan asal bicara, berhentilah berprasangka. PSSI telah kehilangan cara untuk mengisi ruang-ruang rekonsiliasi, apalagi membuat terobosan solutif terhadap keruwetan kompetisi yg kita hadapi. Sekali lagi, stop gaya otoriter!” tutupnya.

Keputusan pengurus baru PSSI membentuk badan hukum pengelola kompetisi dan format kompetisi yang baru dinilai sejumlah klub dan anggota PSSI menyalahi aturan PSSI itu sendiri. Karena itu, sejumlah klub seperti Persipura Jayapura, Sriwijaya FC maupun Persisam Samarinda memilih tak ikut kompetisi baru PSSI bertajuk Indonesian Premier League (IPL), yang dikelola PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS).

Sebaliknya, klub-klub ini mendorong PT Liga Indonesia, pengelola kompetisi musim lalu, untuk melanjutkan kompetisi ISL yang telah berlangsung selama empat tahun terakhir.

La Nyalla dan sejumlah anggota Komite Eksekutif PSSI lainnya juga tak sepakat dengan keputusan koleganya yang dinilainya sarat kepentingan, termasuk ketua umum Djohar Arifin Husin dan wakilnya, Farid Rachman.

OLAH RAGA-Hemat Waktu, Timnas U-23 Sholat Jumat di Stadion


Timnas Indonesia U-23 terpaksa melakukan sholat Jumat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, karena mepetnya jadwal pertandingan melawan Singapura.

Indonesia akan menghadapi Indonesia dalam lanjutan Grup A SEA Games 2011, Jumat (12/11/11) pukul 14.00 WIB. Sementara sebagian pemain timnas adalah pemeluk agama Islam, yang berkewajiban menjalankan ibadah sholat Jumat.

“Ya, untuk menghemat waktu, kita akan menggelar sholat Jumat di stadion. Di Lobi VIP Barat,” terang ketua umum PSSI Djohar Arifin Husin di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (10/11/11).

“Karena kalau kita mau sholat di masjid Al-Bina (areal SUGBK), akan memakan waktu. Belum lagi kalau ada yang meminta foto, meminta tanda tangan dan lain sebagainya. Akan memakan waktu,” lanjutnya.

Hal ini dikonfirmasi pelatih timnas U-23 Rahmad Darmawan di Hotel Sultan, usai memimpin pasukannya berlatih.

“Tadinya kita mau Jumatan di masjid. Tetapi kalau Jumatan di masjid kan kita tidak tahu ceramahnya seperti apa. Kalau ternyata selesainya sampai jam satu lewat takutnya kan pikiran anak-anak sudah kemana-mana, kan gawat,” jelas RD."Kita sholat jam 12 kurang, sehingga bisa jam satu kurang seperempat bisa selesai."

Indonesia akan menghadapi Singapura bermodal kemenangan 6-0 atas Kamboja di laga perdana, sementara Singapura sudah menjalani dua kali, imbang tanpa gol melawan Malaysia dan menang 2-1 atas Kamboja.

OLAH RAGA-Guardiola: Sekarang Madrid Lebih Baik dari Barca

Entrenador Barcelona Pep Guardiola mengakui bahwa sejauh ini Real Madrid tampil lebih baik dari timnya dan itu alasan mengapa anak-anak Madrid mampu menguasai papan klasemen La Liga.

'Los Blancos' saat ini nangkring di puncak klasemen dengan 28 poin dari 11 laga dan unggul tiga poin dari sang juara bertahan Barca.

Guardiola pun lantas tidak cari-cari alasan dan mengakui bahwa performa Madrid awal musim ini sangat menawan, namun dia menambahkan bahwa pertarungan ini belum selesai.

"Jika Madrid bisa unggul tiga poin atas kami, itu karena mereka sejauh ini melakukan tugas yang luar biasa," ujar Guardiola jelang laga Copa del Rey melawan Hospitalet (9/11/2011), seperti yang dinukil dari Goal.com.

"Saya hanya bisa mengakui mereka telah tampil lebih baik dari kami di liga. Kami akan melihat hingga akhir musim apakah tiga poin ini akan menentukan," tukas Pep.

Musim lalu Barcelona menjuarai Liga Spanyol berkat keunggulan empat poin atas Madrid.

OLAH RAGA-(Jordi Alba) Barca Goda Bek Muda Valencia


Barcelona kabarnya tertarik dengan seorang full-back muda Valencia Jordi Alba. Namun sang pemain menegaskan dirinya bahagia di Mestalla.

Jordi Alba menegaskan dirinya tidak merasa terganggu oleh spekulasi menyangkut kepindahannya ke raksasa Spanyol Barcelona.

Pemain berusia 22 tahun itu terus dikaitkan dengan kepindahan ke Camp Nou akhir musim nanti setelah masa depan Eric Abidal di Barca nampaknya masih abu-abu.

Kontrak Abidal akan habis akhir musim nanti namun sampai saat ini belum juga sepakat menyangkut perpanjangan kontrak.

Ditanya soal kemungkinan tersebut, Alba menjelaskan dirinya senang di Valencia dan tidak mau fokus pada pembicaraan seputar bursa transfer.

"Saya tidak memikirkan soal itu karena saya tidak tahu apakah tawaran itu benar adanya atau tidak," ujar Alba, seperti yang dikutip Goal.com. "Saya sangat senang di Valencia dan yang saya pikirkan bagaimana meneruskan hasil bagsu ini dan terus mencapai yang lebih baik,"

"Ada rumor soal itu (perpanjangan kontrak dengan Valencia), tapi saya tidak tahu soal itu," jawab Alba.

"Apa yang saya inginkan adalah bermain dan mendapatkan peran lebih besar di lapangan. Saya hanya fokus pada Valencia," pungkasnya.

OLAH RAGA-(Transfer Edin Hazard) Hazard Cuma Mau ke Real Madrid


Eden Hazard sudah mengungkapkan keinginannya untuk hijrah dari Liga Prancis ke klub yang lebih besar. Pemuda itu pun tidak akan melirik klub lain selain Real Madrid.

Menurut El Confidencial, Hazard telah bertemu dengan direktur Lille dan menegaskan hanya ingin hijrah ke Madrid dan akan menolak tawaran klub lain.

Kabarnya Paris Saint-Germain dan Chelsea telah menyodorkan tawaran sebesar 30 juta Euro, atau setara dengan Rp 360 miliar, tapi bisa gagal jika gagal tampil di Liga Champions. Sementara Arsenal, Bayern Munich, AC Milan. Inter Milan dan Juventus juga terus mengincar pemain berusia 20 tahun itu.

Namun Hazard ternyata lebih ingin mencuatkan namanya di Santiago Bernabeu dalam jangka waktu kedepan.

Direktur olahraga Madrid Zinadine Zidane sebelumnya telah mengungkapkan kekagumannya pada Hazard dan kabarnya legenda Prancis itu bisa menjadi pemicu kepindahan penyerang lincah itu ke 'Los Blancos'.

Hazard saat ini masih terikat kontrak dengan Lille sampai 2015 dan kabarnya dana segar sebesar 40 juta Euro (Rp 480 miliar) dibutuhkan untuk menariknya keluar dari Prancis.

OLAH RAGA-Kaka: Ronaldo Lebih Hebat Ketimbang Messi

Gelandang Real Madrid Kaka memuji performa rekan setimnya, Cristiano Ronaldo. Menurutnya, Ronaldo memiliki skill yang lebih hebat ketimbang Lionel Messi.

Sejak Ronaldo memilih untuk hijrah ke Madrid dari Manchester United dua musim lalu, perseteruan antara Messi dan dirinya dimulai.

Keduanya saling berlomba-lomba dalam melesakkan gol ke gawang lawan. Untuk sementara di musim ini, Messi bercokol di daftar teratas top skorer La Liga dengan 14 gol, unggul satu gol atas Ronaldo.

Kendati demikian, hal itu tak mengurangi penilaian Kaka atas Ronaldo. Menurutnya, Ronaldo memiliki skill yang lebih komplit ketimbang Messi.

"Messi itu layaknya sebuah kendaraan off-road. Tapi, untuk menjadi yang terbaik tidak ditentukan melalui kemampuan individu, tapi melalui kontribusinya dalam tim," ujarnya dalam acara Kajuru Pregunta.

"Cristiano Ronaldo adalah pemain yang memiliki kemampuan paling lengkap di dunia," tambah mantan gelandang AC Milan ittu.

"Dia bisa mencetak gol melalui kepala dan kedua kakinya. Saya rasa Ronaldo adalah pemain terbaik yang pernah bermain bersama saya," tandasnya.

OLAH RAGA-Barca Menang Tipis, Guardiola Kurang Puas

Raksasa Primera Liga Barcelona harus bersusah payah mengalahkan klub kasta kedua, Hospitalet, pada turnamen Piala Raja, Kamis dini hari (10/11/11) WIB.

Barca menang berkat gol tunggal yang dicetak Andres Iniesta dan pelatih Josep Guardiola secara jujur mengakui bahwa ia berharap Andres Iniesta dkk bisa mencetak lebih banyak gol.

“Pertandingan berjalan dengan terbuka. Kami ingin membuat selisih gol yang lebih besar sebelum menjalani leg kedua agar lebih aman, karena kami tak tahu bagaimana kondisi kami nanti sepulangnya dari Jepang,” ungkap Guardiola, seperti dinukil dari situs resmi Barcelona.

Ya, beberapa hari menjelang leg kedua di Camp Nou pada 21 Desember nanti, Barcelona harus ke Jepang untuk menjalani Kejuaraan Dunia Antarklub FIFA.

“Memang lebih baik jika kami bisa mencetak satu gol lagi, tetapi kita lihat saja nanti keadaan kami saat kembali,” lanjutnya.

Seperti biasa, pelatih yang dikenal bersahaja ini memuji Hospitalet atas kegigihan yang mereka tunjukkan.

“Itu pertandingan yang sangat keras antara dua tim yang punya karakter, dan kami harus berjuang keras. Saya ingin mengucapkan selamat kepada Hospitalet karena mereka tim yang bagus dan juga atas permainan yang mereka tunjukkan,” ungkap Guardiola.

“Mereka bermain bagus, terbuka dan bersemangat. Kiper mereka juga luar biasa. Kami agak kesulitan mengurai sistem pertahanan mereka,” sang entrenador menutup.

OLAH RAGA-Inilah Curhat Kaka di Masa Kelam bersama Madrid

Performa terbaik Kaka kembali muncul musim ini bersama Real Madrid, namun cedera otot bagian bawah kakinya membuat come back-nya ke timnas Brasil harus tertunda.

Meski demikian, mantan bintang AC Milan itu mengaku puas atas perkembangan yang ia capai musim ini, setelah banyak berkutat dengan cedera di musim pertamanya di Santiago Bernabeu.

“Saya sangat sedih karena saya berlatih dan bekerja keras tetapi sama sekali tak mengetahui apa yang salah dengan saya,” Kaka mengungkapkan hari-harinya menanti penyembuhan, seperti dinukil dari situs realmadrid.com.

“Meski demikian, saya tetap yakin saya akan kembali ke level tertinggi dan menjadi bintang. Saya tak tahu apakah saya bisa kembali seperti saat saya masih di Milan, tetapi yang jelas saya ingin menjadi pemain yang penting dan berguna bagi tim. Itu motivasi saya,” ungkapnya.

“Ada kalanya saya merasa seperti robot, bergerak kaku di sekitar lapangan. Saya sedih dan saya merasa sakit setelah melakukan latihan peregangangan. Saya tak tahu apa yang terjadi, tetapi saya tak pernah berniat berhenti. Saya seringkali menangis sendiri maupun bersama keluarga,” pemain bernama lengkap Ricardo Izecson Dos Santos Leite itu melanjutkan.

Keadaan semakin buruk setelah beredar rumor bahwa petinggi klub berniat menjualnya di awal musim lalu, namun keteguhan Kaka terbayar.

“Kini saya tampil cukup baik. Saya berbicara kepada pelatih (Jose Mourinho) dan dia bilang dia menginginkan saya di sini. Kemudian, Presiden (Florentino) Perez menjelaskan bahwa mereka tak berniat menjual dan mengatakan saya harus bersabar dan tetap tenang.”

“Saya lebih santai setelah pertemuan itu. Ini adalah tantangan untuk tetap bertahan dan ini juga yang memotivasi saya,” jelasnya.

OLAH RAGA-Oke di Inggris, Silva Nikmati Sukses di Spanyol


Keputusan David Silva untuk hijrah dari Spanyol menuju Inggris dinilai sebuah langkah tepat, karena membuka kesempatannya bermain sebagai skuad utama timnas Spanyol.

Silva hengkang dari Valencia ke Manchester City musim lalu dan telah menyihir Liga Primer Inggris dengan skill dan kecepatannya. Dia pun turut andil membawa City memuncaki papan klasemen.

"Bermain di Inggris sangat jelas membantunya. Itu membuat dia bermain reguler di tim utama Spanyol," ujar kiper Liverpool yang sekaligus kompatriot Silva di timnas Spanyol, Pepe Reina, seperti yang dikutip Goal.com.

"Dia berada diatas sana dan tampil sebagai yang terbaik di Liga Inggris. Dia telah berkembang sejak kedatangannya ke Inggirs, sama seperti Xabi Alonso dan Fernando Torres ketika bergabung dengan Liverpool dan seperti apa yang dilakukan oleh Juan Mata di Chelsea," papar kiper berkepala plontos itu.

"Itu membantu mu menjadi pemain yang lebih baik dengan bermain di Liga yang berbeda," pungkasnya.

Silva sejauh ini selalu menjadi motor serangan 'The Citizens' dengan penetrasi dan skill individu yang mampu menipu bek lawan. Saat ini Silva sudah mencetak empat gol dari 11 laga.

OLAH RAGA-'Suarez Penyerang Terbaik Dunia'

Pujian dilayangkan pemain bertahan Liverpool Daniel Agger kepada rekan setimnya, Luis Suarez. Menurutnya, Suarez memiliki kemampuan untuk menjadi striker terbaik dunia.

Suarez saat ini menjadi teror baru bagi lini pertahanan tim di Liga Primer Inggris. Namun, Agger menegaskan bahwa para pemain bertahan Liverpool harus menghadapinya setiap hari.

Saat ini, beomber berdarah Uruguay itu menjadi top skorer 'The Reds' dengan torehan empat gol. Terkait hal itu, Agger memiliki keyakinan besar bahwa Suarez bakal menjadi penyerang terbaik dunia.

"Saya rasa Anda bisa meilihat sendiri apakah dia pantas atau tidak menjadi penyerang terbaik dunia melalui penampilannya di lapangan," ujarnya pada Liverpool Magazine.

"Semua orang bisa melihat sendiri bahwa dia adalah pemain berkelas. Dia sangat berbeda. Saya tak pernah melihat pemain lain seperti dirinya dan bermain sepertinya."

"Dia tidak memiliki publikasi berlebihan ataupun benda-benda mewah. Dia hanya membawa bola dan mencetak gol, serta membuat peluang bagi dirinya sendiri dan tim."

"Terkadang Anda takkan bisa mempercayayi bagaimana dia bisa mendapatkan bola dan menggocek pemain lawan," sambungnya.

"Jika dia bisa terus mempertahankan performanya. Maka, saya yakin bahwa dia bakal menjadi salah seorang penyerang terbaik dunia," tandasnya.

OLAH RAGA-Owen Ingin Seperti Giggs

Meskipun seringkali absen disebabkan serangkaian cedera yang menderanya. Namun, penyerang Manchester United Michael Owen mengaku masih belum ingin pensiun.

Penyerang berkebangsaan Inggris itu hanya tampil selama sebelas menit saat MU mengandaskan Otelul Galati dua gol tanpa balas di Liga Champions.

Owen terpaksa ditandu keluar lapangan karena mengalami sedikit permasalahan di otot pahanya. Banyak pihak memprediksikan cedera itu bakal mengakhiri karier sepakbolanya. Namun, Owen menolak untuk menyerah.

Owen menegaskan bahwa dirinya kini masih sangat mencintai sepakbola dan berkeinginan untuk bermain lebih lama lagi, layaknya rekannya di MU, Ryan Giggs.

"Saya berusia 31 tahun, jadi saya berpikir bahwa saya masih memiliki beberapa musim lagi sebelum akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu," ujarnya sebagaimana dilansir Sky Sports.

"Saya terinspirasi oleh Ryan Giggs yang masih bisa terus bermain meskipun saat ini telah menginjak usia 37 tahun," sambung mantan penyerang Liverpool itu.

"Dan jika para pemain gaek seperti Giggs masih bisa menjadi pilihan dalam tim, maka hal itu akan sangat luar biasa," lanjutnya.

"Saya seringkali berpikir bahwa saya masih memiliki beberapa musim lagi dan saya masih sangat mencintai sepakbola."

"Bagaimana Anda tidak akan merasa bahagia jika Anda bermain di klub papan atas seperti Manchester United," pungkasnya.

OLAH RAGA-'Nempel' di Bangku Cadangan, Arshavin Mulai Gerah


Penyerang Arsenal asal Rusia, Andrey Arshavin mengungkapkan niatnya untuk hengkang dari London jika dirinya terus 'dilekatkan' di bangku cadangan.

Pemain berusia 30 tahun itu bergabung dengan 'The Gunners' pada 2009 lalu, meski sempat mengkilap perlahan namanya mulai meredup.

Sering dibangku cadangkan oleh Wenger ternyata bisa membuat Arshavin hengkang. Namun dirinya mengakui itu tidka ada dalam agendanya saat ini.

"Saat ini saya tidak berpikir untuk ganti klub. Jika saya akan terus dibangku cadangakan dalam waktu yang lama, maka isu tersebut bisa saja muncul," ungkap Arshavin pada Sport Express.

Arshavin memang digadang-gadang akan segera kembali ke kampung halamannya, Liga Rusia. Tapi dia menegaskan hanya satu tujuan dia yaitu mantan klubnya Zenit St Petersburg.

"Saya masih ingin bermain 90 menit, tapi sekarang saya 'ditempel' di bangku cadangan. Saya tidak ingin bermain dengan klub lain di Liga Rusia selaon Zenit, dan sampai saat ini tidak ada kontak dengan Anzhi Makhachkala," paparnya.

Ditanya siapa yang didukung menjadi tim terbaik musim ini, Arshavin malah menunjuk klub raksasa Katalan yang kerap mengganjal langkah mereka di Liga champions: "Saya masih mendukung Barcelona. Mereka adalah tim terbaik," ucap Arshavin.

INTERNASIONAL-Ini Dia 7 Pelaku Penipuan Internet Terbesar

New York - Kejaksaan Amerika Serikat (AS) menuntut tujuh pelaku penipuan internet terbesar, yang menyerang lebih dari empat juta komputer di seratus negara.

Seperti yang dikutip TheHinduBussinessLine, enam dari tujuh pelaku warga Estonia dan satu Rusia. Serangan itu sudah menimpa lembaga penting AS seperti NASA dan lainnya. Sekitar US$14 juta sudah dihasilkan melalui penipuan in.

Ketujuh pelaku tersebut adalah Vladimir Tsastsin, Timur Gerassimenko, Dmitri Jegorov, Valeri Aleksejev, Konstantin Poltev, Andrey Taame dan Anton Ivanov. Mereka tertangkap dan ditahan di Estonia.

Pihak pengacara AS mengatakan mereka akan segera diekstradisi ke Amerika. Masing-masing pelaku akan dikenakan lima tuduhan yang berkait dengan kejahatan komputer dan terancam hukuman hingga 30 tahun.

"Kasus ini seperti fenomena gunung es, masih banyak lagi yang belum kita ketahui," ungkap Preet Bharara, pengacara pihak AS dari Distrik Selatan New York.

Diungkapkan pula oleh AS, kejahatan ini dijalankan sejak 2007 hingga Oktober 2011.

POLRI-Berbaju Perwira Polisi, Tukang Urut Tipu Korbannya


- Sungguh nekat ulah Endi Hendani. Memperdaya korban yang ditipunya dengan mengaku sebagai perwira polisi berpangkat komisaris besar.

Endi, yang merupakan warga Dusun Bojong Desa Suka Mulya Ciamis Jawa Barat, dalam menjalankan aksi penipuannya selalu mengenakan pakaian dinas Kepolisian. Padahal sehari-hari Endi hanya berprofesi sebagai tukang urut.

Aksinya terbongkar setelah dilaporkan korban yang dikelabuinya, Yulianti (44). Kepada korbannya pelaku mengaku bisa memasukan anak Yuliyanti ke Akademi Kepolisian (Akpol).

Seperti dilansir Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kamis (10/11/2011), Kasat Reskrim Polresta Bekasi Kota Kompol Dedi Murti Haryadi mengatakan penipuan yang dilakukan oleh pelaku ini dilakukan sejak Januari 2011.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Endi harus mendekam di sel tahanan Mapolresta Bekasi Kota dan terancam dijerat dengan Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara

POLRI-Polisi Gadungan Peras Tukang Tambal Ban


Tindakan pemerasan dilakukan polisi gadungan kembali terjadi. Kali ini, seorang tukang tambal ban yang jadi korbannya.

Arif Firdaus (42), seorang tukang tambal ban di Jalan KH Hasyim Ashari Raya No 33 F Jakarta Pusat didatangi pelaku yang mengaku sebagai anggota reserse Polda Metro Jaya, Selasa (8/11/2011), pukul 21.00 WIB. Pelaku menuduh korban telah menebar ranjau paku di lokasi.

Arif Firdaus dan seorang temannya Suhendi kemudian diajak pelaku jalan sambil diancam akan dibawa ke Polda Metro Jaya. Karena takut, Arif dan Suhendi akhirnya menyerahkan uang sebesar Rp500 ribu.

Pada Rabu (9/11/2011) siang, pelaku datang lagi dan meminta uang kepada Arif. Arif curiga kemudian melapor ke Polsek Metro Gambir. Oleh petugas, pelaku kemudian diamankan dan setelah dilakukan pemeriksaan ternyata pelaku merupakan polisi gadungan.

Pelaku berikut barang bukti uang Rp500 ribu, tanda kewenangan Polri simbol reserse dibawa ke Mapolsek Metro Gambir untuk penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

Sedangkan Arif Firdaus dan Suhendi kini tengah dimintai keterangan sebagai korban dan saksi.

HUKUM-Malinda: Insya Allah Pernikahan Siri Saya Sah

Meski menegaskan pernikahannya dengan Andhika Gumilang adalah sah, namun terdakwa kasus pembobolan dana nasabah Citibank, Inong Malinda Dee, mengaku saat itu dia belum resmi bercerai dengan suami pertamanya.

"Statusnya sudah pisah tapi belum terima surat perceraian secara sah dari pengadilan agama," ucap Malinda ketika ditanya statusnya dengan suami terdahulu di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2011).

Menurut Malinda, sejak tahun 2007 ia sudah menerima talak dari suami pertamanya. Namun dari tahun 2007, proses perceraiannya di Pengadilan Agama belum juga selesai, sehingga Malinda masih terikat pernikahan.

Kemudian Malinda dengan Andhika akhirnya menikah pada bulan Agustus 2009,setelah menikah Malinda dan Andhika tingal bersama menempati apartemen mewah apartemen Capital,Sudirman

Ia juga menegaskan bahwa pernikahannya dengan Juan Farerro dianggap sah meskipun status Malinda belum resmi cerai terdaftar di Pengadilan agama. Pernikahan Malinda dan Andhika lanjut Malinda berlangsung secara sederhana dengan dihadiri oleh orang tua,penguhulu dan wali. ”Ada penghulu,orang tua sebagai wali,“ ucap Malinda.

Kemudian hakim menanyakan kembali mengenai status Malinda, terdakwa kasus pembobolan dana nasabah dan pencucian uang tersebut mengaku sah. "insy Allah pak hakim," ucapnya

HUKUM-Cinta Mati, Apapun Malinda Berikan Kepada Andhika


Inong Malinda Dee cinta mati dengan Andhika Gumilang. Apapun diberikan untuk Andhika.

Malinda rela mengeluarkan uang yang cukup banyak. Andhika dibelikan mobil Hummer dan Ferari, serta diberikan uang jajan 5 juta rupiah perbulannya.

Tidak hanya itu saja, Malinda menjalankan bisnis multilevel marketing (MLM) dengan member atas nama Andhika Gumilang agar suami sirinya tersebut mendapat penghasilan tiap bulannya.

”Saya buatkan dua member, tapi semua bisnis MLM-nya saya yang jalankan agar Andhika memiliki income per bulan,“ ucap Malinda di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Kamis (10/11/2011).

Semua yang dilakukan Malinda tersebut semata-mata dilakukan demi cintanya untuk Andhika. ”Kalau sayang pasti, apapun akan diberikan untuk terdakwa,“ ucapnya yang bersaksi untuk terdakwa Andhika Gumilang dalam kasus pencucian uang nasabah Citibank.

HUKUM-"Selain Syuting, Andhika Kerjaannya Nongkrong"


Inong Malinda Dee tidak mengetahui berapa jumlah penghasilan suami sirinya Andhika Gumilang tiap bulan.

Setiap bulannya, Malinda mengaku mentransfer uang jutaan rupiah atas inisiatif sendiri. Kadang-kadang, Andhika yang meminta uang.

Malinda menjelaskan kegiatan Andhika, selain syuting, nongkrong bareng teman-teman artisnya. Jika butuh uang, Andhika akan meminta uang untuk mentraktir temannya.

”Kadang dia juga minta kalau lagi butuh untuk entertaiment dengan teman-teman artisnya,“ ucap Malinda yang menjadi saksi untuk terdakwa Andhika Gumilang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2011).

Andhika tersangkut kasuspidana karena diduga menikmati uang hasil penggelapan dan pencucian yang dilakukan Malinda ketika menjadi Relationship Manager Citibank.

HUKUM-(Bos Warteg Hamili Anak Buahnya) Pertama Kali Diajak Seks, Korban Dicekoki Miras

Dari pengakuan Sahuri (48) si pelaku yang akrab dipanggil Bewok melalui Kasubag Humas Polres Jakarta Selatan, AKP Aswin mengatakan, pertama kali pelaku bisa meniduri anak buahnya dengan cara memberikan minuman keras (miras). Korban dicekoki miras hingga mabuk dan tak sadarkan diri.

"Biasanya, si korban tidur di kamar atas, tapi pelaku meminta untuk tidur di bawah yang sebelumnya telah dicekoki miras hingga mabuk. Saat itulah pelaku berhasil menguasai tubuh korban," kata Aswin di Mapolres Jaksel, Selasa (8/11/2011).

Korban disetubuhi sebanyak 10 kali dan berlangsung sejak April 2011 lalu hingga akhirnya korban hamil. Hal ini pun diketahui istri pelaku, kemudian korban dipulangkan ke kampung halamannya ke Tegal dengan imbalan Rp1.500.000.

Saat di kampung halamannya, orang tua korban curiga dengan perubahan yang terjadi di tubuh korban. Kemudian korban pun diperiksa di Puskesmas di daerahnya, dan diketahui hamil 5 bulan.

Setelah itu, pihak keluarga mendatangi warteg tempatnya ia bekerja di Jakarta sekaligus melaporkan ke polisi. "Kita sudah menyita sejumlah barang bukti seperti surat visum dan surat keterangan lahir milik korban. Selain itu kita juga periksa tersangka sekaligus dua orang saksi," tambah Aswin.

Menurutnya pelaku dikenai Pasal 81 UU perlindungan anak dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara dan Pasal 287 KUHP tentang perkosaan di bawah umur dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

HUKUM-Pelayan Warteg Diperkosa Bos Hingga Hamil

Seorang pemilik warung tegal (warteg) berinisial SH (48), tega menyetubuhi anak buahnya RB (16) hingga hamil. Saat ini SH diamankan di Mapolres Jakarta Selatan, setelah korban melaporkan perbuatan bejat majikannya tersebut.

Menurut Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Jakarta Selatan, AKBP Budi Irawan, RB (16) telah menjadi korban kebejatan dari SH, pemilik warteg di kawasan Kebayoran Baru sejak beberapa bulan terakhir.

"Korban mengaku telah diperkosa sebanyak 10 kali, hingga akhirnya hamil dengan usia kandungan sekitar dua bulan," ujar Budi Irawan, Senin (7/11/2011).

Pelaku mengaku khilaf karena tergiur oleh kemontokan tubuh anak buahnya yang setiap hari ia lihat. Sehingga ia tak mampu menahan syahwatnya untuk melakukan tindakan bejat terhadap gadis berusia 16 tahun yang merupakan anak buahnya sendiri.

Terkait hal ini, pelaku dikenai pasal 285 KUHP dan juga UU Perlindungan Anak dengan ancaman 15 tahun penjara. "Korban dipaksa untuk memuaskan syahwatnya. Sehingga pelaku dikenai pasal 285 dan UU Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara," ujar Budi.

Sementara pelaku hanya mengatakan khilaf dan menyesali perbuatannya saat petugas dari Unit Perlindungan Perempuan dan Anak, Polres Jakarta Selatan membawanya untuk menjalani pemeriksaan. "Saya khilaf pak dan benar-benar menyesal," ucap SH

NUSANTARA-Diancam Bakal Dilempari Tinja, Polisi Mundur

Sejumlah anggota kepolisian berpakaian preman dan dinas memilih mundur setelah diancam akan dilempari tinja oleh mahasiswa yang menggelar aksi demo di depan Kampus UKI.

Sejumlah anggota polisi berpakaian preman ini memilih mundur dari pada harus kembali menjadi sasaran pelemparan tinja yang dilakukan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Jaringan Kampus (Jarkam), yang mengelar aksi demontrasi di Jalan Raya Mayjen Sutoyo, Jakarta Timur.

Akhirnya aksi unjuk rasa mahasiswa yang membuat kemacetan di jalan tersebut pun berjalan tanpa pengawalan polisi. Hingga aksi demo yang berlangsung lebih dari dua jam, sama sekali tidak terlihat ada satu pun polisi yang muncul untuk berupaya membubarkannya.

"Sebelumnya sejumlah anggota polisi ada yang dikejar-kejar seorang mahasiswa dengan memegang kotoran manusia untuk dilempar ke polisi yang pakai pakaian preman itu. Untungnya mereka berhasil lolos menyeberangi jalur pembatas," kata Ardian seorang mahasiswa yang tergabung dalam Jaringan Kampus (Jarkam).

Para mahasiswa pun tak henti-hentinya membakar ban bekas di tengah jalan seraya meneriakkan yel-yelnya. Dan peristiwa ini pun tampak sengaja dibiarkan oleh aparat kepolisian.

Dari pantauan INILAH.COM, sejumlah polisi terlihat menjauh dari lokasi demo mahasiswa. Dan kondisi kemacetan di ruas Jl Mayjen Sutoyo dari arah Rawamangun menuju Cililitan pun tampak semakin semrawut. Pasalnya jalur yang mestinya untuk satu jalur itu terpaksa digunakan dua jalur

OMONGAN-Makna Pahlawan Jangan Alami Devaluasi


Heroisme dan kepahlawanan di Indonesia tidak boleh mengalami devaluasi. Karena itu, kepahlawanan masa kini harus diwujudkan dengan kreativitas dan aktivitas nyata yang bermakna mendalam bagi rakyat banyak.

Para kreator dan aktor yang mampu membebaskan rakyat dari ketidakadilan, kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan, merupakan kekuatan penerus spirit kepahlawanan, yang seyogianya digelorakan untuk memperkuat integrasi nasional.

Para aktor dan kreator yang heroik tentu anti-KKN, dan mengabdikan hidupnya demi kebajikan dan kemanusiaan, sepi ing pamrih rame ing gawe (sunyi dari kepentingan pribadi, namun giat bekerja/berkarya nyata)

Para sosiolog dan sejarawan sering menyebutkan bahwa karakteritik seorang pahlawan sejati adalah keberanian, kebangsawanan hati dan jiwa serta kejujuran hati nuraninya dalam menilai setiap keadaan,

Sang pahlawan adalah sosok semasa hidupnya berani bertindak karena benar. Ia selalu bersedia berkorban untuk kepentingan orang banyak/umum. Ia tidak mudah goyah di tengah-tengah godaaan untuk menghimpun kekayaan dan kekuasaan bagi diri sendiri. Orientasi yang konstan dari seorang pahlawan sejati adalah kepentingan bersama diatas segala-galanya dan ini mutlak untuk diharuskan.

Nilai kepahlawan itu sendiri sebenarnya tidak terbatas pada suatu masa atau suatu bidang kehidupan tertentu saja. Potensi dan intuisi kepahlawan itu sendiri akan selalu ada dan hidup di dalam diri orang yang memiliki bakat untuk itu, dan ini akan selalu ada disegala zaman dan disegala bidang kehidupan.

Antropolog Universitas Diponegoro Semarang, Agus Maladi Irianto menilai, nilai-nilai kepahlawanan harus direvitalisasi agar sesuai konteks permasalahan yang dihadapi dewasa ini. Makna kepahlawanan saat ini tidak dapat lagi dipahami dalam konteks perjuangan fisik seperti yang dilakukan para pejuang di zaman penjajahan dulu, namun harus disesuaikan dengan situasi terkini.

Menurutnya, makna kepahlawanan lebih tepat diberikan kepada orang-orang yang memiliki kreativitas dan daya saing tinggi yang berjasa besar bagi pembangunan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Dengan gelar kepahlawanan yang bermakna mendalam bagi rakyat, integrasi nasional diharapkan bisa terjaga. Selain itu, masyarakat dapat diilhami dan disemangati oleh spirit heroisme yang kontekstual dengan zamannya. Sehingga tidak ada devaluasi dalam memaknai kepahlawanan di negeri ini. Kepahlawanan harus dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat, lalu bangsa dan negara.

AGAMA-Jemaah Haji Meninggal di Arab Capai 169 Orang

Mekah - Jamaah calon dan haji Indonesia yang wafat hingga Rabu (9/11) pukul 18.47 waktu Arab Saudi (WAS) atau 22.47 WIB mencapai 169 orang, dengan rincian jamaah haji reguler mencapai 162 orang dan haji khusus atau ONH plus sebesar tujuh orang.

Data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama menunjukkan, jamaah wafat terbanyak berasal dari embarkasi SUB (Surabaya) 35 orang, disusul embarkasi SOC (Solo) 29 orang, embarkasi JKS (Bekasi/Jawa Barat) 21 orang, embarkasi JKG (DKI Jakarta) 19 orang, embarkasi MES (Medan) dan embarkasi UPG (Makassar) masing-masing 13 orang.

Penyakit yang menyebabkan jamaah wafat terbesar disebabkan penyakit sistem sirkulasi 121 orang, penyakit sistem pernafasan 34 orang, serta penyakit endokrin nutrisi dan metal lima orang.

Jamaah yang wafat terbesar adalah pria sebesar 120 orang dan 49 orang wanita.

Usia yang wafat terbesar adalah diatas 60 tahun sebesar 121 orang, usia 5059 tahun 49 orang, usia 40-49 tahun sebanyak tujuh orang serta usia 40 tahun ke bawah satu orang.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Arsyad Hidayat mengatakan, untuk proses pemulangan kelompok terbang (kloter) pertama yang akan mengangkut jamaah haji pulang ke Indonesia dimulai 11 November dengan 14 penerbangan menuju berbagai debarkasi.

"Mulai 11 November sudah dimulai pemulangan jamaah haji Indonesia ke berbagai penjuru daerah, dan akan bertahap selesai hingga 10 Desember dengan total seluruh kloter 503 penerbangan," kata Arsyad.

Para jamaah haji yang pulang minggu-minggu ini, katanya, adalah jamaah yang sebelumnya telah melakukan arbain di Madinah dan mereka termasuk dalam kloter awal kedatangan di Arab Saudi.

"Sementara jamaah haji Indonesia yang datang masuk kloter-kloter akhir dan usai menjalankan ibadah haji, beberapa hari ini secara bertahap akan diarahkan menuju Madinah untuk Arbain," ujar Arsyad

PERTAHANAN-Inilah Daftar Kebudayaan yang Diklaim Negara Lain


Beberapa negara terutama Malaysia mengklaim beberapa karya batik dan kebudayaan lain adalah kebudayaan negara tersebut.

Berbagai reaksi muncul dari berbagai kalangan, pada intinya menyayangkan dan mengecam pengambilalihan atau klaim budaya itu. Reaksi ini sangat positif, namun untuk menjadi jalan keluarnya perlu pembuktian.

Para peneliti muda dari Bandung fe Institute berhasil membuktikan bahwa karya kebudayaan yang diklaim itu milik Indonesia. Juga beberapa arkeolog, sejarawan dan antropolog, geolog dan lain-lain.

Dengan riset, maka semua klaim mengklaim akan terbukti kesalahan, yang artinya dunia riset harus dihidupkan bukan hanya soal pengembalian kebudayaan yg hilang, tetapi untuk menatap Indonesia ke depan yang lebih baik.

"Pemerintah Malaysia terutama, selama ini melakukan berbagai klaim sepihak karena memanfaatkan lemahnya dunia riset kita," kata Staf Khusus Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Andi Arief kepada INILAH.COM, Kamis (10/11/2011).

Inilah daftar kekayaan kebudayaan Indonesia yang dikaim negara lain:
1. Klaim Batik Jawa Oleh Adidas
2. Klaim Angklung oleh Pemerintah Malaysia
3. Klaim Gamelan oleh Pemerintah Malaysia
4. Badik Tumbuk Lada oleh Pemerintah Malaysia
5. Naskah Kuno dari Riau oleh Pemerintah Malaysia
6. Naskah Kuno dari Sumatera Barat oleh Pemerintah Malaysia
7. Naskah Kuno dari Sulawesi Selatan oleh Pemerintah Malaysia
8. Naskah Kuno dari Sulawesi Tenggara oleh Pemerintah Malaysia
9. Rendang dari Sumatera Barat oleh Oknum WN Malaysia
10. Sambal Bajak dari Jawa Tengah oleh Oknum WN Belanda
11. Sambal Petai dari Riau oleh Oknum WN Belanda
12. Sambal Nanas dari Riau oleh Oknum WN Belanda
13. Tempe dari Jawa oleh Beberapa Perusahaan Asing
14. Lagu Rasa Sayang Sayange dari Maluku oleh Pemerintah Malaysia
15. Tari Reog Ponorogo dari Jawa Timur oleh Pemerintah Malaysia
16. Lagu Soleram dari Riau oleh Pemerintah Malaysia
17. Lagu Injit-injit Semut dari Jambi oleh Pemerintah Malaysia
18. Tari Kuda Lumping dari Jawa Timur oleh Pemerintah Malaysia
19. Tari Piring dari Sumatera Barat oleh Pemerintah Malaysia
20. Lagu Kakak Tua dari Maluku oleh Pemerintah Malaysia

OMONGAN-Kepahlawan Kini Adalah Perjuangan Lawan Korupsi


Heroisme dan kepahlawanan di Indonesia seharusnya tak hanya dibatasi pada perjuangan melawan serdadu penjajah seperti Belanda atau negara asing lainnya. Sama-sama demi mempertahankan tanah air dan kekayaannya, kepahlawanan masa kini seharusnya juga adalah bentuk nyata perjuangan memberantas dan menolak perilaku korupsiyang juga berdampak memelaratkan orang banyak.

Makna kepahlawanan seperti itu lah yang setidaknya diresapi oleh Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Haryono Umar. Perjuangan masa kini, katanya, adalah perjuangan untuk menolak dan bahkan berani memberantas korupsi itu sendiri karena faktanya hanya memperkaya segelintir orang dan memiskinkan negara berserta rakyatnya.

“Pahlawan saat ini adalah mereka yang ikut melawan korupsi,” tandas Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan itu kepada INILAH.COM melontarkan pandangannya apa makna Hari Pahlawan 10 November yang bertepatan jatuh pada hari ini, Kamis (10/11/2011).

Carannya pun, tentu bukan konvensional seperti perjuangan sebelum kemerdekaan yaitu dengan angkat senjata. Seiring dengan berkembangnya jaman dan dan peran masing-masing orang, pahlawan pemberantas korupsi pun melakukan perjuangan melalui bidangnya masing-masing. Tak hanya penegak hukum, setiap orang sebenarnya memiliki kewajiban untuk memberantas atau setidaknya mencegah korupsi itu sendiri.

Sama seperti orang awam lainnya, tentunya Haryono juga memiliki tokoh kepahlawanan yang sangat diidolakannya. Seorang Mohammad Hatta atau yang dijuluki Bung Hatta adalah ternyata tokoh pahlwan yang sangat mengispirasi Haryono Umar dalam upaya perjuangannya. Tentu perjuangan dalam kapasitasnya sebagai Pimpinan sebuah lembaga pemberantasan korupsi.

"Dia (Bung Hatta) sangat peduli dengan masyarakat kecil, dia pengggas ekonomi kerakyatam\," ujarnya mengenai sosok Wakil Presiden RI ke-dua itu.

PERTAHANAN-Nasionalisme Perlu Ditanamkan untuk Anak Muda

Yogyakarta - Nasionalisme penting untuk pembinaan anak bangsa agar mereka menjadi pahlawan dalam persaingan global.

"Oleh karena itu, nasionalisme harus tetap ditanamkan pada generasi muda," ujar Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X usai memimpin upacara bendera memperingati Hari Pahlawan 2011 di Alun-alun Utara Yogyakarta, Kamis (10/11/2011).

Menurut dia, dengan nilai kepahlawanan itu anak-anak muda akan mempunyai kemauan membangun integritas sebagai dasar membangun masa depan bangsa dalam konteks persaingan global.

"Predikat pahlawan tidak harus disematkan kepada mereka yang sudah meninggal. Anak-anak muda yang mempunyai karakter kepahlawanan pun layak disebut pahlawan," katany

PERTAHANAN-Veteran Sesalkan Terkikisnya Nilai Patriotisme


Amlapura - Mantan pejuang di Kabupaten Karangasem, Bali, menyesalkan terkikisnya nilai-nilai patriotisme para generasi muda.

"Saya sangat miris melihat fenomena generasi muda saat ini yang nyaris hilang rasa bela bangsanya," kata Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Karangasem, I Wayan Tangkas, seusai peringatan Hari Pahlawan di Amlapura, Kamis (10/11/2011).

Ia berharap masyarakat tidak memperingati Hari Pahlawan sebatas seremonial saja, melainkan ada aksi realitas yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Peringatan Hari Pahlawan saat ini menurut Tangkas merupakan perwujudan rasa hormat dan penghargaan atas jasa pahlawan yang telah mengantarkan bangsa ini kepada kemerdekaan dengan segala pengorbanan, sekaligus mewarisi semangat kepahlawanan sebagai inspirasi memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa mengisi kemerdekaan melalui pembangunan.

Menanamkan komitmen moral dan kejuangan dalam meneruskan cita-cita apara pahlawan dengan bekerja lebih keras, ulet serta penuh pengabdian kepada bangsa dan negara dilandasi semangat kesetiakawanan sosial nasional sangat diperlukan saat ini.

Karena nilai-nilai kepahlawanan tersebut terbukti mampu menjadi perekat persatuan bangsa sehingga peringatan Hari Pahlawan memiliki makna penting dan strategis.

Ia mengajak generasi muda agar menangkap makna nilai patriotik melalui realitas keteladanan, menghilangkan sikap ego sentralisme yang dapat mengikis nilai persatuan, dan memupuk nilai nilai perjuangan.

NUSANTARA-PNS Asyik Makan Saat Upacara Hari Pahlawan

Lampung - Organisasi kepemudaan Kabupaten Waykanan, Lampung, GP Ansor dan Karang Taruna Waykanan, Lampung menyayangkan beberapa oknum pejabat yang menikmati snack atau makanan kecil ketika upacara Hari Pahlawan sedang belangsung.

"PNS sebagai aparatur negara tentu harus memberi contoh dan teladan, tindakan semacam itu sangat kami sayangkan," tegas Ketua GP Ansor Waykanan, Supri Iswan, Kamis (10/11/2011).

Seharusnya, lanjut Supri, hal itu tidak terjadi mengingat upacara hari ini dilakukan untuk menghormati jasa pahlawan pendiri bangsa. "Kita sebagai generasi penerus sebaiknya tidak berperilaku seperti itu, terlebih, diakui atau tidak, tanpa pengorbanan mereka kita tidak bisa menikmati Indonesia saat ini," ujar Supri.

Senada dengan Supri, Sekretaris Karang Taruna Waykanan Abdul Kodir Zaelani menyayangkan kejadian tersebut. "Saat ini kita hanya bisa dikatakan duduk menikmati hasil perjuangan bertahun-tahun lamanya, jika hanya upacara beberapa menit dinodai dengan perbuatan semacam itu, tidak etis sekali," tegas Zaelani.

Saat upacara sedang berlangsung, beberapa oknum pejabat Pemerintah Kabupaten Waykanan, Lampung jutsru menikmati snack yang semestinya disantap seusai upacara berlangsung.

Sementara beberapa janda veteran terlihat khusyuk dan sebagian menitikan air mata saat upacara dan pembacaan doa untuk mengenang jasa pahlawan berlangsung.

Kedua organisasi itu meminta Bupati Waykanan Bustami Zainudin memberi sanksi tegas atas perbuatan beberapa oknum pejabatnya. "Supaya tidak terulang, bupati harus memberikan sangsi kepada oknum bawahannya tersebut," ujar Zaelani.

KAB.SUMENEP-Upacara Hari Pahlawan, Belasan Siswa 'Tumbang'


Belasan siswa peserta upacara Hari Pahlawan, Kamis (10/11/11) di halaman Pemkab Sumenep, pingsan.

Para siswi yang 'tumbang' tersebut merupakan siswa SMA dan MTs di Sumenep. Mereka tiba-tiba lemas dan roboh di lapangan saat upacara masih berlangsung.

Kontan pingsannya belasan siswa tersebut membuat panik peserta siswa yang lain. Untungnya, tenaga kesehatan yang berjaga di pinggir lapangan siaga, dan langsung menggotong para siswa yang pingsan ke pinggir lapangan.

Bahkan satu siswa terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Daerah, dr. H. Moh. Anwar Sumenep yang ada di depan kantor Pemkab, menggunakan becak. Siswa ini dilarikan ke rumah sakit, karena kondisinya sangat lemas.

Salah satu siswi SMAN 2 Sumenep yang sempat pingsan, Silvi, mengaku tidak tahu mengapa dirinya tiba-tiba pingsan. "Padahal saya tadi sudah sarapan. Tapi waktu upacara tiba-tiba pusing, lemas, terus saya pingsan," katanya.

Silvi mengatakan, dirinya tidak pernah pingsan sebelum-sebelumnya. "Saya ya sehat-sehat saja, tidak sakit apa-apa. Tapi gak tau tadi kok tiba-tiba pingsan," tuturnya.

Sementara salah satu petugas kesehatan, Imam muthari, mengungkapkan, pingsannya sejumlah siswa rata-rata karena kondisi siswa yang tidak fit. "Mereka kelelahan. Apalagi kondisi cuaca saat ini gak enak. Ini kan peralihan cuaca. Jadi cukup mempengaruhi kondisi kesehatan siswa," ungkapnya.

PROVINSI JATIM-(Upacara Hari Pahlawan) Soekarwo Minta SBY Jadi Irup Tahun Depan

Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang diadakan Pemprov Jatim di halaman Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis (10/11/2011), dihadiri 1.500 peserta upacara dipimpin Inspektur Upacara (Irup) Gubernur Jatim Soekarwo.

Dalam kesempatan itu, Soekarwo mendapatkan buku kenangan sejarah berjudul "Battle of Surabaya" dari penulis asal Australia bernama Frank Palmos. Frank adalah warga Australia kelahiran 20 Januari 1940 di Melbourne, Victoria.

Selain itu, Pakde, panggilan akrabnya, juga menyerahkan secara simbolis bingkisan kepada perintis kemerdekaan dan janda perintis kemerdekaan serta veteran sejumlah 431 orang.

"Peristiwa 10 November 1945 itu luar biasa. Ini karena rasa persatuan dan kesatuan serta motivasi untuk lepas dari penjajahan, perjuangan jauh mendahului negara. Ini fakta sosial tentang kebangsaan sudah sejak awal dan melebihi fakta politik," kata Pakde kepada wartawan di Tugu Pahlawan Surabaya.

Sayangnya, rencana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) atau Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri yang menghadiri langsung upacara Hari Pahlawan di Surabaya batal. Ini karena Presiden SBY memimpin upacara di TMP Kalibata Jakarta.

"Kami telah kirim surat ke pusat agar Hari Pahlawan dijadikan peristiwa nasional dan hari peringatan nasional yang dipusatkan di Surabaya. Lebih lanjut kami minta tahun depan, presiden, wapres dan menteri-menteri harusnya bisa hadir di Surabaya," tegasnya.

Mengenai pemberian buku sejarah yang ditulis warga kebangsaan Australia, menurut Pakde, itu bisa menjadi tambahan bukti sejarah. "Saya sendiri belum baca buku itu dan pasti akan saya baca. Sejarah itu semakin lama semakin apa adanya," tuturnya

OMONGAN-(Tjipta Lesmana) Hary Tanoe-Surya Paloh Tak Punya Grassroots


Bergabungnya pengusaha Hary Tanoesudibyo ke Partai NasDem bukanlah jaminan partai baru ini bisa meraup suara besar di Pemilu mendatang. Salah satu faktornya adalah kurangnya pendukung akar rumput.

“Mereka tidak punya pendukung akar rumput,” papar pakar Ilmu Komunikasi Tjipta Lesmana, Rabu (9/11), ketika diminta komentar soal bergabungnya pengusaha Hary Tanoesudibyo ke Partai Nasionalis Demokrat (NasDem).

Menurut Tjipta, sosok Hary Tanoe yang memiliki sejumlah media massa juga tidak bisa menjadi jaminan akan memuluskan langkah partai itu. “Tidak berarti orang yang menguasai media menang, itu paradigma yang ngawur,” imbuhnya. Berikut wawancara lengkapnya.

Bagaimana komentar Anda terkait kolaborasi Surya Paloh dan Hary Tanoesudibyo di Partai NasDem. Apakah kolaborasi dua pemilik media besar akan memuluskan jalan Partai NasDem?

Tidaklah. Saya melihat peluangnya tipis Partai NasDem bisa meraup dukungan. Koalisi antara Surya Paloh dan Hary Tanoe, peluang menjadi presiden dan wapres 2014 tipis, mereka tidak punya pendukung akar rumput (grassroots).

Bukankah keduanya pemilik grup media yang tidak diragukan lagi, apakah modal ini tidak cukup?

Untuk bisa memenangkan Pemilu itu ada empat syarat utama yakni pertama, tokoh dikenal luas rakyat dalam arti prestasi diakui oleh rakyat banyak. Kedua, mesin partai juga harus kuat, seperti Partai Golkar yang memiliki 60 persen gubernur dan bupati se-Indonesia. Nah, Partai NasDem lemah.

Ketiga, akar rumput atau grassroots. Saya melihat Partai NasDem tidak punya akar rumput, misalnya seperti PDIP yang punya akar rumput. Dan keempat adalah modal. Dalam hal ini, memang Hary Tanoe kuat dalam modalnya. Dilihat dari empat kriteria ini saya tidak yakin mereka akan unggul.

Bagaimana dengan posisi media yang dimiliki keduanya?

Memang media massa cukup penting untuk kampanye. Namun tidak berarti orang yang menguasai media menang, itu paradigma yang ngawur. Media bisa membantu sukses kampanye kalau itu betul. Media memang memberikan kontribusi besar tapi tidak berarti siapa yang menguasai media menang, harus ada empat syarat tadi untuk memenangkan pemilu.

Bagaimana Anda melihat prospek Partai NasDem ini?

Partai NasDem susah untuk berkembang pesat dalam tempo yang begitu cepat. Jangan lupa, pemilu sebentar lagi akhir tahun depan kampanye, waktu sudah mepet, bagaimana Partai NasDem bisa menggerakan rakyat, itu amat sangat berat.

HPR (Hewan Perwakilan Rakyat)-(Perilaku Wakil Rakyat) Laporan Perselingkuhan DPR Sering Dicabut

Badan Kehormatan (BK) DPR akan memastikan kabar yang menyebutkan wanita berinisial Z telah mencabut laporan atas Wakil Ketua Komisi IV dari Partai Demokrat Herman Khaeron.

"Kita belum tahu laporan sudah dicabut atau belum,," ujar anggota BK Ali Machsan Moesa kepada INILAH.COM, Kamis (10/11/2011).

Hingga kini pihak BK masih melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut. Berdasarkan pengalaman, beberapa pelapor kasus asusila mencabut laporannya sendiri.

"Itu sangat mungkin terjadi. Yang sebelumnya juga begitu, kita panggil tapi alamat tidak jelas," terang politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ali menegaskan, BK sangat berhati-hati dalam menyelidiki kasus ini karena kerap dianggap bernuansa politik. "Makanya kita hati-hati. Ada yang ingin menjatuhkan lawan politiknya juga. Politik ini kejam," katanya.

HUKUM-Ini Alasan OC Kaligis Mundur Bela Nazaruddin

OC Kaligis mengundurkan diri sebagai tim pembela tersangka kasus dugaan suap proyek pembangunan wisma atlet SEA Games, Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan, M Nazaruddin. Kaligis membeberkan sejumlah alasan pengunduran diri membela Nazaruddin.

”Semula saya melihat bahwa M Nazaruddin sungguh-sungguh menegakkan keadilan dengan sebut siapa yang terlibat, tapi saya pelan-pelan lihat banyak yang masuk, jadi saya memikirkan, saya jalan atau mengundurkan diri, karena sekarang saya tak mau konspirasi ketidakadilan,“ ucap OC Kaligis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2011).

Kaligis mengaku kecewa karena kliennya tidak sejalan dengannya untuk membuka dan membeberkan nama-nama oknum yang diduga terlibat dalam kasus Wisma Atlet. Karena menurutnya itu menyangkut integritas dan keprofesionalan Kaligis sebagai pengacara.

”Saya pernah ajukan ke Nazarudin, tapi Nazarudin bilang jangan dulu karena saya selalu bilang integritas saya, tapi sudah banyak buktinya waktu saya minta jadi saksi ahli untuk berikan testimoni. Itu KPK tidak izinkan, KPK tidak inginkan ada agenda terbesar,“ beber dia.

Dia mengaku sudah berkomitmen untuk membantu Nazaruddin membuka kebenaran tanpa adanya rekayasa dan konspirasi. ”Saya mau komit membantu kalau dia terbuka kebenaran, saya tidak mau direkayasa. Karena ini bagian konspirasi untuk tutupi yang lain. Lihat saja Candra (Wakil Ketua KPK Candra M Hamzah) 4 kali silahturahmi sama Nazaruddin ada apa itu, tapi nyatanya tidak ada pelanggaran kode etik?“ sesal Kaligis.

Ia menduga, ada konspirasi dari tim pembela baru seperti Elsa Syarief yang disinyalir orang dari pihak KPK. ”Kalau Elsa sih saya dengar orangnya Busyro (Ketua KPK Busyro Muqoddas) dan Bibit (Wakil Ketua KPK Bibit Samad Rianto) saya dengar, saya ingin hanya membuka kebenaran dan keadilan,“ kata dia

HUKUM-OC Kaligis Keluar dari Tim Pembela Nazaruddin

Pengacara kondang yang menangani kasus korupsi Wisma atlet SEA Games Palembang OC Kaligis, mengundurkan diri dari tim pembela M Nazaruddin.

Alasan Kaligis untuk mengundurkan diri lantaran kasus korupsi Wisma Atlet Palembang dinilai sudah penuh konspirasi dibandingkan dengan upaya penegakan hukum. “Kalau lama-lama seperti ini, saya lebih baik mundur dari tim pembela. Apa-apa dibuat konspirasi, suruh bilang ini, suruh bilang itu,“ ucap OC Kaligis ditemui di sidang pra peradilan Nazarudin di PN Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Kamis (10/11/2011).

“Saya ini profesional. Kalau ikuti saran saya sejak di Singapura, saya jamin 100 persen bebas (Nazaruddin). Ini kan tidak, disuruh ini, disuruh bilang itu,“ sesal Kaligis.

Dia mengaku, lebih baik menangani kasus di luar negeri ketimbang di dalam negeri yang penuh konspirasi. Selain itu, bayaran pengacara di luar negeri jauh lebih tinggi. “Lebih baik saya menangani perkara di luar negeri saja. Lebih banyak fee? Saya kira iya. Saya mengajar di negara lain, di universitas-universitas. Saya bisa berbahasa Jerman, Latin, Belanda, Inggris. Saya lebih baik menangani perkara di luar,“ ujar Kaligis.

Kaligis juga mengaku dipermainkan peradilan di Indonesia, karena sidang Praperadilan Nazaruddin juga tidak kunjung selesai. "Tergugat bolak-balik tidak datang. Ada apa ini? KPK bilang patuh dan taat hukum. Hukum acara saja tidak tahu,“ terang dia.

Dia membantah pengunduran ini karena ketidakcocokan dengan tim kuasa hukum lainnya. “Bukan. Sekarang saja, sidang praperadilan sudah hampir sebulan belum selesai," ujar dia

PERTAHANAN-Asrama dan Kos Mahasiswa Papua Digeledah Oknum TNI

Sejumlah kos dan asrama mahasiswa yang berasal dari Papua di kampus Jawa dan Bali dikabarkan digeledah oleh oknum aparat gabungan TNI dan Polri selama dua hari terakhir ini.

Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang aktivis mahasiswa dari Papua, Ismail Asso. Dia mengatakan mendapat informasi bahwa selama dua hari terakhir ini sejumah kos dan asrama yang diisi oleh mahasiswa dari Papua digeledah oleh aparat gabungan TNI/Polri.

"Dalam dua hari terakhir ini digeledah dan diintimidasi aparat gabungan, yang diduga TNI dan Polri," katanya kepada INILAH.COM di Jakarta, Kamis (10/11/2011).

Dia menyebutkan di beberapa titik sentral kos dan asrama mahasiswa Papua di Jakarta juga mengalami perlakuan serupa seperti di daerah Lenteng Agung dan Pasar Minggu.

"Kawan-kawan ketakutan, sekarang merapat di satu tempat untuk menghindari penggeledahan oleh aparat TNI/Polri," tambahnya.

Asso tidak menginformasikan mengapa aparat TNI dan Polri melakukan penggeledahan ke kos dan asrama mahasiswa Papua di Jawa dan Bali. Namun bisa saja penggeledahan ini terkait dengan suasana yang memanas di Bumi Cenderawasih

POLITIK-Mengukur Kolaborasi Surya Paloh-Hary Tanoe

Siapa yang menguasai persepsi publik, ia akan menjadi juara. Diktum inilah yang belakangan cukup populer.

Pemilik Media Group Surya Paloh dan Pemilik Gurp MNC Hary Tanoesudibyo memenuhi kualifikasi itu. Keduanya 'raja' di industri media yang kini berada satu biduk yakni di Partai NasDem. Akankah sukses di jalur politik?

Pemilik MNC Group Hary Tanoesudibyo resmi bergabung di Partai NasDem didaulat sebagai Ketua Dewan Pakar Partai melalui Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai NasDem di Jakarta, Rabu (9/11/2011). Peristiwa menjawab spekulasi yang selama ini beredar di publik ihwal bergabungnya Hary Tanoesudibyo di partai yang banyak melibatkan kader Ormas Nasional Demokrat itu.

Partai NasDem yang secara resmi tidak memiliki hubungan khusus dengan Ormas Nasdem ini, disebut-sebut sebagai kendaraan politik bagi bekas Ketua Dewan Penasehat Partai Golkar Surya Paloh. Sebagaimana dimaklumi, Surya Paloh pada akhirnya resmi keluar dari Partai Golkar setelah mendapat ultimatum dari partai berlambang pohon beringin itu untuk memilih apakah berkiprah di Partai Golkar atau ormas Nasdem.

Bergabungnya Hary Tanoesudibyo menambah amunisi kekuatan di kubu Partai NasDem, yang sejak kehadirannya mendapat dukungan penuh dari Media Grup, milik Surya Paloh terdiri dari Meto Tv, Media Indonesia, dan media lokal lainnya. Adapun grup MNC milik Hary Tanoesudibyo di antaranya RCTI, MNC TV, Global TV, Koran Sindo, Sindo Radio, Okezone.com, hingga Sindonews.com.

Namun, bagi Sekjen DPP PPP Muhammad Romahurmuziy, berkumpulnya dua bos grup media itu sama sekali tidak merisaukan partai berlambang kabah itu. Dia menilai, meski mendapat sokongan modal yang kuat namun tak secara simetris akan unggul dalam perolehan suara. "Modal sosial dan jaringan tidak dimiliki Partai NasDem," terang Romi kepada wartawan di Jakarta, Rabu (9/11/2011).

Lebih dari itu, segmentasi konstituen yang dimiliki NasDem cenderung berada di ceruk basis nasionalis. Romi menyebutkan irisan ideologi yang dimiliki Partai NasDem cenderung memiliki kesamaan dengan Partai Golkar, Partai Demokrat, dan Partai Hanura.

Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Tjipta Lesmana mengatakan Partai NasDem sulit berkembang meski mendapat sokongan penuh dari dua bos media besar yakni Surya Paloh dan Hary Tanoesudibyo. "Partai NasDem susah berkembang pesat dalam tempo yang begitu cepat," katanya ketika dihubungi INILAH.COM di Jakarta, Rabu (9/11/2011).

Dia mengatakan ada empat syarat yang harus dimiliki partai politik untuk dapat memenangi kontestasi melalui Pemilu yakni ketokohan, mesin partai, akar rumput yang kuat, serta modal. "Memang Hary Tanoe kuat dalam modalnya. Dilihat dari empat kriteria ini saya tidak yakin mereka akan unggul," cetusnya.

Tjipta tidak menampik peran media dalam sukses politik khususnya untuk kampanye politik. Namun, dalam pandangan Tjipta, tidak berarti orang yang menguasai media secara linier akan menang.

"Media memang memberikan kontribusi besar tapi tidak berarti siapa yang menguasai media maka akan menang, harus ada empat syarat tadi untuk memenangkan pemilu," tukasnya.

POLITIK-Hary Tanoe Berpolitik, Perang Propaganda Memanas

Bergabung pengusaha media MNC Group Hary Tanoesoedibjo ke Partai Nasional Demokrat (NasDem) mengundang kekhawatiran.

Publik akan semakin sulit mendapatkan informasi yang independen dan tidak condong kepada salah satu kekuatan politik tertentu. Sebab, MNC Group dipastikan akan menjadi alat propaganda perjuangan politik Hary Tanoe.

"Kekhawatiran itu bukan isapan jempol, saat ini publik dipertontonkan perang propaganda antara stasiun televisi dan media massa," terang analis politik Developing Countries Study Centre (DCSC) Abdul Hakim, Kamis (10/11/2011).

Posisi Hary Tanoe sebagai ketua Dewan Pakar Partai NasDem dipastikan akan mewarnai sikap pemberitaan MNC Group. Padahal, tak semua pemirsa, pendengar atau pembaca media MNC Group adalah simpatisan Partai NasDem.

"Mau tidak mau media massa yang dimiliki Hary Tanoe akan menjadi alat propaganda bagi agenda-agenda perjuangannya sebagaimana selama ini Surya Paloh memanfaatkan Metro TV dan media massa yang dimilikinya," terang mantan peneliti Indo Barometer ini.

POLITIK-Siapa yang SBY Anggap Tak Waras?

Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha enggan membeberkan siapa dimaksud Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berpikiran tidak waras terkait isu konspirasi skandal Century.

Julian menjelaskan, SBY hanya keberatan dengan adanya tudingan yang seolah-olah menganggap pertemuan dengan mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati adalah bagian dari konspirasi.

"Coba anda, kalau tidak ada kaitan dengan politik kemudian ada disebut ada hal-hal yang berkaitan dengan politik kan berarti enggak nyambung," kata Julian di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (10/11/2011).

Ditanya apakah SBY dalam pernyataannya Rabu (9/11/2011) bermaksud mengingatkan publik bahwa dua tokoh yang akan maju pemilihan umum presiden 2014, yakni Aburizal Bakrie dan Sri Mulyani Indrawati Julian membantahnya.

"Oh tidak-tidak, itu analisa Anda. Saya kira tidak seperti itu pemahamannya, saya kira bahwa Bu Sri Mulyani Indrawati datang dengan tim dari Wolrd Bank dalam rangka courtesy call ke Bapak Presiden," kata Julian.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, SBY menyatakan tudingan konspirasi Bank Century antara dia dengan Sri Mulyani, adalah tidak waras. Begitu juga kehadiran SBY dalam perayaan ulang tahun Partai Golongan Karya beberapa waktu lalu, dinilai ada unsur konspirasi, juga tidak waras.

PEMERINTAHAN-Indonesia Tertarik Beli Heli & Tank Eropa

Pemerintah Indonesia sedang melirik alat utama sistem senjata (alutsista) bekas negara-negara Eropa. Helikopter dan tank bakal jadi incaran pemerintah.

"Saya kira second karena mereka mengurangi kekuatan militernya dan tentu saja alutsistanya, nah dari situ mereka banyak ingin melepaskan aset-aset mereka yang cukup baik, contohnya seperti heli Apache, itu kan heli powerfull, tank Leopard," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro usai rapat terbatas tentang alutsista di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (10/11/2011).

Pemerintah kini tengah menginventaris aset alutsista negara-negara Eropa yang masih layak untuk dibeli. "Kita diminta untuk membuat inventarisasi, berapa jumlahnya, tapi pesan dari Presiden dan forum, jangan ini menambah beban anggaran, jadi tetap dalam konteks USD 6,5 miliar," kata Purnomo.

Pemerintah menganggarkan USD 6,5 miliar untuk belanja alutsista dan anggaran itu tidak akan dinaikkan untuk memenuhi target modernisasi alutsista. "Jangan sampai membengkak lagi, jadi intinya amplopnya tetap USD 6,5 miliar, karena itu adalah baseline," katanya

POLITIK-Golkar Saluti 'Kenekatan' NasDem

Partai Golkar membuka peluang untuk berkoalisi dengan saudara mudanya Partai Nasional Demokrat (NasDem). Apalagi, Golkar mengakui kalau ada banyak kesamaan dengan NasDem.

"Iya mungkin saja (koalisi Golkar-NasDem, red). Karena secara platform NasDem tidak jauh beda (dengan Golkar)," kata Ketua DPP Golkar Priyo Budi Santoso di gedung DPR, Jakarta, Kamis (10/11/2011).

Priyo yang juga Wakil Ketua DPR, menilai ide restorasi Indonesia yang diusung NasDem sejalan dengan visi misi Partai Golkar tentang kekaryaan. "Restorasi juga itu kan tidak jauh beda di cita-citakan NasDem dengan yang di perjuangkan Golkar sejak dulu," akuinya.

Apalagi, dalam urusan parlemantary threshoald (PT) atau ambang batas, NasDem berani dengan 5 persen. Angka yang juga diajukan oleh Partai Golkar. "Saya apresiasi mereka menyambut PT 5 persen. Sebagai parpol baru harus diapresiasi," katanya.

POLITIK-PKB Ketakutan Hary Tanoe Masuk NasDem

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusulkan dana partai politik untuk kampanye diaudit setiap tahun.

Usulan tersebut diungkapkan oleh Ketua DPP PKB Abdul Malik Haramain, menanggapi pengusaha media Hary Tanoesoedibjo masuk Partai Nasional Demokrat (NasDem) sebagai ketua dewan pakar. "Kalau itu tidak diatur, bisa leluasa karena partai-partai kecil tidak punya media," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (10/11/2011).

Menurutnya, pengaturan dan pengawasan telah dilakukan, upaya terselubung tetap bisa juga dilakukan. Sehingga audit tiap tahun harus dilaksanakan baik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). "Makanya untuk antisipasi terselubung itu diaudit tiap tahun. Di UU sekarang (UU Pemilu) hanya masalah saat kampanye," imbuhnya.

Saat disinggung apakah usulan ini karena kecemburuan terhadap NasDem, Malik membantahnya. Menurut anggota Komisi II DPR ini, tidak hanya PKB yang gelisah tetapi banyak partai lainnya. "Tidak. Kalau kecemburuan hanya saya saja yang ngomong. Tapi ini kan semua," katanya.

POLITIK-(Hary Tanoe Berpolitik) Rencana Revisi UU Penyiaran Bikin NasDem Berang

Rencana DPR merevisi Undang-undang Penyiaran menyusul terjunnya Big Boss MNC Group Hary Tanoesoedibjo ke dunia politik membuat Partai Nasional Demokrat (NasDem) berang.

Ketua Umum Partai NasDem Patrice Rio Capella menyayangkan langkah-langkah DPR tersebut. Bahkan menilai DPR salah memilih prioritas kerja.

"Masih banyak urusan negeri ini yg perlu diurus daripada hal ini. Ini kan usulan tiba-tiba karena Hary Tanoe gabung, urus Papua itu," ujar Patrice di acara Rapimnas Partai NasDem di Hotel Mercure Ancol, Kamis (10/11/2011).

Patrice mengaku tak menyangka jika DPR berniat melakukan revisi undang-undang pemilu tentang kampanye partai politik di media, lebih dikarenakan hadirnya sosok Hary Tanoe dalam jajaran dewan Pakar Partai NasDem.

"Sekarang baru mau main di media sudah dibuat Undang-undang, padahal dulu mereka memakai media tidak ada pembatasan giliran NasDem kan belum kampanye itu ada nomor dan ajak memilih ini logika terbalik," ungkapnya.

Dirinya menyarankan, seharusnya pemerintah melalui DPR memberikan ruang seluas-luasnya bagi partai politik untuk diketahui oleh masyarakat. Sehingga dalam pemilu nanti masyarakat tidak asing lagi dengan Partai NasDem

INTERNASIONAL-Jurang Kaya-Miskin di AS Kian Curam

Kelas menengah ke bawah makin merosot ekonominya di AS. Sementara 0,1 persen warga paling kaya di AS, makin bertumpuk kekayaannya, mendominasi percaturan ekonomi Amerika. Siapakah mereka, warga terkaya AS yang 0,1 persen itu?

Prof Dr Paul Krugman, ekonom peraih Nobel ekonomi, menegaskan betapa di Amerika kini ada realitas yang tidak mengenakkan. Realitas itu adalah telah terjadi penurunan tajam pembagian atas pendapatan total pada golongan bawah dan kelas menengah Amerika.

''Kita masih suka berpikir tentang negara kelas menengah, padahal 80 persen rumah tangga golongan bawah yang ada sekarang ini menerima kurang dari setengah pendapatan total tersebut. Pandangan atas negara kelas menengah tersebut tentunya bertentangan dengan realitas yang ada,'' kata Krugman, guru besar yang sempat mengajar di Harvard dan Universitas Princeton, AS.

Menurutnya, sejumlah pakar dan elite yang merasa menjadi pihak yang tertuduh dan bersalah, akan mengeluarkan sejumlah argumen untuk merespon hal tersebut dengan mengatakan: Data tersebut cacat, orang kaya adalah komunitas yang selalu berubah dan lain-lain.

Argumen yang paling populer di Amerika saat ini mengklaim, negara itu masih menjadi kelas menengah tertinggi yang memiliki para pekerja terdidik, yang memiliki kemampuan untuk bersaing di dunia modern. Ini tentunya suatu hal yang bagus dan tidak terlalu mengganggu ketimbang gambaran Amerika yang terdiri dari segelintir orang kaya yang tumbuh mendominasi. Tapi tetap saja klaim tersebut bukan suatu hal yang benar.

Menurut Paul Krugman, pekerja berpendidikan, secara rata-rata, memang bisa berbuat lebih baik daripada yang tidak berpendidikan dan perbedaan itu secara umum memang telah terjadi dari waktu ke waktu. Namun, masyarakat Amerika yang berpendidikan tidak berarti kebal terhadap stagnasi (kemandegan) pendapatan dan ketidakamanan pertumbuhan ekonomi.

Upah yang lebih tinggi bagi kebanyakan pekerja berpendidikan tinggi juga tidak terlalu mengesankan ( dan tidak ada lagi sejak tahun 2000), selama para pekerja berpendidikan itu tidak dapat lagi mengkalkulasikan berapa banyak pekerjaan yang bisa didapat dengan manfaat yang baik.

''Di sisi lain, hari-hari para pekerja berpendidikan tersebut sepertinya tidak jauh beda dengan yang kurang berpendidikan dalam hal tempat kerja yang minim memberikan jaminan kesehatan, bandingkan dengan mereka yang hanya berpendidikan tinggi pada 1979,'' ujar Krugman.

Lalu siapa yang mendapat keuntungan besar? Hanya segelintir orang kaya saja tentunya. Laporan Kantor (Badan) Anggaran Kongres mengatakan, distribusi pendapatan yang menghilang dari 80 persen golongan bawah telah mengalir pada 1 persen orang kaya Amerika.

''Artinya, para pengunjuk rasa yang selama ini merepresentasikan dirinya mewakili 99 persen rakyat Amerika, memiliki kebenaran yang cukup mendasar. Dan para pakar yang berargumen bahwa ketimpangan pendapatan benar-benar karena faktor pendidikan, bukan karena dominasi segelintir elit, memiliki kesalahan yang sangat fatal,'' 'tuturnya.

Meskipun terdapat perbedaan, para pengunjuk rasa sepertinya mengambil kesimpulan yang terlalu cepat mengenai jumlah persentase orang kaya. Laporan kantor anggaran Kongres yang diterbitkan baru-baru ini sepertinya tidak menunjukkan sisi lain dari 1 persen golongan atas tersebut.

“Padahal pada laporan sebelumnya, yang dimulai dari 2005, ditemukan bahwa hampir dua pertiga pembagian pendapatan pada persentase pendapatan tertinggi sebenarnya hanya mengalir pada 0,1 persen (orang kaya Amerika) yaitu seperseribu orang kaya Amerika, yang pendapatan realnya tumbuh lebih dari 400 persen dalam kurun waktu 1979 sampai 2005,'' tutur Krugman.

Siapakah 0,1 persen golongan atas itu? Apakah mereka para pengusaha heroik yang telah menciptakan lapangan kerja? Menurut Krugman, itu jelas bukan. Sebab sebagian besar dari mereka adalah eksekutif perusahaan.

Penelitian terbaru menunjukkan, 60 persen dari 0,1 persen tersebut, adalah golongan eksekutif yang bekerja, baik di perusahaan non-finansial atau juga yang menghasilkan uangnya di pasar finansial, seperti Wall Street. Sisanya adalah para pengacara dan pengusaha di sektor real estate

Warga AS segera menyadari berapa banyak orang kaya yang menjadikan kekayaannnya sebagai argumentasi bahwa pajak yang tinggi pada pendapatan yang tinggi akan dapat menjadi bagian atas berbagai deal anggaran dalam jangka panjang. Kemudian dapat menjadi kekuatan yang lebih besar untuk melakukan tekanan (pemaksaan). Jawaban yang lebih luas lagi, bagaimanapun, penumpukan penghasilan pada segelintir orang tidak sesuai dengan demokrasi yang sebenarnya (real democracy).

Bisakah seseorang secara serius membantah bahwa sistem politik kita sedang dibelokkan/dibajak oleh pengaruh uang dalam jumlah besar (big money), dan pembelokan ini menjadi semakin mengkhawatirkan karena kekayaaan segelintir orang tumbuh semakin pesat?

''Sejumlah pakar masih mencoba untuk mengabaikan kekhawatiran tentang ketimpangan ini dengan begitu bodohnya. Padahal sebenarnya, nasib seluruh masyarakat Amerika tengah dipertaruhkan,'' ujar Krugman.

KAB.TUBAN-6 Orang Gagal Curi Alat Berat


Petugas kepolisian dari jajaran Polres Tuban berhasil mengagalkan pencurian berupa alat berat yang dilakukan oleh 6 kawanan pencuri, Kamis (10/11/2011) dini hari. Mereka ditangkap oleh petugas kepolisian di Pos lalu lintas Pakah setelah dihadang oleh beberapa anggota lalu lintas yang telah mendapatkan informasi terkait kasus pencurian tersebut.

Dari data yang berhasil dihimpun beritajatim.com, enam pelaku pencurian eskavator yang berhasil ditangkap oleh petugas kepolisian adalah Susanto (42), Nugroho (34), Radi (33), Buntoro (34), Sarju (32), ke lima dari pelaku tersebut adalah warga asal Lamongan, dan satu pelaku yakni Yehezkiel Iswanto (52) asal Surabaya.

Kejadian penangkapan tersebut bermula saat petugas dari jajaran Polres Tuban mendapatkan informasi dari Moh Maksum. Dia sebelumnya telah kehilangan Eskavator miliknya yang biasa digunakan untuk menambang batu kapur yang berada di Desa Banjaragung, Kecamatan Rengel, Tuban.

Setelah mendapatkan laporan, petugas melakukan koordinasi dengan semua jajaran untuk melakukan penangkapan terhadap pelaku yang masih berada di wilayah Tuban. Saat itu 4 dari anggota Sat Lantas Polres Tuban melakukan penghadangan di pertigaan pos Pakah.

Sesampainya di pertigaan Pakah, petugas yang sudah bersiap kemudian langsung menghentikan kendaraan truk tronton S 8531 UN yang sedang membawa alat berat tersebut yang merupakan alat berat hasil dari curian.

"Pelaku yang terlibat dalam pencurian itu langsung kita amankan dan kita bawa ke Polres untuk kita lakukan penyelidikan lebih lanjut, saat ini kita masih melakukan pengembangan terhadap kasus ini," ujar Kaur Bin Ops Sat Reskrim Polres Tuban, Iptu Simon Triyono.

Sementara itu dalam penangkapan tersebut petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti termasuk satu eskavator, serta sejumlah barang bukti yang lainya. Kini semua barang bukti masih dilakukan penahanan di Mapolres Tuban. [


Intruksi Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo kepada kontraktor untuk menyelesaikan proyek pengerjaan gorong-gorong saat pelaksanaan SEA Games tampaknya didengar. Pengerjaan pengaspalan jalan akibat penggalian gorong-gorong selesai hari ini.

Dengan selesainya pengerjaan pengaspalan di sisi barat dan timur Jalan Sudirman pun, kendaraan bermotor kembali bisa melewati jalan tersebut. Sekarang, hanya melakukan pembersihan jalan dan trotoar yang masih ada bekas tanah galian.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta, Ery Basworo, menegaskan pihaknya mempercepat penyelesaian pengaspalan jalan hasil galian gorong-gorong. Setelah itu, seluruh pengerjaan proyek gorong-gorong akan dihentikan sementara selama SEA Games berlangsung dari 11 hingga 22 November 2011.

"Hari ini praktis sudah selesai pengaspalan jalan di sisi barat dan sisi timur. Sisi barat tepatnya di kawasan Ratu Plaza hingga belokan menuju Jalan Gatot Subroto dan sisi timur di seberang Ratu Plaza," kata Ery, Kamis (10/11/2011).

Menurutnya penutupan gorong-gorong sisi barat lebih sempurna dilakukan karena gorong-gorong sudah dipasang. Akibatnya struktur kepadatan tanah sangat baik untuk dilalui kendaraan bermotor.

Sedangkan penutupan jalan di sisi timur harus dilakukan lebih hati-hati dan memerlukan waktu yang lama. Karena gorong-gorong belum dipasang, sehingga tanah harus dimasukkan berulang kali untuk mencapai struktur kepadatan tanah yang telah ditetapkan.

"Karena belum sempat dimasukkan gorong-gorognya, jadi kita berusaha memadatkan lubang galian dengan tanah berulang kali. Hasilnya memang baik, tapi tetap saja kurang padat bila dibandingkan dengan sisi barat," ujarnya.

Begitu juga dengan teknis pengaspalannya, lanjut Ery, hanya dilakukan satu lapis karena keterbatasan waktu. Sebab umumnya pengaspalan jalan dilakukan sebanyak dua lapis. Kendati demikian Ery menjamin jalan tersebut bisa dilalui kendaraan dengan ama


Selebriti papan atas Indonesia mendukung pagelaran SEA Games XXVI yang akan digelar 11-25 November 2011 di Jakarta dan Palembang.

Belasan artis dan atlet bersama-sama mendukung gerakan massa "Ayo! Indonesia Bisa" menjadi tuan rumah yang baik dan juara umum SEA Games ke-26 2011 yang akan diselenggarakan pada 11 November 2011 di Jakarta dan Palembang.

Para artis yang datang pada peresmian gerakan "Ayo! Indonesia Bisa" di Jakarta, Minggu (16/10), antara lain Syahrini, Rafi Ahmad, Pinkan Mambo, Ahmad Dani, Mulan Jameela, Nikita Willy, Uya Kuya, Oki Lukman, Helmi Yahya, Donna Agnesia, Wanda Hamidah, Ira Wibowo, dan lain-lain.

"Suatu kehormatan SEA Games digelar di Indonesia, tapi kok saya lihat kurang heboh. Saya sebagai wanita muda mau beri dukungan. Alhamdulillah ya, Indonesia pasti akan jadi sesuatu," kata Syahrini.

Sedangkan Helmi Yahya, mengatakan, lepas dari kontroversi menjelang SEA Games, pesta olah raga ini merupakan pertaruhan bangsa, karena itu semua pihak harus mendukung untuk menjadikan Sea Games ini menjadi yang terbesar dalam sejarah.

Sedangkan para atlet yang hadir antara lain pebasket Denny Sumargo, Dwi Handoko, petenis Yayuk Basuki, atlet lari Dedeh Irawati, atlet berkuda Alvaro dan lain-lain.

"Bersyukur di tengah keprihatinan atas minimnya kesiapan SEA Games masih ada yang memotivasi kepada para atlet untuk tetap semangat berlaga. Sejak 23 Oktober api obor telah diarak dari Desa Merapen ke beberapa kota antar lain, Semarang, Makassar, Samarinda hingga pembukaan Sea Games di Jakarta dan Palembang pada 11 November 2011," ujar Rahmat Gobel selaku Ketua Harian Indonesia Sea Games Organizing Committee (Inasoc).

Sejarah mencatat bahwa sejak pertama kali SEA Games yang melibatkan negara-negara di Asia Tenggara itu dilaksanakan, Indonesia telah menjadi tuan rumah sebanyak tiga kali yakni pada 1979, 1987 dan 1997, dan di ketiga tahun penyelenggaraan ini Indonesia selalu menjadi juara umum.

Namun secara keseluruhan sejak pertama kali SEA Games digelar, Indonesia pernah menjadi juara umum SEA Games sebanyak sembilan kali.

"Saat ini sebanyak 12 ribu atlet sudah mendukung Sea Games. Kita ingin melengkapi gelar juara umum dengan menjadi juara umum yang ke-10 kali, agar seluruh rakyat Indonesia dukung," tukas Rahmat


Marco Simoncelli meninggal secara tragis saat menjalani balapan di GP Malaysia 23 Oktober lalu. Sang kekasih pun terlihat menangis tanpa henti di dalam pit. Siapa dia?

Simoncelli kehilangan kontrol motor Honda Gresini-nya pada tikungan kesebelas pada putaran kedua di Sirkuit Sepang, dimana COlin Edwards dan sahabatnya Valentino Rossi secara tidak sengaja menabraknya secara keras.

Setelah sempat dilakukan pertolongan, nyawa pemuda berusia 24 tahun itu tidak tertolong setelah mendapat cedera serius pada bagian dada, leher dan kepala.

Suasana hari tragis itu pun berlangsung kelabu, seorang wanita yang dikabarkan kekasih sang pembalap menangis histeris di dalam pit tim Honda Gresini.

Setelah itu, di rumah sakit tempat Simoncelli menghembuskan nafas terakhir, keluarga Marco terlihat ditemani oleh wanita tersebut, yang ternyata betul kekasih Simoncelli yang bernama Kate Fretti.

Pembalap berambut kribo itu bertemu dengan dara cantik berusia 22 tahun itu di daerah Riccione dan sejak itu sudah berpacaran selama lima tahun, bahkan mereka sudah bertunangan tiga tahun lalu.

yang lebih tragis, keduanya sebenarnya baru beberapa bulan ini menempati satu rumah yang baru mereka beli bersama di daerah Coriano, propinsi Rimini, Italia.

Dalam dua musim terakhir wanita Italia keturunan Filipina itu adalah wajah familiar di pit Honda Gresini, karena sering menemani Simoncelli saat membalap dan kerap menjadi umbrella girl sang pacar. Bahkan Kate berada di dalam pit saat sang pacar mengalami kejadian tragis itu.

Pada pemakaman Simoncelli, 27 Oktober lalu, di Coriano, ribuan fans berkumpul untuk memberikan penghormatan terakhir pada 'Super-Sic'. Kate juga terlihat disana, duduk disamping orangtua Simoncelli, lalu mengucapkan beberapa patah kata.

"Saya memiliki kepercayaan, tapi saya tidak tahu apa. Saya memiliki teori sendiri. Marco adalah manusia sempurna, dan manusia sempurna tidak bisa tinggal bersama kami, manusia biasa," ujar Kate, seperti yang dinukil dari celebritydaily.net.


Pembalap Alvaro Bautista akhirnya resmi menjadi pembalap anyar Honda Gresini untuk musim balap 2012.

Bautista mengganti posisi Hiroshi Aoyama yang pindah ke Kejuaraan Superbike. Baustista sebagai pengganti didatangkan dari Suzuki.

Pembalap berusia 26 tahun itu hanya berhasil finish di peringkat 13 klasemen akhir musim 2011. Hasil terbaik yang diraihnya hanya finish di peringkat lima di MotoGP Inggris pada Juni lalu.

"Saya sedih meninggalkan Suzuki setelah menjalani dua tahun luar biasa di sana, Mereka dalah tim yang luar biasa dan saya belajar banyak hal dari semua orang di tim itu," kata Bautista seperti dilansir Reuters.

Gresini menyambut gembira kedatangan Bautista. Menurut pemilik tim, Fausto Gresini, Bautista dipilih karena ia adalah pembalap yang cepat dan memiliki kepribadian menarik.

"Saya sangat puas karena Alvaro akan mengendarai Honda RC213V dengan warna Tim San Carlo Honda Gresini tahun depan," ujar Gresini dalam situs resmi tim.

"Saya yakin dia akan berintegrasi dengan sangat baik bersama kami dan akan menjalani pengalaman menyenangkan di masa depan," sambungnya.

Mutiara Hitam dari Papua ini akhirnya berlabuh ke League. TIBO, panggilan akrab Titus Bonai telah menjalin kerjasama dengan League.

Titus Bonai mengikuti jejak beberapa pesepakbola yang terlebih dulu menjadi Ambassador League seperti Kim Jeffrey Kurniawan dan Greg Nwokolo. Selain pemain, League juga menunjuk pelatih Persema, Timo Schunemann sebagai Ambassador.

Titus Bonai (lahir di Kota Jayapura, Papua, Indonesia, 4 Maret 1989; umur 22 tahun) merupakan seorang pemain sepak bola Indonesia yang berposisi sebagai penyerang dan juga dapat diposisikan sebagai gelandang serang ataupun gelandang bertahan. Saat ini ia bermain untuk Persipura Jayapura dan untuk tim nasional U-23 Indonesia. Tibo kini tengah diincar beberapa klub besar nasional dan negara tetangga, Malaysia.

Di sela-sela penandatangan perjanjian kerjasama dengan PT Berca Sportindo selaku Principal League pada Kamis (3/11) yang bertempat di League Senayan City Mall, TIBO menyatakan kebanggaannya bisa menjadi duta bagi produk sepatu Soccer League. TIBO tengah dipersiapkan menjadi duta League mewakili kategori League Soccer (Footwear, Apparel, Equipment).

Pemuda kelahiran Jayapura 22 tahun lalu ini merupakan pilar utama Timnas U-23 yang dipersiapkan menghadapi SEA GAMES 2011. Selain Timnas, TIBO merupakan pemain kunci di klub Persipura Jayapura, dimana musim lalu ia berhasil membawa Persipura Jayapura menjadi juara Liga Super Indonesia.

Menyambut Sea Games, League telah merilis koleksi Garuda Series dengan sepatu Matrix Garuda Seriesnya, dengan bangga memperkenalkan duta terbarunya, Titus Bonai. Selama Sea Games nanti, TIBO akan mengenakan Matrix Garuda Series yang dibuat dengan balutan warna emas, dipadukan dengan kombinasi warna silver dan merah. Pemilihan warna Garuda Series adalah representasi dari warna bendera Indonesia dan warna medali SEA Games, dengan motif corak bulu burung Garuda.

Pada kategori sepatu Soccer, Durotech Sole sebagai salah satu teknologi disisipkan untuk kenyamanan si pemakai. Sedangkan pada sepatu Futsal, fitur L-Pac masih memegang peranan teknologi di sepatu Matrix-Gioro-Classico seri Garuda. League juga hadirkan Garuda Series untuk kategori Junior pada Soccer dan Futsal. Untuk Running, fitur Combo Pad Cushioning System dapat ditemukan pada sepatu Andromeda seri Garuda. League telah melakukan riset terhadap beberapa pemain professional sepak bola, termasuk Tibo, sehingga tercipta sepatu League Matrix Soccer yang sesuai dengan kebutuhan pemain professional di Indonesia.

Dua gol TIBO ke gawang Persiba Bantul pada uji coba Timnas U-23 beberapa waktu lalu menjadi bukti bahwa pemain ini merupakan pemain potensial, pada saat mencetak gol tersebut, TIBO sudah memakai sepatu League Matrix Garuda Series dan merupakan suatu kebanggaan untuk League bisa mendapatkan pemain potensial seperti TIBO. Kedua gol tersebut menggunakan Matrix Garuda, yang secara kualitas tidak diragukan lagi.


Penyerang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, tak sabar menyambut Josep Guardiola, mantan pelatihnya di Barcelona, saat kedua tim bertemu di San Siro 23 November mendatang dalam lanjutan Liga Champions Grup H.

Ibra hanya bertahan semusim di Barcelona karena tak akur dengan pelatih. Lewat otobiografinya, bomber timnas Swedia itu menulis bahwa sang pelatih tak punya nyali dan takut dengan tekanan dari pelatih Madrid saat ini, Jose Mourinho.

“Bagaimana saya akan bereaksi saat Guardiola datang ke San Siro? Saya akan menyambut dia. Kita lihat saja nanti bagaimana dia akan merespon dan apa yang akan terjadi,” ujar Ibra, dikutip dari La Gazzetta dello Sport.

Ini adalah pertemuan kedua Milan dengan Barcelona musim ini. Ibra tak bisa dimainkan karena cedera engkel saat ‘Rossoneri’ bertandang ke Camp Nou bulan September lalu. Kala itu, kedua tim sama-sama berhasil menyarangkan dua gol ke gawang lawan.

Ibrahimovic sebenarnya cukup produktif selama semusim di Barcelona, terlebih ia sering menjadi pemain cadangan. Ia berhasil mencetak 16 gol dari 29 laga di La Liga.

Timnas U-23 sukses membantai Kamboja 6-0 pada partai perdana Grup A SEA Games. Jendry Pitoy pun mengaku bangga, tapi sekaligus mengingatkan jangan cepat puas diri.

Kemenangan Indonesia membuat mantan kiper timnas senior itu terus memberi dukungan.

"Kemarin saya bangga sekali pada timnas U-23 yang sudah menyumbang enam gol bagi Indonesia. Semoga untuk ke depannya, timnas dapat lebih baik lagi karena tim yang menjadi lawan akan lebih sulit lagi. Tetap semangat bagi timnas dan jangan dulu berbangga atas kemenangan yang diraih karena pertandingan masih panjang," ujar Pitoy kepada INILAH.COM saat ditemui di stadion Siliwangi, Selasa (8/11/11).

Pemain kelahiran 15 Januari 1981 ini pun mengaku dukungan yang diberikan tidak disia-siakan timnas U-23. Hasil memuaskan yang diraih, dapat mengharumkan bangsa.

Meski demikian, mantan penjaga gawang timnas senior ini berharap para pemain timnas tetap konsisten dengan permainan di laga perdana. "Jangan dulu merasa puas karena ini baru awal, bukan akhir," katanya

Peluang Timnas U-19 untuk meraih posisi tiga terbaik dan maju babak kualifikasi Piala Asia u-19 2012 masih terjaga. Timnas tinggal menunggu hasil pertandingan Korsel melawan Jepang.

Laga Korea Selatan melawan Jepang, hari Kamis (10/11/2011) ini, dipastikan berlangsung seru. Kedua tim bersaing untuk memperebutkan posisi dua klasemen. Saat ini, Jepang diuntungkan karena memiliki poin 7 sehingga menduduki posisi 2 di klasemen sementara.

Satu tingkat di bawahnya, Korsel memiliki poin 6. Jika sampai Jepang kalah, posisinya melorot ke urutan tiga. Namun jika seri, posisi klasemen akhir tidak berubah.

Timnas Indonesia tentu berharap Jepang bermain ngotot dan berhasil mengalahkan Korsel. Jika itu yang terjadi, Indonesia yang berhak menuju babak final dengan menggeser Korsel. Tetapi jika hasilnya seri, Korsel yang maju karena nilai sama 7 poin namun unggul selisih gol.

Posisi saat ini, dengan memainkan 3 pertandingan, Korsel memiliki poin 6 dan selisih gol 23. Adapun Indonesia, main 4 pertandingan, poin 7 dengan selisih gol 3. Situasi yang bisa membuat timnas Indonesia celaka adalah jika Jepang dan Korsel bermain aman. Sebab jika hasilnya seri, Jepang dan Korsel dipastikan sama-sama lolos.

Sebelumnya, posisi Indonesia yang diwakili tim SAD yang berkompetisi di Liga Junior Uruguay sempat terancam oleh timnas Malaysia. Beruntung, pada laga terakhir melawan Myanmar, Malaysia hanya bermain imbang, 0-0.[anr]

Inilah hasil laga Timnas U-19 di fase Grup G Pra-Piala Asia U-19 2012:

Indonesia 0-0 China
Indonesia 3-0 Makau
Indonesia 1-4 Australia
Indonesia 3-0 Singapura


Managers meeting Indonesia Premier League telah digelar Rabu kemarin, namun tiga klub, yang sebelumnya diklaim bergabung dengan IPL, tidak memunculkan batang hidungnya. Siapa saja mereka?

Sebanyak 15 CEO klub Indonesia Premier League (IPL) menghadiri pertemuan dengan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) di Hotel Alila, Pecenongan, Jakarta, Rabu (9/11/2011) sore. Dalam pertemuan ini, tampak tak ada wakil dari Sriwijaya FC, Persiwa Wamena dan Bontang FC.

Ke-15 klub yang hadir dalam pertemuan itu adalah, Arema, Persebaya, Persema, Persiba Bantul, Persibo, Persidafon, Semen Padang, PSMS Medan, Persiraja, Persijap, Persija, Persib, Mitra Kukar, PSM Makassar, dan Persipura. Sedangkan Bontang FC hingga berita ini ditulis masih dalam perjalanan menuju Jakarta.

"Bontang FC baru saja menelepon saya, katanya masih dalam perjalanan," kata CEO LPIS Widjajanto seperti yang diberitakan situs resmi Liga Prima.

Pertemuan hari ini membahas berbagai kegiatan menuju lanjutan IPL, 26 November mendatang, termasuk regulasi kompetisi dan komersial. Turut dibicarakan soal tawaran struktur kepemilikan saham PT LPIS kepada klub. Para CEO menyambut baik skema saham yang dilontarkan LPIS selaku pengelola kompetisi.

"Ya begini inilah yang kita mau, semuanya diawali dengan transparansi. Tidak seperti dulu-dulu, di awal katanya baik semua tapi pada akhirnya yang terjadi justru sebaliknya," kata Wakil Persiba Bantul, Idham Samawi.

"Yang lebih penting adalah memikirkan bagaimana agar PT-nya untung dulu. Untuk apa punya PT kalau rugi?" kata Dirut PT Kabau Sirah Semen Padang, Erizal Anwar.

Ia berpendapat, klub jangan melulu berpikir soal prosentase saham yang mereka dapat di PT LPIS. Rencananya di awal musim kompetisi, PT LPIS bakal mendistribusikan revenue sharing kepada klub-klub peserta IPL.

Mantan bintang Persib Bandung Ajat Sudrajat mempertanyakan misi 'Maung Bandung' memilih berkompetisi di Indonesia Premiere League (IPL) yang secara kualitas dinilainya masih di bawah Indonesia Super League (ISL).

”Bisa saja misinya juara. Karena mungkin jadi pertimbangan mengikuti Liga Super sulit untuk jadi juara,” kata Ajat, Rabu (9/11/2011).

Legenda hidup Persib Bandung ini menilai 'Maung Bandung' sepertinya tidak menimbang dari sisi kualitas kompetisi ketika akhirnya memilih mengarungi LPI. Padahal, menurutnya, dilihat dari sisi kepesertaan, tim-tim di ISL lebih mumpuni.

”Keputusan Persib masuk LPI sepertinya tidak menimbang dari sisi kualitas kompetisi. Semua tahu kompetisi LSI lebih berpengalaman dan bagus ketimbang LPI. Lihat saja peserta yang ikut LSI. Mereka tim-tim besar,” jelasnya.

Sebagai catatan, Persib bakal mengarungi kompetisi IPL bersama 14 tim lainnya yang sudah pasti, yakni Persiraja Banda Aceh, PSMS Medan, Semen Padang, Persija Jakarta, Persijap Jepara, Persiba Bantul, Persibo Bojonegoro, Persebaya, Persema Malang, Arema, PSM Makassar, Bontang FC, Persidafon Dafonsoro, dan Mitra Kukar.

Sedangkan tiga klub lain seperti Sriwijaya FC, Persiwa Wamena, dan Persipura Jayapura hingga saat ini masih belum bulat menentukan sikap mereka mau ikut IPL atau ISL. Dan ketiga klub tersebut masih dilobi PSSI untuk mengikuti kompetisi IPL.

”Kalau pun juara, tentunya masyarakat juga akan menilai sendiri, karena lawan-lawannya juga hampir semuanya di bawah Persib,” kata mantan pilar Persib era perserikatan dulu.

Makanya, kata Ajat, misi Persib mengikuti kompetisi IPL itu harus kembali dipertanyakan


"Saya berharap tim-tim besar yang punya kualitas bagus di Indonesia bisa bergabung bersama Persib di kompetisi nanti," harap Mamic yang dilontarkan usai sesi latihan.

Sebelumnya, Persib sudah memutuskan mengikuti kompetisi Indonesia Premiere League (IPL) karena berada di bawah naungan PSSI.

Persib bakal mengarungi kompetisi IPL bersama 14 tim lainnya yang sudah pasti, yakni Persiraja Banda Aceh, PSMS Medan, Semen Padang, Persija Jakarta, Persijap Jepara, Persiba Bantul, Persibo Bojonegoro, Persebaya, Persema Malang, Arema, PSM Makassar, Bontang FC, Persidafon Dafonsoro, dan Mitra Kukar.

Sedangkan tiga klub lain seperti Sriwijaya FC, Persiwa Wamena, dan Persipura Jayapura hingga saat ini masih belum bulat menentukan sikap mereka mau ikut IPL atau ISL. Dan ketiga klub tersebut masih dilobi PSSI untuk mengikuti kompetisi IPL.

Di sisi lain, Drago Mamic pun mengaku belum mengetahui peta kekuatan para kontestan yang akan berkompetisi bersama timnya di IPL nanti.

Selain itu pada Rabu kemarin (9/11/2011), Robbie Gaspar mengungkapkan akhirnya dirinya resmi menjadi skuad 'Pangeran Biru' setelah meneken kontrak pekan lalu.

”Sudah, saya sudah teken kontrak Sabtu kemarin,” kata Gaspar kepada INILAH.COM usai latihan di Stadion Siliwangi, Bandung (9/11/2011).

Amunisi asing asal Australia ini memang telah bergabung berlatih bersama tim Persib dan mendapat restu dari jajaran pelatih serta manajemen. Namun secara resmi, kotrak Gaspar baru diselesaikan pekan lalu.

Praktis hal itu membuat pemain ini tenang, paling tidak membuat dirinya lebih fokus lagi berlatih bersama Maman Abdurahman cs untuk mengarungi kompetisi musim ini.

”Saya senang sekali. Sebelumnya juga saya sudah tidak khawatir lagi karena belum teken kontrak, tapi sekarang lebih tenang,” ungkapnya.

Pemain dengan nama lengkap Robert Mark Gaspar adalah pemain kelahiran Australia, 7 Februari 1981. Musim lalu dia memperkuat Persema Malang di ajang Liga Primer Indonesia (LPI). Dia bisa memainkan beberapa posisi, seperti gelandang bertahan dan full bek

Kediri - Nama pengisi kursi pelatih Persik Kediri masih tidak jelas usai Raja Isa gagal bergabung. Nilai kontrak eks pelatih Persiram Raja Ampat itu dinilai terlalu tinggi.

Manajemen Persik Kediri tidak mampu memenuhi permintaan gaji yang diajukan Raja Isa. Pelatih berpaspor Malaysia itu minta dikontrak sebesar Rp 400 juta selama satu tahun. Sementara tim Macan Putih hanya mampu mengeluarkan dana Rp 200 juta untuk kursi pelatih yang ditinggalkan oleh Jaya Hartono.

"Kayaknya sudah tidak ada lagi titik temu antara Persik dengan Raja Isa. Kendalanya karena nilai kontrak yang diminta sangat tinggi. Sementara kami hanya mampu mengalokasikan dana setengahnya," kata sekretaris umum Persik Barnadi kepada beritajatim.com, Rabu (9/11/2011).

Imbuhnya, mantan pelatih PSM Makassar itu memang menjanjikan dua sponsor dari negaranya. Tetapi, konsekuensi yang dimintanya terlalu tinggi bagi Persik. Untuk itu, Persik memutuskan untuk mencari alternatif pengganti. Harapannya, adalah seorang pelatih lokal yang bisa menerima tawaran kontrak sesuai kemampuan keuangan Persik.

"Kami tengah menjajaki negosiasi dengan Joko Malis Mustofa. Tetapi, selain Joko masih banyak lagi nama-nama pelatih lokal yang sudah menyodorkan namanya kepada kami. Semuanya akan kita lihat, dan kita pelajari, kemudian kita rapatkan kembali," terang Ketua Pengcab PSSI Kota Kediri itu.

Pengurus Persik beserta ketua umum Samsul Ashar memang melakukan pertemuan langsung dengan Raja Isa pada Selasa (8/11/2011) sekitar pukul 22.00 WIB. Di dalam pertemuan itu, terjadi negosiasi harga untuk sebuah kursi pelatih. Tetapi, sampai pertemuan berakhir, tidak ada kata sepakat. Bahkan, kabarnya, pertemuan diteruskan esok harinya. Namun, tetap tidak membuahkan hasil.

Dalam menghadapi kompetisi Divisi Utama musim 2011/12 yang sedianya kick-off pada 10 Desember mendatang, persiapan dari kesebelasan Persik Kediri memang sangat minim. Utamanya mengenai pendanaan yang hanya mengandalkan bantuan dari konsorsium Liga Primer Indonesia (LPI) sebesar Rp 8 milliar. Dana itu pun kabarnya belum sepenuhnya 'clear' dan bisa dimanfaatkan.

Disisi lain, karena persoalan kursi pelatih yang masih kosong, hingga kini belum ada agenda latihan tim Persik. Skuad Macan Putih sendiri kini dihuni sekitar 17 orang pemain. Hampir kesemuanya adalah pemain baru yang belum memiliki pengalaman dalam kompetisi reguler. Sebab, beberapa orang pemain bintang yang sebelumnya sempat dijanjikan akan dikontrak satu per satu kabur mencari klub yang lebih menjanjikan seperti halnya, Danilo Fernando, Claudio Pronetto dan Legimin Raharjo.


Pengurus teras PSSI diangap otoriter setelah melarang penggelaran laga eksibisi bertajuk Inter Island Cup (IIC), yang diikuti sejumlah klub elit Indonesia.

Sebelumnya, Komisi Disiplin PSSI, Bernard Limbong, menyatakan akan menjatuhkan hukuman kepada setiap anggota PSSI yang terlibat dalam ajang pemanasan Indonesia Super League (ISL) tersebut.

“PSSI didirikan untuk mendorong kemajuan, tidak untuk jadi tirani. IIC dijadwalkan bahkan dengan spirit ganda, warming up kompetisi, dan membangun spirit atau dukungan untuk tim nasional, sehingga jadwalnya pun disesuaikan pas timnas tidak bermain,” ujar anggota Komite Eksekutif PSSI La Nyall Mattallitti lewat pesan singkatnya.

Limbong justru menganggap gelaran IIC memecah fokus dan dukungan pecinta sepak bola terhadap tim nasional Indonesia yang tengah berlaga di SEA Games 2011.

“Jika Komdis melihat sebaliknya, IIC sebagai bentuk gangguan, maka picik betul pengurus PSSI. Dan jika semua event yg bukan kalender resmi PSSI harus minta izin (yg tatacaranya juga belum diatur rinci), maka semua pertandingan atau turnamen di negeri ini harus dihabisi,” komentar La Nyalla.

“Kepada ketua Komdis, jangan asal bicara, berhentilah berprasangka. PSSI telah kehilangan cara untuk mengisi ruang-ruang rekonsiliasi, apalagi membuat terobosan solutif terhadap keruwetan kompetisi yg kita hadapi. Sekali lagi, stop gaya otoriter!” tutupnya.

Keputusan pengurus baru PSSI membentuk badan hukum pengelola kompetisi dan format kompetisi yang baru dinilai sejumlah klub dan anggota PSSI menyalahi aturan PSSI itu sendiri. Karena itu, sejumlah klub seperti Persipura Jayapura, Sriwijaya FC maupun Persisam Samarinda memilih tak ikut kompetisi baru PSSI bertajuk Indonesian Premier League (IPL), yang dikelola PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS).

Sebaliknya, klub-klub ini mendorong PT Liga Indonesia, pengelola kompetisi musim lalu, untuk melanjutkan kompetisi ISL yang telah berlangsung selama empat tahun terakhir.

La Nyalla dan sejumlah anggota Komite Eksekutif PSSI lainnya juga tak sepakat dengan keputusan koleganya yang dinilainya sarat kepentingan, termasuk ketua umum Djohar Arifin Husin dan wakilnya, Farid Rachman.


Timnas Indonesia U-23 terpaksa melakukan sholat Jumat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, karena mepetnya jadwal pertandingan melawan Singapura.

Indonesia akan menghadapi Indonesia dalam lanjutan Grup A SEA Games 2011, Jumat (12/11/11) pukul 14.00 WIB. Sementara sebagian pemain timnas adalah pemeluk agama Islam, yang berkewajiban menjalankan ibadah sholat Jumat.

“Ya, untuk menghemat waktu, kita akan menggelar sholat Jumat di stadion. Di Lobi VIP Barat,” terang ketua umum PSSI Djohar Arifin Husin di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (10/11/11).

“Karena kalau kita mau sholat di masjid Al-Bina (areal SUGBK), akan memakan waktu. Belum lagi kalau ada yang meminta foto, meminta tanda tangan dan lain sebagainya. Akan memakan waktu,” lanjutnya.

Hal ini dikonfirmasi pelatih timnas U-23 Rahmad Darmawan di Hotel Sultan, usai memimpin pasukannya berlatih.

“Tadinya kita mau Jumatan di masjid. Tetapi kalau Jumatan di masjid kan kita tidak tahu ceramahnya seperti apa. Kalau ternyata selesainya sampai jam satu lewat takutnya kan pikiran anak-anak sudah kemana-mana, kan gawat,” jelas RD."Kita sholat jam 12 kurang, sehingga bisa jam satu kurang seperempat bisa selesai."

Indonesia akan menghadapi Singapura bermodal kemenangan 6-0 atas Kamboja di laga perdana, sementara Singapura sudah menjalani dua kali, imbang tanpa gol melawan Malaysia dan menang 2-1 atas Kamboja.

Entrenador Barcelona Pep Guardiola mengakui bahwa sejauh ini Real Madrid tampil lebih baik dari timnya dan itu alasan mengapa anak-anak Madrid mampu menguasai papan klasemen La Liga.

'Los Blancos' saat ini nangkring di puncak klasemen dengan 28 poin dari 11 laga dan unggul tiga poin dari sang juara bertahan Barca.

Guardiola pun lantas tidak cari-cari alasan dan mengakui bahwa performa Madrid awal musim ini sangat menawan, namun dia menambahkan bahwa pertarungan ini belum selesai.

"Jika Madrid bisa unggul tiga poin atas kami, itu karena mereka sejauh ini melakukan tugas yang luar biasa," ujar Guardiola jelang laga Copa del Rey melawan Hospitalet (9/11/2011), seperti yang dinukil dari Goal.com.

"Saya hanya bisa mengakui mereka telah tampil lebih baik dari kami di liga. Kami akan melihat hingga akhir musim apakah tiga poin ini akan menentukan," tukas Pep.

Musim lalu Barcelona menjuarai Liga Spanyol berkat keunggulan empat poin atas Madrid.


Barcelona kabarnya tertarik dengan seorang full-back muda Valencia Jordi Alba. Namun sang pemain menegaskan dirinya bahagia di Mestalla.

Jordi Alba menegaskan dirinya tidak merasa terganggu oleh spekulasi menyangkut kepindahannya ke raksasa Spanyol Barcelona.

Pemain berusia 22 tahun itu terus dikaitkan dengan kepindahan ke Camp Nou akhir musim nanti setelah masa depan Eric Abidal di Barca nampaknya masih abu-abu.

Kontrak Abidal akan habis akhir musim nanti namun sampai saat ini belum juga sepakat menyangkut perpanjangan kontrak.

Ditanya soal kemungkinan tersebut, Alba menjelaskan dirinya senang di Valencia dan tidak mau fokus pada pembicaraan seputar bursa transfer.

"Saya tidak memikirkan soal itu karena saya tidak tahu apakah tawaran itu benar adanya atau tidak," ujar Alba, seperti yang dikutip Goal.com. "Saya sangat senang di Valencia dan yang saya pikirkan bagaimana meneruskan hasil bagsu ini dan terus mencapai yang lebih baik,"

"Ada rumor soal itu (perpanjangan kontrak dengan Valencia), tapi saya tidak tahu soal itu," jawab Alba.

"Apa yang saya inginkan adalah bermain dan mendapatkan peran lebih besar di lapangan. Saya hanya fokus pada Valencia," pungkasnya.


Eden Hazard sudah mengungkapkan keinginannya untuk hijrah dari Liga Prancis ke klub yang lebih besar. Pemuda itu pun tidak akan melirik klub lain selain Real Madrid.

Menurut El Confidencial, Hazard telah bertemu dengan direktur Lille dan menegaskan hanya ingin hijrah ke Madrid dan akan menolak tawaran klub lain.

Kabarnya Paris Saint-Germain dan Chelsea telah menyodorkan tawaran sebesar 30 juta Euro, atau setara dengan Rp 360 miliar, tapi bisa gagal jika gagal tampil di Liga Champions. Sementara Arsenal, Bayern Munich, AC Milan. Inter Milan dan Juventus juga terus mengincar pemain berusia 20 tahun itu.

Namun Hazard ternyata lebih ingin mencuatkan namanya di Santiago Bernabeu dalam jangka waktu kedepan.

Direktur olahraga Madrid Zinadine Zidane sebelumnya telah mengungkapkan kekagumannya pada Hazard dan kabarnya legenda Prancis itu bisa menjadi pemicu kepindahan penyerang lincah itu ke 'Los Blancos'.

Hazard saat ini masih terikat kontrak dengan Lille sampai 2015 dan kabarnya dana segar sebesar 40 juta Euro (Rp 480 miliar) dibutuhkan untuk menariknya keluar dari Prancis.

Gelandang Real Madrid Kaka memuji performa rekan setimnya, Cristiano Ronaldo. Menurutnya, Ronaldo memiliki skill yang lebih hebat ketimbang Lionel Messi.

Sejak Ronaldo memilih untuk hijrah ke Madrid dari Manchester United dua musim lalu, perseteruan antara Messi dan dirinya dimulai.

Keduanya saling berlomba-lomba dalam melesakkan gol ke gawang lawan. Untuk sementara di musim ini, Messi bercokol di daftar teratas top skorer La Liga dengan 14 gol, unggul satu gol atas Ronaldo.

Kendati demikian, hal itu tak mengurangi penilaian Kaka atas Ronaldo. Menurutnya, Ronaldo memiliki skill yang lebih komplit ketimbang Messi.

"Messi itu layaknya sebuah kendaraan off-road. Tapi, untuk menjadi yang terbaik tidak ditentukan melalui kemampuan individu, tapi melalui kontribusinya dalam tim," ujarnya dalam acara Kajuru Pregunta.

"Cristiano Ronaldo adalah pemain yang memiliki kemampuan paling lengkap di dunia," tambah mantan gelandang AC Milan ittu.

"Dia bisa mencetak gol melalui kepala dan kedua kakinya. Saya rasa Ronaldo adalah pemain terbaik yang pernah bermain bersama saya," tandasnya.

Raksasa Primera Liga Barcelona harus bersusah payah mengalahkan klub kasta kedua, Hospitalet, pada turnamen Piala Raja, Kamis dini hari (10/11/11) WIB.

Barca menang berkat gol tunggal yang dicetak Andres Iniesta dan pelatih Josep Guardiola secara jujur mengakui bahwa ia berharap Andres Iniesta dkk bisa mencetak lebih banyak gol.

“Pertandingan berjalan dengan terbuka. Kami ingin membuat selisih gol yang lebih besar sebelum menjalani leg kedua agar lebih aman, karena kami tak tahu bagaimana kondisi kami nanti sepulangnya dari Jepang,” ungkap Guardiola, seperti dinukil dari situs resmi Barcelona.

Ya, beberapa hari menjelang leg kedua di Camp Nou pada 21 Desember nanti, Barcelona harus ke Jepang untuk menjalani Kejuaraan Dunia Antarklub FIFA.

“Memang lebih baik jika kami bisa mencetak satu gol lagi, tetapi kita lihat saja nanti keadaan kami saat kembali,” lanjutnya.

Seperti biasa, pelatih yang dikenal bersahaja ini memuji Hospitalet atas kegigihan yang mereka tunjukkan.

“Itu pertandingan yang sangat keras antara dua tim yang punya karakter, dan kami harus berjuang keras. Saya ingin mengucapkan selamat kepada Hospitalet karena mereka tim yang bagus dan juga atas permainan yang mereka tunjukkan,” ungkap Guardiola.

“Mereka bermain bagus, terbuka dan bersemangat. Kiper mereka juga luar biasa. Kami agak kesulitan mengurai sistem pertahanan mereka,” sang entrenador menutup.

Performa terbaik Kaka kembali muncul musim ini bersama Real Madrid, namun cedera otot bagian bawah kakinya membuat come back-nya ke timnas Brasil harus tertunda.

Meski demikian, mantan bintang AC Milan itu mengaku puas atas perkembangan yang ia capai musim ini, setelah banyak berkutat dengan cedera di musim pertamanya di Santiago Bernabeu.

“Saya sangat sedih karena saya berlatih dan bekerja keras tetapi sama sekali tak mengetahui apa yang salah dengan saya,” Kaka mengungkapkan hari-harinya menanti penyembuhan, seperti dinukil dari situs realmadrid.com.

“Meski demikian, saya tetap yakin saya akan kembali ke level tertinggi dan menjadi bintang. Saya tak tahu apakah saya bisa kembali seperti saat saya masih di Milan, tetapi yang jelas saya ingin menjadi pemain yang penting dan berguna bagi tim. Itu motivasi saya,” ungkapnya.

“Ada kalanya saya merasa seperti robot, bergerak kaku di sekitar lapangan. Saya sedih dan saya merasa sakit setelah melakukan latihan peregangangan. Saya tak tahu apa yang terjadi, tetapi saya tak pernah berniat berhenti. Saya seringkali menangis sendiri maupun bersama keluarga,” pemain bernama lengkap Ricardo Izecson Dos Santos Leite itu melanjutkan.

Keadaan semakin buruk setelah beredar rumor bahwa petinggi klub berniat menjualnya di awal musim lalu, namun keteguhan Kaka terbayar.

“Kini saya tampil cukup baik. Saya berbicara kepada pelatih (Jose Mourinho) dan dia bilang dia menginginkan saya di sini. Kemudian, Presiden (Florentino) Perez menjelaskan bahwa mereka tak berniat menjual dan mengatakan saya harus bersabar dan tetap tenang.”

“Saya lebih santai setelah pertemuan itu. Ini adalah tantangan untuk tetap bertahan dan ini juga yang memotivasi saya,” jelasnya.


Keputusan David Silva untuk hijrah dari Spanyol menuju Inggris dinilai sebuah langkah tepat, karena membuka kesempatannya bermain sebagai skuad utama timnas Spanyol.

Silva hengkang dari Valencia ke Manchester City musim lalu dan telah menyihir Liga Primer Inggris dengan skill dan kecepatannya. Dia pun turut andil membawa City memuncaki papan klasemen.

"Bermain di Inggris sangat jelas membantunya. Itu membuat dia bermain reguler di tim utama Spanyol," ujar kiper Liverpool yang sekaligus kompatriot Silva di timnas Spanyol, Pepe Reina, seperti yang dikutip Goal.com.

"Dia berada diatas sana dan tampil sebagai yang terbaik di Liga Inggris. Dia telah berkembang sejak kedatangannya ke Inggirs, sama seperti Xabi Alonso dan Fernando Torres ketika bergabung dengan Liverpool dan seperti apa yang dilakukan oleh Juan Mata di Chelsea," papar kiper berkepala plontos itu.

"Itu membantu mu menjadi pemain yang lebih baik dengan bermain di Liga yang berbeda," pungkasnya.

Silva sejauh ini selalu menjadi motor serangan 'The Citizens' dengan penetrasi dan skill individu yang mampu menipu bek lawan. Saat ini Silva sudah mencetak empat gol dari 11 laga.

Pujian dilayangkan pemain bertahan Liverpool Daniel Agger kepada rekan setimnya, Luis Suarez. Menurutnya, Suarez memiliki kemampuan untuk menjadi striker terbaik dunia.

Suarez saat ini menjadi teror baru bagi lini pertahanan tim di Liga Primer Inggris. Namun, Agger menegaskan bahwa para pemain bertahan Liverpool harus menghadapinya setiap hari.

Saat ini, beomber berdarah Uruguay itu menjadi top skorer 'The Reds' dengan torehan empat gol. Terkait hal itu, Agger memiliki keyakinan besar bahwa Suarez bakal menjadi penyerang terbaik dunia.

"Saya rasa Anda bisa meilihat sendiri apakah dia pantas atau tidak menjadi penyerang terbaik dunia melalui penampilannya di lapangan," ujarnya pada Liverpool Magazine.

"Semua orang bisa melihat sendiri bahwa dia adalah pemain berkelas. Dia sangat berbeda. Saya tak pernah melihat pemain lain seperti dirinya dan bermain sepertinya."

"Dia tidak memiliki publikasi berlebihan ataupun benda-benda mewah. Dia hanya membawa bola dan mencetak gol, serta membuat peluang bagi dirinya sendiri dan tim."

"Terkadang Anda takkan bisa mempercayayi bagaimana dia bisa mendapatkan bola dan menggocek pemain lawan," sambungnya.

"Jika dia bisa terus mempertahankan performanya. Maka, saya yakin bahwa dia bakal menjadi salah seorang penyerang terbaik dunia," tandasnya.

Meskipun seringkali absen disebabkan serangkaian cedera yang menderanya. Namun, penyerang Manchester United Michael Owen mengaku masih belum ingin pensiun.

Penyerang berkebangsaan Inggris itu hanya tampil selama sebelas menit saat MU mengandaskan Otelul Galati dua gol tanpa balas di Liga Champions.

Owen terpaksa ditandu keluar lapangan karena mengalami sedikit permasalahan di otot pahanya. Banyak pihak memprediksikan cedera itu bakal mengakhiri karier sepakbolanya. Namun, Owen menolak untuk menyerah.

Owen menegaskan bahwa dirinya kini masih sangat mencintai sepakbola dan berkeinginan untuk bermain lebih lama lagi, layaknya rekannya di MU, Ryan Giggs.

"Saya berusia 31 tahun, jadi saya berpikir bahwa saya masih memiliki beberapa musim lagi sebelum akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu," ujarnya sebagaimana dilansir Sky Sports.

"Saya terinspirasi oleh Ryan Giggs yang masih bisa terus bermain meskipun saat ini telah menginjak usia 37 tahun," sambung mantan penyerang Liverpool itu.

"Dan jika para pemain gaek seperti Giggs masih bisa menjadi pilihan dalam tim, maka hal itu akan sangat luar biasa," lanjutnya.

"Saya seringkali berpikir bahwa saya masih memiliki beberapa musim lagi dan saya masih sangat mencintai sepakbola."

"Bagaimana Anda tidak akan merasa bahagia jika Anda bermain di klub papan atas seperti Manchester United," pungkasnya.


Penyerang Arsenal asal Rusia, Andrey Arshavin mengungkapkan niatnya untuk hengkang dari London jika dirinya terus 'dilekatkan' di bangku cadangan.

Pemain berusia 30 tahun itu bergabung dengan 'The Gunners' pada 2009 lalu, meski sempat mengkilap perlahan namanya mulai meredup.

Sering dibangku cadangkan oleh Wenger ternyata bisa membuat Arshavin hengkang. Namun dirinya mengakui itu tidka ada dalam agendanya saat ini.

"Saat ini saya tidak berpikir untuk ganti klub. Jika saya akan terus dibangku cadangakan dalam waktu yang lama, maka isu tersebut bisa saja muncul," ungkap Arshavin pada Sport Express.

Arshavin memang digadang-gadang akan segera kembali ke kampung halamannya, Liga Rusia. Tapi dia menegaskan hanya satu tujuan dia yaitu mantan klubnya Zenit St Petersburg.

"Saya masih ingin bermain 90 menit, tapi sekarang saya 'ditempel' di bangku cadangan. Saya tidak ingin bermain dengan klub lain di Liga Rusia selaon Zenit, dan sampai saat ini tidak ada kontak dengan Anzhi Makhachkala," paparnya.

Ditanya siapa yang didukung menjadi tim terbaik musim ini, Arshavin malah menunjuk klub raksasa Katalan yang kerap mengganjal langkah mereka di Liga champions: "Saya masih mendukung Barcelona. Mereka adalah tim terbaik," ucap Arshavin.

New York - Kejaksaan Amerika Serikat (AS) menuntut tujuh pelaku penipuan internet terbesar, yang menyerang lebih dari empat juta komputer di seratus negara.

Seperti yang dikutip TheHinduBussinessLine, enam dari tujuh pelaku warga Estonia dan satu Rusia. Serangan itu sudah menimpa lembaga penting AS seperti NASA dan lainnya. Sekitar US$14 juta sudah dihasilkan melalui penipuan in.

Ketujuh pelaku tersebut adalah Vladimir Tsastsin, Timur Gerassimenko, Dmitri Jegorov, Valeri Aleksejev, Konstantin Poltev, Andrey Taame dan Anton Ivanov. Mereka tertangkap dan ditahan di Estonia.

Pihak pengacara AS mengatakan mereka akan segera diekstradisi ke Amerika. Masing-masing pelaku akan dikenakan lima tuduhan yang berkait dengan kejahatan komputer dan terancam hukuman hingga 30 tahun.

"Kasus ini seperti fenomena gunung es, masih banyak lagi yang belum kita ketahui," ungkap Preet Bharara, pengacara pihak AS dari Distrik Selatan New York.

Diungkapkan pula oleh AS, kejahatan ini dijalankan sejak 2007 hingga Oktober 2011.


- Sungguh nekat ulah Endi Hendani. Memperdaya korban yang ditipunya dengan mengaku sebagai perwira polisi berpangkat komisaris besar.

Endi, yang merupakan warga Dusun Bojong Desa Suka Mulya Ciamis Jawa Barat, dalam menjalankan aksi penipuannya selalu mengenakan pakaian dinas Kepolisian. Padahal sehari-hari Endi hanya berprofesi sebagai tukang urut.

Aksinya terbongkar setelah dilaporkan korban yang dikelabuinya, Yulianti (44). Kepada korbannya pelaku mengaku bisa memasukan anak Yuliyanti ke Akademi Kepolisian (Akpol).

Seperti dilansir Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kamis (10/11/2011), Kasat Reskrim Polresta Bekasi Kota Kompol Dedi Murti Haryadi mengatakan penipuan yang dilakukan oleh pelaku ini dilakukan sejak Januari 2011.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Endi harus mendekam di sel tahanan Mapolresta Bekasi Kota dan terancam dijerat dengan Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara


Tindakan pemerasan dilakukan polisi gadungan kembali terjadi. Kali ini, seorang tukang tambal ban yang jadi korbannya.

Arif Firdaus (42), seorang tukang tambal ban di Jalan KH Hasyim Ashari Raya No 33 F Jakarta Pusat didatangi pelaku yang mengaku sebagai anggota reserse Polda Metro Jaya, Selasa (8/11/2011), pukul 21.00 WIB. Pelaku menuduh korban telah menebar ranjau paku di lokasi.

Arif Firdaus dan seorang temannya Suhendi kemudian diajak pelaku jalan sambil diancam akan dibawa ke Polda Metro Jaya. Karena takut, Arif dan Suhendi akhirnya menyerahkan uang sebesar Rp500 ribu.

Pada Rabu (9/11/2011) siang, pelaku datang lagi dan meminta uang kepada Arif. Arif curiga kemudian melapor ke Polsek Metro Gambir. Oleh petugas, pelaku kemudian diamankan dan setelah dilakukan pemeriksaan ternyata pelaku merupakan polisi gadungan.

Pelaku berikut barang bukti uang Rp500 ribu, tanda kewenangan Polri simbol reserse dibawa ke Mapolsek Metro Gambir untuk penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

Sedangkan Arif Firdaus dan Suhendi kini tengah dimintai keterangan sebagai korban dan saksi.

Meski menegaskan pernikahannya dengan Andhika Gumilang adalah sah, namun terdakwa kasus pembobolan dana nasabah Citibank, Inong Malinda Dee, mengaku saat itu dia belum resmi bercerai dengan suami pertamanya.

"Statusnya sudah pisah tapi belum terima surat perceraian secara sah dari pengadilan agama," ucap Malinda ketika ditanya statusnya dengan suami terdahulu di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2011).

Menurut Malinda, sejak tahun 2007 ia sudah menerima talak dari suami pertamanya. Namun dari tahun 2007, proses perceraiannya di Pengadilan Agama belum juga selesai, sehingga Malinda masih terikat pernikahan.

Kemudian Malinda dengan Andhika akhirnya menikah pada bulan Agustus 2009,setelah menikah Malinda dan Andhika tingal bersama menempati apartemen mewah apartemen Capital,Sudirman

Ia juga menegaskan bahwa pernikahannya dengan Juan Farerro dianggap sah meskipun status Malinda belum resmi cerai terdaftar di Pengadilan agama. Pernikahan Malinda dan Andhika lanjut Malinda berlangsung secara sederhana dengan dihadiri oleh orang tua,penguhulu dan wali. ”Ada penghulu,orang tua sebagai wali,“ ucap Malinda.

Kemudian hakim menanyakan kembali mengenai status Malinda, terdakwa kasus pembobolan dana nasabah dan pencucian uang tersebut mengaku sah. "insy Allah pak hakim," ucapnya


Inong Malinda Dee cinta mati dengan Andhika Gumilang. Apapun diberikan untuk Andhika.

Malinda rela mengeluarkan uang yang cukup banyak. Andhika dibelikan mobil Hummer dan Ferari, serta diberikan uang jajan 5 juta rupiah perbulannya.

Tidak hanya itu saja, Malinda menjalankan bisnis multilevel marketing (MLM) dengan member atas nama Andhika Gumilang agar suami sirinya tersebut mendapat penghasilan tiap bulannya.

”Saya buatkan dua member, tapi semua bisnis MLM-nya saya yang jalankan agar Andhika memiliki income per bulan,“ ucap Malinda di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Kamis (10/11/2011).

Semua yang dilakukan Malinda tersebut semata-mata dilakukan demi cintanya untuk Andhika. ”Kalau sayang pasti, apapun akan diberikan untuk terdakwa,“ ucapnya yang bersaksi untuk terdakwa Andhika Gumilang dalam kasus pencucian uang nasabah Citibank.


Inong Malinda Dee tidak mengetahui berapa jumlah penghasilan suami sirinya Andhika Gumilang tiap bulan.

Setiap bulannya, Malinda mengaku mentransfer uang jutaan rupiah atas inisiatif sendiri. Kadang-kadang, Andhika yang meminta uang.

Malinda menjelaskan kegiatan Andhika, selain syuting, nongkrong bareng teman-teman artisnya. Jika butuh uang, Andhika akan meminta uang untuk mentraktir temannya.

”Kadang dia juga minta kalau lagi butuh untuk entertaiment dengan teman-teman artisnya,“ ucap Malinda yang menjadi saksi untuk terdakwa Andhika Gumilang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2011).

Andhika tersangkut kasuspidana karena diduga menikmati uang hasil penggelapan dan pencucian yang dilakukan Malinda ketika menjadi Relationship Manager Citibank.

Dari pengakuan Sahuri (48) si pelaku yang akrab dipanggil Bewok melalui Kasubag Humas Polres Jakarta Selatan, AKP Aswin mengatakan, pertama kali pelaku bisa meniduri anak buahnya dengan cara memberikan minuman keras (miras). Korban dicekoki miras hingga mabuk dan tak sadarkan diri.

"Biasanya, si korban tidur di kamar atas, tapi pelaku meminta untuk tidur di bawah yang sebelumnya telah dicekoki miras hingga mabuk. Saat itulah pelaku berhasil menguasai tubuh korban," kata Aswin di Mapolres Jaksel, Selasa (8/11/2011).

Korban disetubuhi sebanyak 10 kali dan berlangsung sejak April 2011 lalu hingga akhirnya korban hamil. Hal ini pun diketahui istri pelaku, kemudian korban dipulangkan ke kampung halamannya ke Tegal dengan imbalan Rp1.500.000.

Saat di kampung halamannya, orang tua korban curiga dengan perubahan yang terjadi di tubuh korban. Kemudian korban pun diperiksa di Puskesmas di daerahnya, dan diketahui hamil 5 bulan.

Setelah itu, pihak keluarga mendatangi warteg tempatnya ia bekerja di Jakarta sekaligus melaporkan ke polisi. "Kita sudah menyita sejumlah barang bukti seperti surat visum dan surat keterangan lahir milik korban. Selain itu kita juga periksa tersangka sekaligus dua orang saksi," tambah Aswin.

Menurutnya pelaku dikenai Pasal 81 UU perlindungan anak dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara dan Pasal 287 KUHP tentang perkosaan di bawah umur dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

Seorang pemilik warung tegal (warteg) berinisial SH (48), tega menyetubuhi anak buahnya RB (16) hingga hamil. Saat ini SH diamankan di Mapolres Jakarta Selatan, setelah korban melaporkan perbuatan bejat majikannya tersebut.

Menurut Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Jakarta Selatan, AKBP Budi Irawan, RB (16) telah menjadi korban kebejatan dari SH, pemilik warteg di kawasan Kebayoran Baru sejak beberapa bulan terakhir.

"Korban mengaku telah diperkosa sebanyak 10 kali, hingga akhirnya hamil dengan usia kandungan sekitar dua bulan," ujar Budi Irawan, Senin (7/11/2011).

Pelaku mengaku khilaf karena tergiur oleh kemontokan tubuh anak buahnya yang setiap hari ia lihat. Sehingga ia tak mampu menahan syahwatnya untuk melakukan tindakan bejat terhadap gadis berusia 16 tahun yang merupakan anak buahnya sendiri.

Terkait hal ini, pelaku dikenai pasal 285 KUHP dan juga UU Perlindungan Anak dengan ancaman 15 tahun penjara. "Korban dipaksa untuk memuaskan syahwatnya. Sehingga pelaku dikenai pasal 285 dan UU Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara," ujar Budi.

Sementara pelaku hanya mengatakan khilaf dan menyesali perbuatannya saat petugas dari Unit Perlindungan Perempuan dan Anak, Polres Jakarta Selatan membawanya untuk menjalani pemeriksaan. "Saya khilaf pak dan benar-benar menyesal," ucap SH

Sejumlah anggota kepolisian berpakaian preman dan dinas memilih mundur setelah diancam akan dilempari tinja oleh mahasiswa yang menggelar aksi demo di depan Kampus UKI.

Sejumlah anggota polisi berpakaian preman ini memilih mundur dari pada harus kembali menjadi sasaran pelemparan tinja yang dilakukan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Jaringan Kampus (Jarkam), yang mengelar aksi demontrasi di Jalan Raya Mayjen Sutoyo, Jakarta Timur.

Akhirnya aksi unjuk rasa mahasiswa yang membuat kemacetan di jalan tersebut pun berjalan tanpa pengawalan polisi. Hingga aksi demo yang berlangsung lebih dari dua jam, sama sekali tidak terlihat ada satu pun polisi yang muncul untuk berupaya membubarkannya.

"Sebelumnya sejumlah anggota polisi ada yang dikejar-kejar seorang mahasiswa dengan memegang kotoran manusia untuk dilempar ke polisi yang pakai pakaian preman itu. Untungnya mereka berhasil lolos menyeberangi jalur pembatas," kata Ardian seorang mahasiswa yang tergabung dalam Jaringan Kampus (Jarkam).

Para mahasiswa pun tak henti-hentinya membakar ban bekas di tengah jalan seraya meneriakkan yel-yelnya. Dan peristiwa ini pun tampak sengaja dibiarkan oleh aparat kepolisian.

Dari pantauan INILAH.COM, sejumlah polisi terlihat menjauh dari lokasi demo mahasiswa. Dan kondisi kemacetan di ruas Jl Mayjen Sutoyo dari arah Rawamangun menuju Cililitan pun tampak semakin semrawut. Pasalnya jalur yang mestinya untuk satu jalur itu terpaksa digunakan dua jalur


Heroisme dan kepahlawanan di Indonesia tidak boleh mengalami devaluasi. Karena itu, kepahlawanan masa kini harus diwujudkan dengan kreativitas dan aktivitas nyata yang bermakna mendalam bagi rakyat banyak.

Para kreator dan aktor yang mampu membebaskan rakyat dari ketidakadilan, kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan, merupakan kekuatan penerus spirit kepahlawanan, yang seyogianya digelorakan untuk memperkuat integrasi nasional.

Para aktor dan kreator yang heroik tentu anti-KKN, dan mengabdikan hidupnya demi kebajikan dan kemanusiaan, sepi ing pamrih rame ing gawe (sunyi dari kepentingan pribadi, namun giat bekerja/berkarya nyata)

Para sosiolog dan sejarawan sering menyebutkan bahwa karakteritik seorang pahlawan sejati adalah keberanian, kebangsawanan hati dan jiwa serta kejujuran hati nuraninya dalam menilai setiap keadaan,

Sang pahlawan adalah sosok semasa hidupnya berani bertindak karena benar. Ia selalu bersedia berkorban untuk kepentingan orang banyak/umum. Ia tidak mudah goyah di tengah-tengah godaaan untuk menghimpun kekayaan dan kekuasaan bagi diri sendiri. Orientasi yang konstan dari seorang pahlawan sejati adalah kepentingan bersama diatas segala-galanya dan ini mutlak untuk diharuskan.

Nilai kepahlawan itu sendiri sebenarnya tidak terbatas pada suatu masa atau suatu bidang kehidupan tertentu saja. Potensi dan intuisi kepahlawan itu sendiri akan selalu ada dan hidup di dalam diri orang yang memiliki bakat untuk itu, dan ini akan selalu ada disegala zaman dan disegala bidang kehidupan.

Antropolog Universitas Diponegoro Semarang, Agus Maladi Irianto menilai, nilai-nilai kepahlawanan harus direvitalisasi agar sesuai konteks permasalahan yang dihadapi dewasa ini. Makna kepahlawanan saat ini tidak dapat lagi dipahami dalam konteks perjuangan fisik seperti yang dilakukan para pejuang di zaman penjajahan dulu, namun harus disesuaikan dengan situasi terkini.

Menurutnya, makna kepahlawanan lebih tepat diberikan kepada orang-orang yang memiliki kreativitas dan daya saing tinggi yang berjasa besar bagi pembangunan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Dengan gelar kepahlawanan yang bermakna mendalam bagi rakyat, integrasi nasional diharapkan bisa terjaga. Selain itu, masyarakat dapat diilhami dan disemangati oleh spirit heroisme yang kontekstual dengan zamannya. Sehingga tidak ada devaluasi dalam memaknai kepahlawanan di negeri ini. Kepahlawanan harus dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat, lalu bangsa dan negara.

Mekah - Jamaah calon dan haji Indonesia yang wafat hingga Rabu (9/11) pukul 18.47 waktu Arab Saudi (WAS) atau 22.47 WIB mencapai 169 orang, dengan rincian jamaah haji reguler mencapai 162 orang dan haji khusus atau ONH plus sebesar tujuh orang.

Data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama menunjukkan, jamaah wafat terbanyak berasal dari embarkasi SUB (Surabaya) 35 orang, disusul embarkasi SOC (Solo) 29 orang, embarkasi JKS (Bekasi/Jawa Barat) 21 orang, embarkasi JKG (DKI Jakarta) 19 orang, embarkasi MES (Medan) dan embarkasi UPG (Makassar) masing-masing 13 orang.

Penyakit yang menyebabkan jamaah wafat terbesar disebabkan penyakit sistem sirkulasi 121 orang, penyakit sistem pernafasan 34 orang, serta penyakit endokrin nutrisi dan metal lima orang.

Jamaah yang wafat terbesar adalah pria sebesar 120 orang dan 49 orang wanita.

Usia yang wafat terbesar adalah diatas 60 tahun sebesar 121 orang, usia 5059 tahun 49 orang, usia 40-49 tahun sebanyak tujuh orang serta usia 40 tahun ke bawah satu orang.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Arsyad Hidayat mengatakan, untuk proses pemulangan kelompok terbang (kloter) pertama yang akan mengangkut jamaah haji pulang ke Indonesia dimulai 11 November dengan 14 penerbangan menuju berbagai debarkasi.

"Mulai 11 November sudah dimulai pemulangan jamaah haji Indonesia ke berbagai penjuru daerah, dan akan bertahap selesai hingga 10 Desember dengan total seluruh kloter 503 penerbangan," kata Arsyad.

Para jamaah haji yang pulang minggu-minggu ini, katanya, adalah jamaah yang sebelumnya telah melakukan arbain di Madinah dan mereka termasuk dalam kloter awal kedatangan di Arab Saudi.

"Sementara jamaah haji Indonesia yang datang masuk kloter-kloter akhir dan usai menjalankan ibadah haji, beberapa hari ini secara bertahap akan diarahkan menuju Madinah untuk Arbain," ujar Arsyad


Beberapa negara terutama Malaysia mengklaim beberapa karya batik dan kebudayaan lain adalah kebudayaan negara tersebut.

Berbagai reaksi muncul dari berbagai kalangan, pada intinya menyayangkan dan mengecam pengambilalihan atau klaim budaya itu. Reaksi ini sangat positif, namun untuk menjadi jalan keluarnya perlu pembuktian.

Para peneliti muda dari Bandung fe Institute berhasil membuktikan bahwa karya kebudayaan yang diklaim itu milik Indonesia. Juga beberapa arkeolog, sejarawan dan antropolog, geolog dan lain-lain.

Dengan riset, maka semua klaim mengklaim akan terbukti kesalahan, yang artinya dunia riset harus dihidupkan bukan hanya soal pengembalian kebudayaan yg hilang, tetapi untuk menatap Indonesia ke depan yang lebih baik.

"Pemerintah Malaysia terutama, selama ini melakukan berbagai klaim sepihak karena memanfaatkan lemahnya dunia riset kita," kata Staf Khusus Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Andi Arief kepada INILAH.COM, Kamis (10/11/2011).

Inilah daftar kekayaan kebudayaan Indonesia yang dikaim negara lain:
1. Klaim Batik Jawa Oleh Adidas
2. Klaim Angklung oleh Pemerintah Malaysia
3. Klaim Gamelan oleh Pemerintah Malaysia
4. Badik Tumbuk Lada oleh Pemerintah Malaysia
5. Naskah Kuno dari Riau oleh Pemerintah Malaysia
6. Naskah Kuno dari Sumatera Barat oleh Pemerintah Malaysia
7. Naskah Kuno dari Sulawesi Selatan oleh Pemerintah Malaysia
8. Naskah Kuno dari Sulawesi Tenggara oleh Pemerintah Malaysia
9. Rendang dari Sumatera Barat oleh Oknum WN Malaysia
10. Sambal Bajak dari Jawa Tengah oleh Oknum WN Belanda
11. Sambal Petai dari Riau oleh Oknum WN Belanda
12. Sambal Nanas dari Riau oleh Oknum WN Belanda
13. Tempe dari Jawa oleh Beberapa Perusahaan Asing
14. Lagu Rasa Sayang Sayange dari Maluku oleh Pemerintah Malaysia
15. Tari Reog Ponorogo dari Jawa Timur oleh Pemerintah Malaysia
16. Lagu Soleram dari Riau oleh Pemerintah Malaysia
17. Lagu Injit-injit Semut dari Jambi oleh Pemerintah Malaysia
18. Tari Kuda Lumping dari Jawa Timur oleh Pemerintah Malaysia
19. Tari Piring dari Sumatera Barat oleh Pemerintah Malaysia
20. Lagu Kakak Tua dari Maluku oleh Pemerintah Malaysia


Heroisme dan kepahlawanan di Indonesia seharusnya tak hanya dibatasi pada perjuangan melawan serdadu penjajah seperti Belanda atau negara asing lainnya. Sama-sama demi mempertahankan tanah air dan kekayaannya, kepahlawanan masa kini seharusnya juga adalah bentuk nyata perjuangan memberantas dan menolak perilaku korupsiyang juga berdampak memelaratkan orang banyak.

Makna kepahlawanan seperti itu lah yang setidaknya diresapi oleh Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Haryono Umar. Perjuangan masa kini, katanya, adalah perjuangan untuk menolak dan bahkan berani memberantas korupsi itu sendiri karena faktanya hanya memperkaya segelintir orang dan memiskinkan negara berserta rakyatnya.

“Pahlawan saat ini adalah mereka yang ikut melawan korupsi,” tandas Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan itu kepada INILAH.COM melontarkan pandangannya apa makna Hari Pahlawan 10 November yang bertepatan jatuh pada hari ini, Kamis (10/11/2011).

Carannya pun, tentu bukan konvensional seperti perjuangan sebelum kemerdekaan yaitu dengan angkat senjata. Seiring dengan berkembangnya jaman dan dan peran masing-masing orang, pahlawan pemberantas korupsi pun melakukan perjuangan melalui bidangnya masing-masing. Tak hanya penegak hukum, setiap orang sebenarnya memiliki kewajiban untuk memberantas atau setidaknya mencegah korupsi itu sendiri.

Sama seperti orang awam lainnya, tentunya Haryono juga memiliki tokoh kepahlawanan yang sangat diidolakannya. Seorang Mohammad Hatta atau yang dijuluki Bung Hatta adalah ternyata tokoh pahlwan yang sangat mengispirasi Haryono Umar dalam upaya perjuangannya. Tentu perjuangan dalam kapasitasnya sebagai Pimpinan sebuah lembaga pemberantasan korupsi.

"Dia (Bung Hatta) sangat peduli dengan masyarakat kecil, dia pengggas ekonomi kerakyatam\," ujarnya mengenai sosok Wakil Presiden RI ke-dua itu.

Yogyakarta - Nasionalisme penting untuk pembinaan anak bangsa agar mereka menjadi pahlawan dalam persaingan global.

"Oleh karena itu, nasionalisme harus tetap ditanamkan pada generasi muda," ujar Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X usai memimpin upacara bendera memperingati Hari Pahlawan 2011 di Alun-alun Utara Yogyakarta, Kamis (10/11/2011).

Menurut dia, dengan nilai kepahlawanan itu anak-anak muda akan mempunyai kemauan membangun integritas sebagai dasar membangun masa depan bangsa dalam konteks persaingan global.

"Predikat pahlawan tidak harus disematkan kepada mereka yang sudah meninggal. Anak-anak muda yang mempunyai karakter kepahlawanan pun layak disebut pahlawan," katany


Amlapura - Mantan pejuang di Kabupaten Karangasem, Bali, menyesalkan terkikisnya nilai-nilai patriotisme para generasi muda.

"Saya sangat miris melihat fenomena generasi muda saat ini yang nyaris hilang rasa bela bangsanya," kata Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Karangasem, I Wayan Tangkas, seusai peringatan Hari Pahlawan di Amlapura, Kamis (10/11/2011).

Ia berharap masyarakat tidak memperingati Hari Pahlawan sebatas seremonial saja, melainkan ada aksi realitas yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Peringatan Hari Pahlawan saat ini menurut Tangkas merupakan perwujudan rasa hormat dan penghargaan atas jasa pahlawan yang telah mengantarkan bangsa ini kepada kemerdekaan dengan segala pengorbanan, sekaligus mewarisi semangat kepahlawanan sebagai inspirasi memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa mengisi kemerdekaan melalui pembangunan.

Menanamkan komitmen moral dan kejuangan dalam meneruskan cita-cita apara pahlawan dengan bekerja lebih keras, ulet serta penuh pengabdian kepada bangsa dan negara dilandasi semangat kesetiakawanan sosial nasional sangat diperlukan saat ini.

Karena nilai-nilai kepahlawanan tersebut terbukti mampu menjadi perekat persatuan bangsa sehingga peringatan Hari Pahlawan memiliki makna penting dan strategis.

Ia mengajak generasi muda agar menangkap makna nilai patriotik melalui realitas keteladanan, menghilangkan sikap ego sentralisme yang dapat mengikis nilai persatuan, dan memupuk nilai nilai perjuangan.

Lampung - Organisasi kepemudaan Kabupaten Waykanan, Lampung, GP Ansor dan Karang Taruna Waykanan, Lampung menyayangkan beberapa oknum pejabat yang menikmati snack atau makanan kecil ketika upacara Hari Pahlawan sedang belangsung.

"PNS sebagai aparatur negara tentu harus memberi contoh dan teladan, tindakan semacam itu sangat kami sayangkan," tegas Ketua GP Ansor Waykanan, Supri Iswan, Kamis (10/11/2011).

Seharusnya, lanjut Supri, hal itu tidak terjadi mengingat upacara hari ini dilakukan untuk menghormati jasa pahlawan pendiri bangsa. "Kita sebagai generasi penerus sebaiknya tidak berperilaku seperti itu, terlebih, diakui atau tidak, tanpa pengorbanan mereka kita tidak bisa menikmati Indonesia saat ini," ujar Supri.

Senada dengan Supri, Sekretaris Karang Taruna Waykanan Abdul Kodir Zaelani menyayangkan kejadian tersebut. "Saat ini kita hanya bisa dikatakan duduk menikmati hasil perjuangan bertahun-tahun lamanya, jika hanya upacara beberapa menit dinodai dengan perbuatan semacam itu, tidak etis sekali," tegas Zaelani.

Saat upacara sedang berlangsung, beberapa oknum pejabat Pemerintah Kabupaten Waykanan, Lampung jutsru menikmati snack yang semestinya disantap seusai upacara berlangsung.

Sementara beberapa janda veteran terlihat khusyuk dan sebagian menitikan air mata saat upacara dan pembacaan doa untuk mengenang jasa pahlawan berlangsung.

Kedua organisasi itu meminta Bupati Waykanan Bustami Zainudin memberi sanksi tegas atas perbuatan beberapa oknum pejabatnya. "Supaya tidak terulang, bupati harus memberikan sangsi kepada oknum bawahannya tersebut," ujar Zaelani.


Belasan siswa peserta upacara Hari Pahlawan, Kamis (10/11/11) di halaman Pemkab Sumenep, pingsan.

Para siswi yang 'tumbang' tersebut merupakan siswa SMA dan MTs di Sumenep. Mereka tiba-tiba lemas dan roboh di lapangan saat upacara masih berlangsung.

Kontan pingsannya belasan siswa tersebut membuat panik peserta siswa yang lain. Untungnya, tenaga kesehatan yang berjaga di pinggir lapangan siaga, dan langsung menggotong para siswa yang pingsan ke pinggir lapangan.

Bahkan satu siswa terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Daerah, dr. H. Moh. Anwar Sumenep yang ada di depan kantor Pemkab, menggunakan becak. Siswa ini dilarikan ke rumah sakit, karena kondisinya sangat lemas.

Salah satu siswi SMAN 2 Sumenep yang sempat pingsan, Silvi, mengaku tidak tahu mengapa dirinya tiba-tiba pingsan. "Padahal saya tadi sudah sarapan. Tapi waktu upacara tiba-tiba pusing, lemas, terus saya pingsan," katanya.

Silvi mengatakan, dirinya tidak pernah pingsan sebelum-sebelumnya. "Saya ya sehat-sehat saja, tidak sakit apa-apa. Tapi gak tau tadi kok tiba-tiba pingsan," tuturnya.

Sementara salah satu petugas kesehatan, Imam muthari, mengungkapkan, pingsannya sejumlah siswa rata-rata karena kondisi siswa yang tidak fit. "Mereka kelelahan. Apalagi kondisi cuaca saat ini gak enak. Ini kan peralihan cuaca. Jadi cukup mempengaruhi kondisi kesehatan siswa," ungkapnya.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang diadakan Pemprov Jatim di halaman Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis (10/11/2011), dihadiri 1.500 peserta upacara dipimpin Inspektur Upacara (Irup) Gubernur Jatim Soekarwo.

Dalam kesempatan itu, Soekarwo mendapatkan buku kenangan sejarah berjudul "Battle of Surabaya" dari penulis asal Australia bernama Frank Palmos. Frank adalah warga Australia kelahiran 20 Januari 1940 di Melbourne, Victoria.

Selain itu, Pakde, panggilan akrabnya, juga menyerahkan secara simbolis bingkisan kepada perintis kemerdekaan dan janda perintis kemerdekaan serta veteran sejumlah 431 orang.

"Peristiwa 10 November 1945 itu luar biasa. Ini karena rasa persatuan dan kesatuan serta motivasi untuk lepas dari penjajahan, perjuangan jauh mendahului negara. Ini fakta sosial tentang kebangsaan sudah sejak awal dan melebihi fakta politik," kata Pakde kepada wartawan di Tugu Pahlawan Surabaya.

Sayangnya, rencana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) atau Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri yang menghadiri langsung upacara Hari Pahlawan di Surabaya batal. Ini karena Presiden SBY memimpin upacara di TMP Kalibata Jakarta.

"Kami telah kirim surat ke pusat agar Hari Pahlawan dijadikan peristiwa nasional dan hari peringatan nasional yang dipusatkan di Surabaya. Lebih lanjut kami minta tahun depan, presiden, wapres dan menteri-menteri harusnya bisa hadir di Surabaya," tegasnya.

Mengenai pemberian buku sejarah yang ditulis warga kebangsaan Australia, menurut Pakde, itu bisa menjadi tambahan bukti sejarah. "Saya sendiri belum baca buku itu dan pasti akan saya baca. Sejarah itu semakin lama semakin apa adanya," tuturnya


Bergabungnya pengusaha Hary Tanoesudibyo ke Partai NasDem bukanlah jaminan partai baru ini bisa meraup suara besar di Pemilu mendatang. Salah satu faktornya adalah kurangnya pendukung akar rumput.

“Mereka tidak punya pendukung akar rumput,” papar pakar Ilmu Komunikasi Tjipta Lesmana, Rabu (9/11), ketika diminta komentar soal bergabungnya pengusaha Hary Tanoesudibyo ke Partai Nasionalis Demokrat (NasDem).

Menurut Tjipta, sosok Hary Tanoe yang memiliki sejumlah media massa juga tidak bisa menjadi jaminan akan memuluskan langkah partai itu. “Tidak berarti orang yang menguasai media menang, itu paradigma yang ngawur,” imbuhnya. Berikut wawancara lengkapnya.

Bagaimana komentar Anda terkait kolaborasi Surya Paloh dan Hary Tanoesudibyo di Partai NasDem. Apakah kolaborasi dua pemilik media besar akan memuluskan jalan Partai NasDem?

Tidaklah. Saya melihat peluangnya tipis Partai NasDem bisa meraup dukungan. Koalisi antara Surya Paloh dan Hary Tanoe, peluang menjadi presiden dan wapres 2014 tipis, mereka tidak punya pendukung akar rumput (grassroots).

Bukankah keduanya pemilik grup media yang tidak diragukan lagi, apakah modal ini tidak cukup?

Untuk bisa memenangkan Pemilu itu ada empat syarat utama yakni pertama, tokoh dikenal luas rakyat dalam arti prestasi diakui oleh rakyat banyak. Kedua, mesin partai juga harus kuat, seperti Partai Golkar yang memiliki 60 persen gubernur dan bupati se-Indonesia. Nah, Partai NasDem lemah.

Ketiga, akar rumput atau grassroots. Saya melihat Partai NasDem tidak punya akar rumput, misalnya seperti PDIP yang punya akar rumput. Dan keempat adalah modal. Dalam hal ini, memang Hary Tanoe kuat dalam modalnya. Dilihat dari empat kriteria ini saya tidak yakin mereka akan unggul.

Bagaimana dengan posisi media yang dimiliki keduanya?

Memang media massa cukup penting untuk kampanye. Namun tidak berarti orang yang menguasai media menang, itu paradigma yang ngawur. Media bisa membantu sukses kampanye kalau itu betul. Media memang memberikan kontribusi besar tapi tidak berarti siapa yang menguasai media menang, harus ada empat syarat tadi untuk memenangkan pemilu.

Bagaimana Anda melihat prospek Partai NasDem ini?

Partai NasDem susah untuk berkembang pesat dalam tempo yang begitu cepat. Jangan lupa, pemilu sebentar lagi akhir tahun depan kampanye, waktu sudah mepet, bagaimana Partai NasDem bisa menggerakan rakyat, itu amat sangat berat.

Badan Kehormatan (BK) DPR akan memastikan kabar yang menyebutkan wanita berinisial Z telah mencabut laporan atas Wakil Ketua Komisi IV dari Partai Demokrat Herman Khaeron.

"Kita belum tahu laporan sudah dicabut atau belum,," ujar anggota BK Ali Machsan Moesa kepada INILAH.COM, Kamis (10/11/2011).

Hingga kini pihak BK masih melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut. Berdasarkan pengalaman, beberapa pelapor kasus asusila mencabut laporannya sendiri.

"Itu sangat mungkin terjadi. Yang sebelumnya juga begitu, kita panggil tapi alamat tidak jelas," terang politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ali menegaskan, BK sangat berhati-hati dalam menyelidiki kasus ini karena kerap dianggap bernuansa politik. "Makanya kita hati-hati. Ada yang ingin menjatuhkan lawan politiknya juga. Politik ini kejam," katanya.

OC Kaligis mengundurkan diri sebagai tim pembela tersangka kasus dugaan suap proyek pembangunan wisma atlet SEA Games, Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan, M Nazaruddin. Kaligis membeberkan sejumlah alasan pengunduran diri membela Nazaruddin.

”Semula saya melihat bahwa M Nazaruddin sungguh-sungguh menegakkan keadilan dengan sebut siapa yang terlibat, tapi saya pelan-pelan lihat banyak yang masuk, jadi saya memikirkan, saya jalan atau mengundurkan diri, karena sekarang saya tak mau konspirasi ketidakadilan,“ ucap OC Kaligis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2011).

Kaligis mengaku kecewa karena kliennya tidak sejalan dengannya untuk membuka dan membeberkan nama-nama oknum yang diduga terlibat dalam kasus Wisma Atlet. Karena menurutnya itu menyangkut integritas dan keprofesionalan Kaligis sebagai pengacara.

”Saya pernah ajukan ke Nazarudin, tapi Nazarudin bilang jangan dulu karena saya selalu bilang integritas saya, tapi sudah banyak buktinya waktu saya minta jadi saksi ahli untuk berikan testimoni. Itu KPK tidak izinkan, KPK tidak inginkan ada agenda terbesar,“ beber dia.

Dia mengaku sudah berkomitmen untuk membantu Nazaruddin membuka kebenaran tanpa adanya rekayasa dan konspirasi. ”Saya mau komit membantu kalau dia terbuka kebenaran, saya tidak mau direkayasa. Karena ini bagian konspirasi untuk tutupi yang lain. Lihat saja Candra (Wakil Ketua KPK Candra M Hamzah) 4 kali silahturahmi sama Nazaruddin ada apa itu, tapi nyatanya tidak ada pelanggaran kode etik?“ sesal Kaligis.

Ia menduga, ada konspirasi dari tim pembela baru seperti Elsa Syarief yang disinyalir orang dari pihak KPK. ”Kalau Elsa sih saya dengar orangnya Busyro (Ketua KPK Busyro Muqoddas) dan Bibit (Wakil Ketua KPK Bibit Samad Rianto) saya dengar, saya ingin hanya membuka kebenaran dan keadilan,“ kata dia

Pengacara kondang yang menangani kasus korupsi Wisma atlet SEA Games Palembang OC Kaligis, mengundurkan diri dari tim pembela M Nazaruddin.

Alasan Kaligis untuk mengundurkan diri lantaran kasus korupsi Wisma Atlet Palembang dinilai sudah penuh konspirasi dibandingkan dengan upaya penegakan hukum. “Kalau lama-lama seperti ini, saya lebih baik mundur dari tim pembela. Apa-apa dibuat konspirasi, suruh bilang ini, suruh bilang itu,“ ucap OC Kaligis ditemui di sidang pra peradilan Nazarudin di PN Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Kamis (10/11/2011).

“Saya ini profesional. Kalau ikuti saran saya sejak di Singapura, saya jamin 100 persen bebas (Nazaruddin). Ini kan tidak, disuruh ini, disuruh bilang itu,“ sesal Kaligis.

Dia mengaku, lebih baik menangani kasus di luar negeri ketimbang di dalam negeri yang penuh konspirasi. Selain itu, bayaran pengacara di luar negeri jauh lebih tinggi. “Lebih baik saya menangani perkara di luar negeri saja. Lebih banyak fee? Saya kira iya. Saya mengajar di negara lain, di universitas-universitas. Saya bisa berbahasa Jerman, Latin, Belanda, Inggris. Saya lebih baik menangani perkara di luar,“ ujar Kaligis.

Kaligis juga mengaku dipermainkan peradilan di Indonesia, karena sidang Praperadilan Nazaruddin juga tidak kunjung selesai. "Tergugat bolak-balik tidak datang. Ada apa ini? KPK bilang patuh dan taat hukum. Hukum acara saja tidak tahu,“ terang dia.

Dia membantah pengunduran ini karena ketidakcocokan dengan tim kuasa hukum lainnya. “Bukan. Sekarang saja, sidang praperadilan sudah hampir sebulan belum selesai," ujar dia

Sejumlah kos dan asrama mahasiswa yang berasal dari Papua di kampus Jawa dan Bali dikabarkan digeledah oleh oknum aparat gabungan TNI dan Polri selama dua hari terakhir ini.

Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang aktivis mahasiswa dari Papua, Ismail Asso. Dia mengatakan mendapat informasi bahwa selama dua hari terakhir ini sejumah kos dan asrama yang diisi oleh mahasiswa dari Papua digeledah oleh aparat gabungan TNI/Polri.

"Dalam dua hari terakhir ini digeledah dan diintimidasi aparat gabungan, yang diduga TNI dan Polri," katanya kepada INILAH.COM di Jakarta, Kamis (10/11/2011).

Dia menyebutkan di beberapa titik sentral kos dan asrama mahasiswa Papua di Jakarta juga mengalami perlakuan serupa seperti di daerah Lenteng Agung dan Pasar Minggu.

"Kawan-kawan ketakutan, sekarang merapat di satu tempat untuk menghindari penggeledahan oleh aparat TNI/Polri," tambahnya.

Asso tidak menginformasikan mengapa aparat TNI dan Polri melakukan penggeledahan ke kos dan asrama mahasiswa Papua di Jawa dan Bali. Namun bisa saja penggeledahan ini terkait dengan suasana yang memanas di Bumi Cenderawasih

Siapa yang menguasai persepsi publik, ia akan menjadi juara. Diktum inilah yang belakangan cukup populer.

Pemilik Media Group Surya Paloh dan Pemilik Gurp MNC Hary Tanoesudibyo memenuhi kualifikasi itu. Keduanya 'raja' di industri media yang kini berada satu biduk yakni di Partai NasDem. Akankah sukses di jalur politik?

Pemilik MNC Group Hary Tanoesudibyo resmi bergabung di Partai NasDem didaulat sebagai Ketua Dewan Pakar Partai melalui Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai NasDem di Jakarta, Rabu (9/11/2011). Peristiwa menjawab spekulasi yang selama ini beredar di publik ihwal bergabungnya Hary Tanoesudibyo di partai yang banyak melibatkan kader Ormas Nasional Demokrat itu.

Partai NasDem yang secara resmi tidak memiliki hubungan khusus dengan Ormas Nasdem ini, disebut-sebut sebagai kendaraan politik bagi bekas Ketua Dewan Penasehat Partai Golkar Surya Paloh. Sebagaimana dimaklumi, Surya Paloh pada akhirnya resmi keluar dari Partai Golkar setelah mendapat ultimatum dari partai berlambang pohon beringin itu untuk memilih apakah berkiprah di Partai Golkar atau ormas Nasdem.

Bergabungnya Hary Tanoesudibyo menambah amunisi kekuatan di kubu Partai NasDem, yang sejak kehadirannya mendapat dukungan penuh dari Media Grup, milik Surya Paloh terdiri dari Meto Tv, Media Indonesia, dan media lokal lainnya. Adapun grup MNC milik Hary Tanoesudibyo di antaranya RCTI, MNC TV, Global TV, Koran Sindo, Sindo Radio, Okezone.com, hingga Sindonews.com.

Namun, bagi Sekjen DPP PPP Muhammad Romahurmuziy, berkumpulnya dua bos grup media itu sama sekali tidak merisaukan partai berlambang kabah itu. Dia menilai, meski mendapat sokongan modal yang kuat namun tak secara simetris akan unggul dalam perolehan suara. "Modal sosial dan jaringan tidak dimiliki Partai NasDem," terang Romi kepada wartawan di Jakarta, Rabu (9/11/2011).

Lebih dari itu, segmentasi konstituen yang dimiliki NasDem cenderung berada di ceruk basis nasionalis. Romi menyebutkan irisan ideologi yang dimiliki Partai NasDem cenderung memiliki kesamaan dengan Partai Golkar, Partai Demokrat, dan Partai Hanura.

Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Tjipta Lesmana mengatakan Partai NasDem sulit berkembang meski mendapat sokongan penuh dari dua bos media besar yakni Surya Paloh dan Hary Tanoesudibyo. "Partai NasDem susah berkembang pesat dalam tempo yang begitu cepat," katanya ketika dihubungi INILAH.COM di Jakarta, Rabu (9/11/2011).

Dia mengatakan ada empat syarat yang harus dimiliki partai politik untuk dapat memenangi kontestasi melalui Pemilu yakni ketokohan, mesin partai, akar rumput yang kuat, serta modal. "Memang Hary Tanoe kuat dalam modalnya. Dilihat dari empat kriteria ini saya tidak yakin mereka akan unggul," cetusnya.

Tjipta tidak menampik peran media dalam sukses politik khususnya untuk kampanye politik. Namun, dalam pandangan Tjipta, tidak berarti orang yang menguasai media secara linier akan menang.

"Media memang memberikan kontribusi besar tapi tidak berarti siapa yang menguasai media maka akan menang, harus ada empat syarat tadi untuk memenangkan pemilu," tukasnya.

Bergabung pengusaha media MNC Group Hary Tanoesoedibjo ke Partai Nasional Demokrat (NasDem) mengundang kekhawatiran.

Publik akan semakin sulit mendapatkan informasi yang independen dan tidak condong kepada salah satu kekuatan politik tertentu. Sebab, MNC Group dipastikan akan menjadi alat propaganda perjuangan politik Hary Tanoe.

"Kekhawatiran itu bukan isapan jempol, saat ini publik dipertontonkan perang propaganda antara stasiun televisi dan media massa," terang analis politik Developing Countries Study Centre (DCSC) Abdul Hakim, Kamis (10/11/2011).

Posisi Hary Tanoe sebagai ketua Dewan Pakar Partai NasDem dipastikan akan mewarnai sikap pemberitaan MNC Group. Padahal, tak semua pemirsa, pendengar atau pembaca media MNC Group adalah simpatisan Partai NasDem.

"Mau tidak mau media massa yang dimiliki Hary Tanoe akan menjadi alat propaganda bagi agenda-agenda perjuangannya sebagaimana selama ini Surya Paloh memanfaatkan Metro TV dan media massa yang dimilikinya," terang mantan peneliti Indo Barometer ini.

Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha enggan membeberkan siapa dimaksud Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berpikiran tidak waras terkait isu konspirasi skandal Century.

Julian menjelaskan, SBY hanya keberatan dengan adanya tudingan yang seolah-olah menganggap pertemuan dengan mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati adalah bagian dari konspirasi.

"Coba anda, kalau tidak ada kaitan dengan politik kemudian ada disebut ada hal-hal yang berkaitan dengan politik kan berarti enggak nyambung," kata Julian di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (10/11/2011).

Ditanya apakah SBY dalam pernyataannya Rabu (9/11/2011) bermaksud mengingatkan publik bahwa dua tokoh yang akan maju pemilihan umum presiden 2014, yakni Aburizal Bakrie dan Sri Mulyani Indrawati Julian membantahnya.

"Oh tidak-tidak, itu analisa Anda. Saya kira tidak seperti itu pemahamannya, saya kira bahwa Bu Sri Mulyani Indrawati datang dengan tim dari Wolrd Bank dalam rangka courtesy call ke Bapak Presiden," kata Julian.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, SBY menyatakan tudingan konspirasi Bank Century antara dia dengan Sri Mulyani, adalah tidak waras. Begitu juga kehadiran SBY dalam perayaan ulang tahun Partai Golongan Karya beberapa waktu lalu, dinilai ada unsur konspirasi, juga tidak waras.

Pemerintah Indonesia sedang melirik alat utama sistem senjata (alutsista) bekas negara-negara Eropa. Helikopter dan tank bakal jadi incaran pemerintah.

"Saya kira second karena mereka mengurangi kekuatan militernya dan tentu saja alutsistanya, nah dari situ mereka banyak ingin melepaskan aset-aset mereka yang cukup baik, contohnya seperti heli Apache, itu kan heli powerfull, tank Leopard," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro usai rapat terbatas tentang alutsista di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (10/11/2011).

Pemerintah kini tengah menginventaris aset alutsista negara-negara Eropa yang masih layak untuk dibeli. "Kita diminta untuk membuat inventarisasi, berapa jumlahnya, tapi pesan dari Presiden dan forum, jangan ini menambah beban anggaran, jadi tetap dalam konteks USD 6,5 miliar," kata Purnomo.

Pemerintah menganggarkan USD 6,5 miliar untuk belanja alutsista dan anggaran itu tidak akan dinaikkan untuk memenuhi target modernisasi alutsista. "Jangan sampai membengkak lagi, jadi intinya amplopnya tetap USD 6,5 miliar, karena itu adalah baseline," katanya

Partai Golkar membuka peluang untuk berkoalisi dengan saudara mudanya Partai Nasional Demokrat (NasDem). Apalagi, Golkar mengakui kalau ada banyak kesamaan dengan NasDem.

"Iya mungkin saja (koalisi Golkar-NasDem, red). Karena secara platform NasDem tidak jauh beda (dengan Golkar)," kata Ketua DPP Golkar Priyo Budi Santoso di gedung DPR, Jakarta, Kamis (10/11/2011).

Priyo yang juga Wakil Ketua DPR, menilai ide restorasi Indonesia yang diusung NasDem sejalan dengan visi misi Partai Golkar tentang kekaryaan. "Restorasi juga itu kan tidak jauh beda di cita-citakan NasDem dengan yang di perjuangkan Golkar sejak dulu," akuinya.

Apalagi, dalam urusan parlemantary threshoald (PT) atau ambang batas, NasDem berani dengan 5 persen. Angka yang juga diajukan oleh Partai Golkar. "Saya apresiasi mereka menyambut PT 5 persen. Sebagai parpol baru harus diapresiasi," katanya.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusulkan dana partai politik untuk kampanye diaudit setiap tahun.

Usulan tersebut diungkapkan oleh Ketua DPP PKB Abdul Malik Haramain, menanggapi pengusaha media Hary Tanoesoedibjo masuk Partai Nasional Demokrat (NasDem) sebagai ketua dewan pakar. "Kalau itu tidak diatur, bisa leluasa karena partai-partai kecil tidak punya media," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (10/11/2011).

Menurutnya, pengaturan dan pengawasan telah dilakukan, upaya terselubung tetap bisa juga dilakukan. Sehingga audit tiap tahun harus dilaksanakan baik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). "Makanya untuk antisipasi terselubung itu diaudit tiap tahun. Di UU sekarang (UU Pemilu) hanya masalah saat kampanye," imbuhnya.

Saat disinggung apakah usulan ini karena kecemburuan terhadap NasDem, Malik membantahnya. Menurut anggota Komisi II DPR ini, tidak hanya PKB yang gelisah tetapi banyak partai lainnya. "Tidak. Kalau kecemburuan hanya saya saja yang ngomong. Tapi ini kan semua," katanya.

Rencana DPR merevisi Undang-undang Penyiaran menyusul terjunnya Big Boss MNC Group Hary Tanoesoedibjo ke dunia politik membuat Partai Nasional Demokrat (NasDem) berang.

Ketua Umum Partai NasDem Patrice Rio Capella menyayangkan langkah-langkah DPR tersebut. Bahkan menilai DPR salah memilih prioritas kerja.

"Masih banyak urusan negeri ini yg perlu diurus daripada hal ini. Ini kan usulan tiba-tiba karena Hary Tanoe gabung, urus Papua itu," ujar Patrice di acara Rapimnas Partai NasDem di Hotel Mercure Ancol, Kamis (10/11/2011).

Patrice mengaku tak menyangka jika DPR berniat melakukan revisi undang-undang pemilu tentang kampanye partai politik di media, lebih dikarenakan hadirnya sosok Hary Tanoe dalam jajaran dewan Pakar Partai NasDem.

"Sekarang baru mau main di media sudah dibuat Undang-undang, padahal dulu mereka memakai media tidak ada pembatasan giliran NasDem kan belum kampanye itu ada nomor dan ajak memilih ini logika terbalik," ungkapnya.

Dirinya menyarankan, seharusnya pemerintah melalui DPR memberikan ruang seluas-luasnya bagi partai politik untuk diketahui oleh masyarakat. Sehingga dalam pemilu nanti masyarakat tidak asing lagi dengan Partai NasDem

Kelas menengah ke bawah makin merosot ekonominya di AS. Sementara 0,1 persen warga paling kaya di AS, makin bertumpuk kekayaannya, mendominasi percaturan ekonomi Amerika. Siapakah mereka, warga terkaya AS yang 0,1 persen itu?

Prof Dr Paul Krugman, ekonom peraih Nobel ekonomi, menegaskan betapa di Amerika kini ada realitas yang tidak mengenakkan. Realitas itu adalah telah terjadi penurunan tajam pembagian atas pendapatan total pada golongan bawah dan kelas menengah Amerika.

''Kita masih suka berpikir tentang negara kelas menengah, padahal 80 persen rumah tangga golongan bawah yang ada sekarang ini menerima kurang dari setengah pendapatan total tersebut. Pandangan atas negara kelas menengah tersebut tentunya bertentangan dengan realitas yang ada,'' kata Krugman, guru besar yang sempat mengajar di Harvard dan Universitas Princeton, AS.

Menurutnya, sejumlah pakar dan elite yang merasa menjadi pihak yang tertuduh dan bersalah, akan mengeluarkan sejumlah argumen untuk merespon hal tersebut dengan mengatakan: Data tersebut cacat, orang kaya adalah komunitas yang selalu berubah dan lain-lain.

Argumen yang paling populer di Amerika saat ini mengklaim, negara itu masih menjadi kelas menengah tertinggi yang memiliki para pekerja terdidik, yang memiliki kemampuan untuk bersaing di dunia modern. Ini tentunya suatu hal yang bagus dan tidak terlalu mengganggu ketimbang gambaran Amerika yang terdiri dari segelintir orang kaya yang tumbuh mendominasi. Tapi tetap saja klaim tersebut bukan suatu hal yang benar.

Menurut Paul Krugman, pekerja berpendidikan, secara rata-rata, memang bisa berbuat lebih baik daripada yang tidak berpendidikan dan perbedaan itu secara umum memang telah terjadi dari waktu ke waktu. Namun, masyarakat Amerika yang berpendidikan tidak berarti kebal terhadap stagnasi (kemandegan) pendapatan dan ketidakamanan pertumbuhan ekonomi.

Upah yang lebih tinggi bagi kebanyakan pekerja berpendidikan tinggi juga tidak terlalu mengesankan ( dan tidak ada lagi sejak tahun 2000), selama para pekerja berpendidikan itu tidak dapat lagi mengkalkulasikan berapa banyak pekerjaan yang bisa didapat dengan manfaat yang baik.

''Di sisi lain, hari-hari para pekerja berpendidikan tersebut sepertinya tidak jauh beda dengan yang kurang berpendidikan dalam hal tempat kerja yang minim memberikan jaminan kesehatan, bandingkan dengan mereka yang hanya berpendidikan tinggi pada 1979,'' ujar Krugman.

Lalu siapa yang mendapat keuntungan besar? Hanya segelintir orang kaya saja tentunya. Laporan Kantor (Badan) Anggaran Kongres mengatakan, distribusi pendapatan yang menghilang dari 80 persen golongan bawah telah mengalir pada 1 persen orang kaya Amerika.

''Artinya, para pengunjuk rasa yang selama ini merepresentasikan dirinya mewakili 99 persen rakyat Amerika, memiliki kebenaran yang cukup mendasar. Dan para pakar yang berargumen bahwa ketimpangan pendapatan benar-benar karena faktor pendidikan, bukan karena dominasi segelintir elit, memiliki kesalahan yang sangat fatal,'' 'tuturnya.

Meskipun terdapat perbedaan, para pengunjuk rasa sepertinya mengambil kesimpulan yang terlalu cepat mengenai jumlah persentase orang kaya. Laporan kantor anggaran Kongres yang diterbitkan baru-baru ini sepertinya tidak menunjukkan sisi lain dari 1 persen golongan atas tersebut.

“Padahal pada laporan sebelumnya, yang dimulai dari 2005, ditemukan bahwa hampir dua pertiga pembagian pendapatan pada persentase pendapatan tertinggi sebenarnya hanya mengalir pada 0,1 persen (orang kaya Amerika) yaitu seperseribu orang kaya Amerika, yang pendapatan realnya tumbuh lebih dari 400 persen dalam kurun waktu 1979 sampai 2005,'' tutur Krugman.

Siapakah 0,1 persen golongan atas itu? Apakah mereka para pengusaha heroik yang telah menciptakan lapangan kerja? Menurut Krugman, itu jelas bukan. Sebab sebagian besar dari mereka adalah eksekutif perusahaan.

Penelitian terbaru menunjukkan, 60 persen dari 0,1 persen tersebut, adalah golongan eksekutif yang bekerja, baik di perusahaan non-finansial atau juga yang menghasilkan uangnya di pasar finansial, seperti Wall Street. Sisanya adalah para pengacara dan pengusaha di sektor real estate

Warga AS segera menyadari berapa banyak orang kaya yang menjadikan kekayaannnya sebagai argumentasi bahwa pajak yang tinggi pada pendapatan yang tinggi akan dapat menjadi bagian atas berbagai deal anggaran dalam jangka panjang. Kemudian dapat menjadi kekuatan yang lebih besar untuk melakukan tekanan (pemaksaan). Jawaban yang lebih luas lagi, bagaimanapun, penumpukan penghasilan pada segelintir orang tidak sesuai dengan demokrasi yang sebenarnya (real democracy).

Bisakah seseorang secara serius membantah bahwa sistem politik kita sedang dibelokkan/dibajak oleh pengaruh uang dalam jumlah besar (big money), dan pembelokan ini menjadi semakin mengkhawatirkan karena kekayaaan segelintir orang tumbuh semakin pesat?

''Sejumlah pakar masih mencoba untuk mengabaikan kekhawatiran tentang ketimpangan ini dengan begitu bodohnya. Padahal sebenarnya, nasib seluruh masyarakat Amerika tengah dipertaruhkan,'' ujar Krugman.


Petugas kepolisian dari jajaran Polres Tuban berhasil mengagalkan pencurian berupa alat berat yang dilakukan oleh 6 kawanan pencuri, Kamis (10/11/2011) dini hari. Mereka ditangkap oleh petugas kepolisian di Pos lalu lintas Pakah setelah dihadang oleh beberapa anggota lalu lintas yang telah mendapatkan informasi terkait kasus pencurian tersebut.

Dari data yang berhasil dihimpun beritajatim.com, enam pelaku pencurian eskavator yang berhasil ditangkap oleh petugas kepolisian adalah Susanto (42), Nugroho (34), Radi (33), Buntoro (34), Sarju (32), ke lima dari pelaku tersebut adalah warga asal Lamongan, dan satu pelaku yakni Yehezkiel Iswanto (52) asal Surabaya.

Kejadian penangkapan tersebut bermula saat petugas dari jajaran Polres Tuban mendapatkan informasi dari Moh Maksum. Dia sebelumnya telah kehilangan Eskavator miliknya yang biasa digunakan untuk menambang batu kapur yang berada di Desa Banjaragung, Kecamatan Rengel, Tuban.

Setelah mendapatkan laporan, petugas melakukan koordinasi dengan semua jajaran untuk melakukan penangkapan terhadap pelaku yang masih berada di wilayah Tuban. Saat itu 4 dari anggota Sat Lantas Polres Tuban melakukan penghadangan di pertigaan pos Pakah.

Sesampainya di pertigaan Pakah, petugas yang sudah bersiap kemudian langsung menghentikan kendaraan truk tronton S 8531 UN yang sedang membawa alat berat tersebut yang merupakan alat berat hasil dari curian.

"Pelaku yang terlibat dalam pencurian itu langsung kita amankan dan kita bawa ke Polres untuk kita lakukan penyelidikan lebih lanjut, saat ini kita masih melakukan pengembangan terhadap kasus ini," ujar Kaur Bin Ops Sat Reskrim Polres Tuban, Iptu Simon Triyono.

Sementara itu dalam penangkapan tersebut petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti termasuk satu eskavator, serta sejumlah barang bukti yang lainya. Kini semua barang bukti masih dilakukan penahanan di Mapolres Tuban. [

Pengikut

Daftar Label

Follow by Email

Ads 468x60px

Kalendar

Popular Posts

 
© Copyright 2010-2011 Wiro Sableng 810 All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.